Loading...
INDONESIA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 06:26 WIB | Kamis, 24 April 2014

PPP Menang di Kabupaten Kepulauan Seribu

Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilu 2014 Tingkat Provinsi DKI Jakarta. (Foto: Martahan Lumban Gaol)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) memenangkan Pemilihan Umum (Pemilu) 2014 untuk calon legislatif (Caleg) Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), di Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu. Partai berlambang ka'bah tersebut, sukses memperoleh 3.630 dari 13.295 suara sah.

Hasil perhitungan tersebut didapatkan dalam Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan Perolehan Suara Pemilu 2014 Tingkat Provinsi DKI Jakarta, yang terselenggara di Hotel Borobudur, pada Rabu (23/4) malam.

PPP juga berhasil menempatkan dua nama calegnya di posisi teratas Kabupaten Kepulauan Seribu, mereka adalah Achmad Dimyati Natakusumah yang mendulang 1.564 suara, dan Abdul Aziz yang sukses meraih 1.430 suara.

Pada sisi lain, meskipun menempatkan beberapa nama ternama, Partai Demokrat gagal meraup suara besar dari satu-satunya kabupaten di Provinsi DKI Jakarta ini. Caleg Demokrat nomor urut satu, Marzuki Alie hanya mendapatkan 56 suara, selanjutnya Muhammad Farhat Abbas hanya memperoleh 14 suara.

Sedangkan Wakil Sekretaris Jendral Partai Demokrat, Andi Nurpati, hanya mendulang 85 suara. Secara keseluruhan, total perolehan suara Partai Demokrat di Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu adalah 517 suara.

Sementara itu, mantan Calon Gubernur Sumatera Utara 2013, Effendi MS Simbolon, berhasil mengumpulkan 462 suara. Namun, perolehan suara Effendi tersebut menempati posisi kedua dalam partainya, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, karena pada posisi teratas terdapat nama Fadjar Panjaitan yang mendapatkan 880 suara.

Akan tetapi, perolehan suara yang telah diraih para Caleg DPR-RI itu, belum meloloskan mereka sebagai wakil rakyat. Karena demi memastikan satu kursi Senayan, perolehan suara para caleg bersangkutan di Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu ini, harus terlebih dahulu digabungkan dengan perolehan suara mereka di Kota Administratif Jakarta Utara dan Jakarta Barat.

Selanjutnya, untuk hasil rekapitulasi pemilihan Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, pada wilayah ini dimenangkan oleh Fahira Idris. Caleg DPD RI nomor urut 11 itu memperoleh 5.039 suara. Pada posisi selanjutnya, disusul oleh AM Fatwa yang mendapatkan 1.426 suara, di peringkat ketiga ada nama Abdul Azis Khaifa yang mendulang 854 suara, sedangkan pada posisi keempat diisi oleh nama Lutfi Hakim dengan perolehan 662 suara.

Komisi Pemilihan Umum mencatakan 19.910 orang dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu. Namun, pada hari pencoblosan, hanya 14.440 orang yang menyalurkan aspirasinya dengan hadir di TPS. Dari yang hadir tersebut, sebanyak 1.145 masyarakat tidak menggunakan hak suaranya dengan baik, sehingga sumbangsih mereka dinyatakan tidak sah.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home