Loading...
SAINS
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 15:49 WIB | Senin, 24 Juni 2013

Presiden akan Bertemu Cristiano Ronaldo di Bali

Cristiano Ronaldo (foto: realmadrid.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Presiden RI dijadwalkan akan menghadiri “Bali Save Mangrove, Save Earth (BSMSE)”, di Taman Hutan Raya Ngurah Rai Bali, Rabu (26/6). Di Bali Presiden akan menemui pesepak bola dunia, Cristiano Ronaldo. Pemain asal Portugal yang saat membela klub Real Madrid, Spanyol ini ditunjuk sebagai duta Forum Peduli Indonesia (FPM). Penunjukan Christiano Ronaldo sebagai  duta FPM ini dimaksudkan untuk memperjuangkan konservasi Mangrove di Indonesia.

Rabu besok diselenggarakan pencanangan BSMSE di Taman Hutan Raya Ngurah Rai. Even ini bertujuan meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap pentingnya hutan mangrove, mengajak partisipasi aktif masyarakat guna pelestarian hutan mangrove, dan mengembalikan kondisi ekosesitem serta keragaman hayati (bio-diversity) bagi tanaman mangrove.

Laporan Kementerian Kehutanan memperkirakan Indonesia memiliki lebih dari sembilan juta hektar hutan mangrove, tetapi sekitar 70 persen telah hilang dan berubah menjadi kawasan pertanian, perkebunan kelapa sawit, serta pengembangan kawasan pemukiman.

Berdasar beberapa penelitian hutan mangrove merupakan habitat berbagai jenis satwa. Sifat fisik tanaman pada hutan mangrove membantu proses pengendapan lumpur yang berperan dalam proses penghilangan racun sehingga menjaga kualitas air laut. Hutan mangrove sangat tinggi peranannya dalam mendukung berlangsungnya proses-proses ekologi, geomorfologi, atau geologi di dalamnya selain itu mendukung penyerapan karbon serta memelihara iklim mikro.
(setkab)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home