Loading...
INDONESIA
Penulis: Reporter Satuharapan 14:23 WIB | Senin, 13 Agustus 2018

Presiden Jokowi Dijadwalkan Hadiri Hari Pramuka

Ilustrasi. Presiden Joko Widodo (Jokowi) (kanan) di Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-54 Praja Muda Karana (Pramuka) yang dihadiri ribuan anggota Pramuka di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta, Minggu (16/8). (Foto: setkab.go.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Presiden RI Joko Widodo dijadwalkan menghadiri peringatan ke-57 Hari Pramuka, yang dilaksanakan di Lapangan Gadjah Mada, Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur, Jakarta Timur, Selasa, 14 Agustus 2018.

Plt Sekretaris Jenderal Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka, Abdul Shobur, mengatakan hal itu di sela-sela rapat persiapan bersama Protokol Kepresidenan pada 7 Agustus 2018 di Istana Kepresidenan RI.

Ketua Panitia Hari Pramuka ke-57, Kak Kodrat Pramudho, menambahkan dalam sejarah Hari Pramuka yang diadakan oleh Kwarnas Gerakan Pramuka, Presiden RI selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional (Mabinas) Gerakan Pramuka selalu hadir. “Mudah-mudahan pada tahun 2018, walaupun dalam kesibukan, Presiden Jokowi menyempatkan hadir di Hari Pramuka,” ucapnya.

Peringatan Hari Pramuka dengan tema “Pramuka Perekat NKRI” ini juga akan dihadiri sejumlah tokoh, para menteri, kepala daerah baik gubernur maupun wali kota/bupati. Para ketua kwartir daerah dan kwartir cabang serta ranting Gerakan Pramuka dari beberapa wilayah juga akan hadir.

Kwarnas Gerakan Pramuka juga mengundang duta besar negara-negara sahabat, khususnya ASEAN. Sekretaris Jenderal Gerakan Kepanduan Sedunia, World Organization of the Scout Movement (WOSM), Ahmad al-Hendawi, juga dijadwalkan hadir. Ia dijadwalkan tiba di Indonesia pada 13 Agustus 2018 ini, ditemani Direktur Pramuka Asia Pasifik, Mr JRC Pangilinan.

Dalam rangkaian peringatan hari jadi, Kwarnas Gerakan Pramuka mengadakan ziarah dan tabur bunga ke makam pahlawan di TMP Kalibata, Jakarta Selatan pada 5 Agustus 2018. Tabur bunga dan ziarah kubur juga dilakukan di sejumlah daerah sebagai pembelajaran bagi peserta didik untuk menghargai para pahlawan kemerdekaan NKRI.

Kwarnas Gerakan Pramuka juga mengadakan donor darah pada 8 Agustus 2018 di Kantor Kwarnas, Jalan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, yang dibuka untuk umum. Selain itu, ada juga bakti masyarakat.

Pada Senin (13/8/2018) malam, diadakan Ulang Janji. Ulang Janji adalah acara ritual para Pramuka untuk mengikat janji dengan mengucapkan Tri Satya Pramuka.

Upacara Hari Pramuka di Cibubur akan diikuti lebih dari 2.000 peserta. Dalam upacara itu, pasukan Pembawa Panji Pramuka ditunjuk dari Kwarcab Serang Kwarda Banten, marching band dari SD Al-Azhar Serpong Banten, petugas upacara dari Kwarda Jabar, pemimpin upacara dari Kwarda DKI Jakarta, dan korsik dari Dinas Pemadam Kebakaran DKI. Sementara atraksi Hari Pramuka, dari Kwarda Banten.

Kwarnas juga akan memberikan tanda penghargaan kepada tokoh masyarakat dan kepala daerah yang punya kepedulian tinggi terhadap Gerakan Pramuka. Para pelatih, Pembina, dan anggota Gerakan Pramuka yang memiliki prestasi dan kepedulian terhadap sesama juga akan diberikan penghargaan.

Berkaitan dengan penyelenggaraan upacara yang berlangsung pukul 15.00 – 17.30 itu, Kwarnas Gerakan Pramuka melalui media sosial menyampaikan permintaan maaf berkaitan dengan peningkatan kepadatan di sekitar Cibubur.(pramuka.or.id)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home