Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki Pangaribuan 06:53 WIB | Kamis, 24 November 2016

Presiden Singgung Tax Amnesty Saat Temui 6 CEO Belanda

Presiden Joko Widodo (Jokowi), hari Rabu (23/11) siang, menerima enam CEO dari negeri kincir angin itu di Istana Merdeka, Jakarta. (Foto: BPMI Setpres)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Setelah melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Belanda Mark Rutte, Presiden Joko Widodo (Jokowi), hari Rabu (23/11) siang, menerima enam CEO dari negeri kincir angin itu di Istana Merdeka, Jakarta.

Di depan para CEO, Presiden menekankan bahwa pemerintah Indonesia akan terus berkomitmen untuk meningkatkan kemudahan berusaha/berinvestasi bagi para investor.

"Indonesia telah melakukan reformasi besar-besaran terutama yang berkaitan dengan perizinan. Kita juga mengadopsi kebijakan keterbukaan di bidang ekonomi," kata Presiden.

Lebih lanjut, Presiden juga mengatakan bahwa saat ini Indonesia telah menjalin kerja sama perdagangan bebas dengan Uni Eropa dan Australia.

Tahun ini Indonesia menduduki peringkat ke 91 dalam indeks negara-negara dengan tingkat kemudahan berusaha, setelah sebelumnya menduduki peringkat ke 106. Presiden menilai, meskipun belum mencapai target, peningkatan ini patut diapresiasi mengingat lonjakan yang cukup tinggi  hanya dalam rentan waktu satu tahun.

"Target saya tentu saja kita berada di 40 besar daftar negara dengan kemudahan berusaha," kata Presiden.

Di depan para pimpinan perusahaan terkemuka Belanda tersebut, Presiden Jokowi mengakui bahwa tensi politik di dalam negeri kadang bergejolak dengan banyaknya demonstrasi. Namun Presiden meyakinkan bahwa hal tersebut merupakan hal biasa dan tidak akan mengganggu investasi.

"Kita menerimanya secara terbuka karena itulah harga sebuah demokrasi, sama halnya dengan Belanda," kata Presiden Jokowi.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden juga menyinggung mengenai program Pengampunan Pajak (Tax Amnesty) yang tengah dijalankan saat ini. Menurut Presiden, program Tax Amnesty di Indonesia bisa menjadi salah satu program Tax Amnesty tersukses di dunia, dengan jumlah pemasukan sekitar 10 miliar dolar Amerika Serikat atau satu persen dari total Growth Domestic Product (GDP) Indonesia.

Adapun CEO yang hadir dalam pertemuan tersebut yaitu Marten Wetselaar, Royal Dutch Shell; Pieter Van Oord, CEO Van Oord; Allard Castellein, CEO Port of Rotterdam; Else F. Bos, CEO PGGM Pension Fund; Rene H. Berkvens, CEO Damen Shipyard Group; dan Frits Eulderenik, CEO Royal Vopak.

Sementara itu, dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Kepala BKPM Thomas Lembong. (Setpres)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home