Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 01:59 WIB | Selasa, 27 Oktober 2020

Presiden tentang Vaksin COVID-19: Pastikan Keamanan dan Efektivitasnya

Presiden Joko Widodo. (Foto: Setneg)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Pemerintah berupaya bergerak cepat dalam penanganan pandemi COVID-19, tetapi haru memperhatikan aspek keselamatan, utamanya terkait dengan rencana vaksinasi COVID-19 kepada masyarakat luas.

Presiden menegaskan bahwa aspek keamanan dan keefektifan vaksin harus benar-benar dipastikan. "Keamanan itu artinya betul-betul sudah melalui tahapan uji klinis yang benar. Karena kalau tidak, ada satu saja yang bermasalah, bisa menjadi ketidakpercayaan masyarakat terhadap upaya vaksinasi ini," katanya ketika memimpin rapat hari Senin (26/10).

Dia minta jajarannya agar dipastikan keamanan vaksin melalui kaidah-kaidah ilmu pengetahuan, data sains, dan standar-standar kesehatan.

Di tengah situasi pandemi, negara manapun menginginkan kecepatan untuk menuntaskan penanganan pandemi, termasuk memberikan vaksinasi kepada warganya. Tapi, hal-hal tersebut tidak boleh dilakukan tergesa-gesa, tanpa perencanaan matang.

"Jangan sampai kita tergesa-gesa ingin vaksinasi, sehingga kaidah-kaidah saintifik, data-data sains, standar kesehatan ini dinomorduakan. Tidak bisa,” katanya.

Dalam pelaksanaannya nanti, vaksinasi akan didistribusikan melalui dua skema, yakni skema gratis dan mandiri. Kepala Negara menginginkan agar masyarakat yang mendapatkan vaksin melalui skema mandiri dapat memperolehnya dengan harga yang terjangkau.

Editor : Sabar Subekti

UKRIDA
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home