Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 19:48 WIB | Rabu, 30 Juli 2014

Puncak Arus Mudik Bandara Halim Sabtu-Minggu

Kondisi bandar udara Halim Perdanakusuma Jakarta Timur masih tampak normal pada Kamis (19/12) dengan beberapa bagian masih direnovasi untuk persiapan menjadi bandar udara komersial. (Foto: Dedy Istanto).

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM ‒ Otoritas Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta memprediksi puncak arus balik Lebaran 1435 H jatuh pada hari Sabtu (2/8) dan Minggu (3/8).

"Karena bertepatan dengan berakhirnya libur Lebaran 1435 H dan jadwal masuk sekolah serta perkantoran diperkirakan puncak arus balik di Bandara Halim Perdanakusuma jatuh pada H+4 Lebaran hari Sabtu dan H+5 Lebaran hari Minggu," kata Airport Duty Manager Bandara Halim Perdanakusuma, Budi Istoro di Jakarta, Rabu.

Budi Istoro menambahkan pihaknya sudah berkoordinasi jauh-jauh hari dengan pihak internal Angkasa Pura dan eksternal kepolisian, TNI-AU, Perhubungan Udara, operator penerbangan dan operator Transportasi Darat untuk mengantisipasi puncak arus balik Lebaran 1435 H dengan menyiapkan armadanya.

"Kami sudah berkoordinasi dengan pihak perhubungan Darat untuk menyiapkan armada angkutan seperti taksi dan bus Damri agar semua penumpang terlayani hingga sampai tujuan," ujarnya.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Posko Lebaran 2014 Bandara Halim Perdanakusuma pada hari Rabu (30/7) jam 12:00 WIB, untuk jumlah sementara kedatangan penumpang sebanyak 448 orang dengan delapan penerbangan sedangkan untuk keberangkatan jumlah sementara penumpang sebanyak 1.184 orang dengan 17 penerbangan.

"Data tersebut akan bertambah terus setiap harinya, untuk hari ini jumlah kedatangan penumpang masih terlihat normal," katanya.

Selain itu dari pantauan pintu kedatangan di Bandara Halim Perdanakusuma jumlah penumpang tampak normal dari pagi hingga siang.

"Ada keperluan yang harus diurus di Jakarta jadi saya balik lebih awal," kata penumpang yang baru tiba dari Semarang Elis.

Menurut penumpang Yanti yang baru saja tiba dari Jawa Tengah mengatakan memilih pulang lebih awal karena takut macet di saat arus balik.

"Iya takut macet pulang lebih awal lebih baik," kata Yanti sambil bergegas ke dalam mobil jemputan.

Untuk pertama kali dalam tahun 2014 pada Lebaran 1435 H Bandara Halim Perdanakusuma menyiapkan penerbangan komersil bagi para pemudik untuk wilayah Jawa, Sumatera dan Kalimantan. (Ant)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home