Loading...
BUDAYA
Penulis: Reporter Satuharapan 18:41 WIB | Jumat, 21 Juli 2017

Rambut dan Tulang Salvador Dali Diambil untuk Tes DNA

Pengunjung berdiri di samping makam Salvador Dali di dalam Dali Museum Theatre di Kota Figueres, Spanyol, pada Jumat (21/7). (Foto AP/Hernan Munoz)

FIGUERES, SATUHARAPAN.COM - Pejabat Spanyol mengatakan rambut, kuku dan dua tulang panjang/pipa dari jasad Salvador Dali sudah diambil guna sampel genetik untuk tes kekerabatan dari garis ayah.

Langkah ini akan membuka kemungkinan bagi seorang perempuan yang mengaku bahwa dia adalah putri kandung seniman surealis itu untuk mengklaim sebagian kekayaan peninggalan Dali

Seorang perempuan bernama Pilar Abel (61) yang berprofesi sebagai pembaca kartu tarot mengklaim bahwa ibunya pernah berselingkuh dengan Dali di kota Figueres, Spanyol timur laut, tempat seniman tersebut lahir dan kemudian kembali dengan istrinya yang asal Rusia, Gala.

Salvador Dali dimakamkan di Dali Museum Theater of Figueres ketika dia meninggal pada usia 84 tahun di tahun 1989.

Penggalian tersebut diputuskan setelah proses panjang selama dua dekade pengadilan yang diajukan oleh Abel. Pada bulan Juni, seorang hakim Madrid akhirnya memutuskan bahwa tes DNA harus dilakukan untuk mengetahui apakah tuduhannya benar.

Ahli forensik membuka peti mati seniman tersebut pada Kamis (20/7) malam, dalam sebuah operasi penuh kehati-hatian menggunakan katrol untuk mengangkat lempengan batu 1,5 ton.

Lluis Penuelas Reixach, sekretaris jenderal Yayasan Gala Dali, mengatakan bahwa tubuh Dali sudah diawetkan dengan baik, dimumikan melalui pembalseman 27 tahun yang lalu. Dia mengatakan hal tersebut pada wartawan pada Jumat (21/7) saat konferensi pers di Figueres.

Bahkan kumis karismatik Dali pun masih bertahan seperti "bentuk klasiknya sepuluh lebih sepuluh," kata Penuelas, mengacu pada posisi jarum jam pada pukul 10:10.

Menurut otoritas kehakiman, hanya lima orang -seorang hakim, tiga koroner dan asisten- yang diizinkan mengawasi pengambilan sampel demi menghormati jenazah dan untuk menghindari kontaminasi.

Perwakilan dari yayasan yang mengelola properti Dali mengatakan pada hari Jumat bahwa bukti yang mendukung klaim Abel tidaklah cukup untuk menjustifikasi instruksi penggalian yang mengganggu itu, dan oleh karenanya akan melanjutkan proses peradilan supaya tes kekerabatan dibatalkan.

Pernikahan Dali dan istrinya Gala (Elena Ivanovna Diakonova) tidak mendapat keturunan, tetapi Gala memiliki seorang anak perempuan dari pernikahan sebelumnya dengan penyair Prancis, Paul Eluard.

Abel, sekarang ini bekerja sebagai pembaca kartu tarot di sebuah acara televisi lokal, lahir di Girona, kota dekat Figueres. Enrique Blanquez pengacara Abel mengatakan jika terbukti benar, Abel bisa mengklaim seperempat dari warisan pelukis yang sekarang berada di bawah sebuah yayasan publik.

Sebaliknya jika dia terbukti salah, yayasan Dali akan mencari kompensasi finansial sebagai pengganti biaya penggalian.

Sampel biologis akan dikirim ke laboratorium forensik di Madrid untuk dianalisis, sebuah proses yang bisa memakan waktu berminggu-minggu. (apnews.com)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home