Loading...
BUDAYA
Penulis: Reporter Satuharapan 17:35 WIB | Jumat, 21 Juli 2017

Acara Akhir Pekan 22 – 23 Juli 2017

Ilustrasi: Sasando. (Foto: Dok satuharapan.com/wikipedia.com)

SATUHARAPAN.COM – Berbagai acara meramaikan akhir pekan 22 – 23 Juli 2017, mulai dari pergelaran dongeng musikal, pertunjukan musik, pameran, sarasehan, termasuk dalam rangka merayakan Hari Anak Nasional. Pemutaran film bertema khusus juga menjadi pilihan yang sayang dilewatkan.

Bagi pencinta tanaman hias dan satwa peliharaan, tiba saatnya meluangkan waktu melongok acara pameran tahunan Flona 2017.  

Berikut acara pilihan Redaksi satuharapan.com bagi pembaca di Jakarta dan di Bali untuk menghabiskan waktu akhir pekan bersama keluarga tercinta.

Sabtu, 22 Juli 2017

Galeri Indonesia Karya, pukul 15.00: “Lutung Kasarung”

Galeri Indonesia Kaya di Grand Indonesia Shopping Town menjadi pilihan Kak Awam dan Kampung Dongeng untuk menggelar pertunjukan dongeng musikal berjudul “Lutung Kasarung”.

Dalam pertunjukan itu Kak Awam Prakoso akan mengawali dengan prolog cerita dan dilanjutkan dengan pertunjukan drama yang dimainkan anak-anak sanggar Kampung Dongeng secara musikal. Pertunjukan dongeng itu juga didukung lima penari anak yang turut juga dalam dialog-dialog.

Kak Awam, yang bernama lengkap Mochammad Awam Prakoso, kelahiran Blora, Jawa Tengah, 18 Mei 1973, menekuni dunia dongeng dan pendampingan anak-anak sejak 1999 dengan kemampuan menirukan berbagai jenis suara dan sangat kreatif dalam menyajikan pertunjukan dongeng. Konsep pertunjukan dongeng yang edukatif, ekspresif, atraktif, dan jenaka, serta dikemas dalam bentuk musikal, selalu menghiasi setiap kali pertunjukannya.

Ia mendirikan Kampung Dongeng di Ciputat, Tangerang Selatan, pada 2009. Sampai hari ini Kampung Dongeng telah berdiri di 57 titik di berbagai daerah di Indonesia sebagai sarana edukasi nonformal bagi anak-anak. Lebih dari 500 anak-anak senantiasa rutin berkumpul setiap bulan untuk mendengarkan cerita dari Kak Awam dan relawan lain di saung Kampung Dongeng Ciputat.

Pengelola Galeri Indonesia Kaya menyebutkan reservasi tempat untuk pertunjukan 22 Juli 2017 sudah ditutup, namun demikian menyarankan peminat untuk bisa langsung ke tempat pertunjukan.

Bentara Budaya Jakarta, 18 Juli - 23 Juli 2017: “Aku Indonesia” - Pekan Kreativitas Anak

Memaknai Hari Anak Nasional yang dirayakan setiap tanggal 23 Juli, Bentara Budaya Jakarta bekerja sama dengan berbagai komunitas anak menggelar Pekan Kreativitas Anak bertajuk “Aku Indonesia“. Agenda yang diselenggarakan selama 6 hari ini menampilkan pameran, pertunjukan, serta sarasehan yang masing-masing merespons kecintaan terhadap keindonesiaan dan kekayaan budaya negeri ini.

Tujuh komunitas dan sekolah berpartisipasi dalam kegiatan ini, yakni Sanggar Ciliwung Merdeka, Sanggar Anak Bulungan, Kandank Jurank Doank, Namarina, Teater Keliling, Sekolah “Talenta“, dan Bentara Muda. Juga digelar pementasan dari sekolah-sekolah di Jakarta, termasuk pementasan lenong bocah dari Sanggar Budaya Betawi “Si Pitung“.

Program ini ditujukan bukan hanya sebagai ruang ekspresi atas kreativitas anak-anak Indonesia, melainkan juga diniatkan sebagai bentuk apresiasi atas dunia anak yang penuh warna. Kehadiran komunitas-komunitas menjadi penanda bahwa anak-anak membutuhkan suasana kebersamaan yang menyehatkan di mana mereka dapat saling berinteraksi secara hangat dan gembira. Di sisi lain, pergaulan sebaya dinilai sebagai ruang belajar yang baik bagi tumbuhnya empati sosial anak-anak, yang pada giliran berikutnya diharapkan mampu turut melahirkan generasi Indonesia yang cerdas, peduli, dan berkebudayaan.

Pameran berlangsung sejak Selasa (18/7) hingga Minggu, 23 Juli, pukul 09.00 – 18.00.

Bentara Budaya Bali, 21 Juli - 22 Juli: Sinema Bentara - Langgam Film Musikal

Kehadiran musik yang melekat pada film tidak terlepas dari perkembangan teknologi perekaman audio/suara yang ada sejak tahun 1940-an. Sebelumnya, musik dimainkan terpisah melalui live orchestra yang mengiringi adegan-adegan dalam film.

Sinema Bentara kali ini merujuk tajuk Langgam Film Musikal, menayangkan ragam film fiksi, drama-biografi, dan dokumenter; bukan hanya memoar tentang pemusik legendaris, melainkan juga drama musikal, serta dokumenter yang bertema tentang menyusur riwayat musik-musik rakyat (folk) yang nyaris punah.

Acara dimulai Jumat (21/7) pukul 18.00 (WITA) dengan film Farinelli, kemudian pukul 19.30 Pertunjukan Musik dan Pasar Misbar, dan Attila Marcel (pk 20.00).

Jadwal pada Sabtu (22/7), Sound of Home (pk 18.00), Pertunjukan Musik dan Pasar Misbar (pk 19.35), Diskusi Sinema (pk 19.45), Ambilkan Bulan (pk 20.30).

Film drama musikal Ambilkan Bulan (2012, Indonesia, Durasi: 91 menit, Sutradara: Ifa Isfansyah) dengan latar musik berupa sepuluh lagu anak pilihan karya AT Mahmud dihadirkan secara khusus.

Film Sound of Home (2011, Jerman, Durasi: 93 menit, Sutradara: Arne Birkenstock & Jan Tangeler), berkisah tentang upaya seorang musisi asal Selandia Baru, Hayden Chisholm menelusuri kembali lagu-lagu rakyat (folk) yang masih hidup dan berkembang di berbagai daerah terpencil Jerman, namun kerap terlupakan akibat kehadiran lagu-lagu pop yang mendominasi media elektronik radio dan televisi.

Program ini masih diselenggarakan dengan konsep Misbar, mengedepankan suasana nonton bersama yang akrab, guyub, dan hangat, serta didukung oleh Bioskop Keliling BPNB Bali Wilayah Kerja Bali, NTB, NTT, Konsulat Kehormatan Italia di Denpasar, Pusat Kebudayaan Jerman Goethe Institut Indonesien, Pusat Kebudayaan Prancis Alliance Francaise Bali, dan Udayana Science Club.

@america, Pacific Place, pukul 19.00: Filmchestra@america: Aviation

Melayang di atas awan bersama tribut orkestra untuk film-film penerbangan Amerika yang hebat. Pengunjung akan diajak menikmati pengaturan perdana lagu hit dari Top Gun, Amelia, Independence Day, dan banyak lagi!

Acara ini menghadirkan Deva Mahenra, Lea Simanjuntak, Ify Alyssa, Bisma Karisma Music, dengan pengarah acara  Ifa Fachir dan Ivan Tangkulung.

@america memberi prioritas kepada pengunjung yang datang pertama untuk duduk sesuai batasan ruangan yang ada. Karena keterbatasan kapasitas serta untuk menjaga keselamatan pengunjung, @america tidak bisa selalu menerima semua pengunjung.

Minggu, 23 Juli 2017

Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, 21 Juli – 21 Agustus 2017: Flona 2017

Pameran Flona 2017 di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, dibuka Jumat (21/7) dan berlangsung hingga 21 Agustus mendatang.

Total terdapat 180 stand pebisnis flora dan fauna di ajang tersebut dan 4 wahana permainan untuk anak dan orang dewasa. Di pameran pengunjung bisa mendapatkan aneka tanaman hias, tanaman herbal,tanaman produksi, aneka jenis perlengkapan pemeliharaan tanaman.

Untuk menyemarakkan suasana, pengelola pameran menggelar beberapa kegiatan lomba untuk anak. Seluruh lomba untuk anak memperebutkan piala gubernur. Lomba burung berkicau tingkat nasional turut menyemarakkan suasana pameran.

Pameran dibuka setiap hari pk 09.00 – 20.00 dan diperpanjang hingga pk 22.00 pda akhir pekan.

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home