Loading...
EKONOMI
Penulis: Reporter Satuharapan 18:20 WIB | Selasa, 07 Maret 2017

S & P Diperkirakan Naikkan Rating RI ke Investment Grade

Ilustrasi (Foto: AFP Photo/Eric Piermont)

SINGAPURA, SATUHARAPAN.COM - Lembaga pemeringkat global, Standard & Poor's kemungkinan akan menaikkan peringkat utang RI dari BB+ menjadi BBB- atau investment grade pada September mendatang.

Kemungkinan itu dikatakan oleh analis dari Goldman Sachs Group Inc, Danny Suwanapruti, dalam sebuah laporannya hari ini (7/3).

Menurut dia, Indonesia telah mendorong reformasi fiskal, sebagai alasan dinaikkannya peringkat tersebut. Dikatakan pula bahwa Indonesia akan mampu menarik dana US$ 5 miliar dari Jepang jika S&P menaikkan peringkat RI.

Menurut dia, peringkat investment grade akan memicu daya tarik RI di hadapan para investor institusional Jepang yang konservatif.

S & P merupakan lembaga pemeringkat internasional yang sampai saat ini belum menaikkan peringkat RI ke investment grade. Lembaga pemeringkat lainnya, yakni Fitch Ratings dan Moody's sudah memberikan peringkat itu lebih dulu.

Oktober lalu dalam analisisnya, direktur S & P, Kyran Curry, mengatakan kendati pihaknya secara umum optimistik atas perekonomian Indonesia, kekhawatiran masih tersisa atas sektor korporsi dan perbankan.

Secara sederhana investment grade adalah kategori bahwa suatu perusahaan atau negara dianggap memiliki kemampuan yang cukup dalam melunasi utangnya.

Menurut versi Standard & Poor's, yang disebut investment grade adalah peringkat BBB- atau lebih tinggi. Demikian juga dengan Fitch Ratings.

Sedangkan Moody's memberi simbol Baa3 atau lebih tinggi.

Surat utang dinyatakan memiliki peringkat investasi bila memenuhi kriteria yang dipersyaratkan sehingga perbankan diperkenankan untuk melakukan investasi pada obligasi tersebut.

Sebagai kebalikan dari surat utang dengan peringkat investasi adalah apa yang disebut yaitu junk bond atau obligasi dengan risiko tinggi.

Berdasarkan surat edaran yang dibuat oleh Bank Indonesia kepada seluruh bank umum di Indonesia tentang Lembaga Pemeringkat dan Peringkat yang Diakui Bank Indonesia, peringkat minimum surat berharga yang dimiliki bank dengan kualifikasi lancar adalah peringkat Baa3 (Moody's) dan BBB- (Standard & Poor's dan Fitch Ratings).

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home