Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 22:36 WIB | Jumat, 08 November 2013

Salinan Wasiat Napoleon Terjual Rp 5,38 Miliar

Salinan wasiat Napoleon. (Foto: dari channelnewsasia)

PARIS, SATUHARAPAN.COM - Salinan wasiat Napoleon Bonaparte, yang dibuat saat mantan kaisar Prancis tersebut tinggal di pengasingan pada 1821, terjual dalam pelelangan senilai 357.000 euro (sekitar Rp 5,38 miliar), naik hampir dua kali lipat dari perkiraan.

Salinan tersebut dijual di balai lelang Drouot, Paris pada Rabu (6/11). Nilai jual barang itu diperkirakan mencapai 80.000 euro hingga 120.000 euro (sekitar Rp1,2 miliar hingga Rp1,81 miliar) oleh Artemisia Auctions, yang mengorganisasi penjualan tersebut.

Dokumen itu ditulis asisten lapangan Napoleon, Count of Montholon, saat mantan kaisar tersebut diasingkan ke pulau Saint Helena, Inggris.

“Saya ingin abu saya disemayamkan di tepi sungai Seine di antara rakyat Prancis yang sangat saya cintai,” katanya dalam sebuah amandemen atau ketentuan tambahan, yang ditulis pada 16 April 1821.

Pembeli surat wasiat itu mengatakan akan menyimpat surat wasiat itu sebagai koleksi pribadi.  "Dokumen ini luar biasa, terkait dengan saat-saat terakhir Kaisar," kata pakar lelang Alain Nicolas.

Surat wasiat asli yang ditulis tangan oleh Napoleon di simpan di pusat arsip Prancis. Namun jenazah Napoleon justru dikuburkan di Menara Invalides dua dekade kemudian. (AFP/Ant/bbc)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home