Loading...
BUDAYA
Penulis: Dewasasri M Wardani 12:59 WIB | Jumat, 30 Januari 2015

Salman Rushdie akan Luncurkan Novel Baru

Penulis Inggris Salman Rushdie akan meluncurkan novel baru berjudul Two Years Eight Months and Twenty-Eight Nights. (Foto: telegraph.co.uk)

LONDON, SATUHARAPAN.COM  - Penulis Inggris berdarah India, Salman Rushdie, akan meluncurkan novel perdananya pada September mendatang setelah novel terakhirnya terbit tujuh tahun lalu, menurut pernyataan pihak penerbit, Kamis (29/1).

Judul novel Two Years Eight Months and Twenty-Eight Nights, merujuk pada koleksi cerita rakyat yang dikenal sebagai Arabian Nights.

“Novel tersebut memadukan sejarah, mitologi, dan kisah cinta abadi untuk menciptakan kehidupan di dunia yang terperosok ke zaman yang tidak masuk akal,“ kata penerbit Jonathan Cape.

Rushdie, penulis yang dikenal melalui buku-bukunya yang tebal seperti Midnight's Children, mengatakan buku barunya ini nantinya lebih tipis dari karya-karyanya terdahulu. 

“Novel ini tidak tebal, dan akan terdiri atas sekitar 250 halaman. Begitu ringkas. Sekarang aku merasa sedang dalam masa-masa kritis untuk menyelesaikan novel," katanya. Mencapai tahap pengeditan, seperti membersihkan kotoran di tenggorokan, katanya dalam Cheltenham Literature Festival di Inggris tahun lalu.

Rushdie, 67, melahirkan novel The Satanic Verses pada 1988, yang memicu protes dari umat Islam dan pemimpin Iran kala itu. Tokoh revolusi Iran dan Pemimpin Agung Ayatollah Khomeini, mengeluarkan fatwa agar kaum Muslim membunuhnya karena ia dianggap menghina Islam. Rushdie mendapat perlindungan polisi.

Sebelumnya, 13 buku karangan Rushdie pernah meraih penghargaan, termasuk Booker Prize untuk Midnight's Children pada 1981 dan Booker of Bookers pada 1993 untuk novel yang sama.

Novel terakhirnya untuk orang dewasa adalah The Enchantress of Florence, yang terbit pada 2008. (Ant/AFP)

 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home