Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 15:53 WIB | Jumat, 24 Agustus 2018

Scott Morrison Jadi PM Australia, Malcolm Turnbull Dilengserkan

Scott Morrison, Perdana Menteri Australia yang baru. (Foto: 6PR.com)

AUSTRALIA, SATUHARAPAN.COM – Scott Morrison menjadi Perdana Menteri Australia yang baru setelah Malcolm Turnbull dilengserkan oleh partainya sendiri.

Morrison, yang sebelumnya menjabat Menteri Keuangan Australia, memenangi pemungutan suara internal Partai Liberal dengan mengalahkan mantan Menteri Dalam Negeri Peter Dutton dengan perolehan suara 45-40, sebagaimana dipaparkan pejabat Partai Liberal, Nola Marino.

Turnbull sendiri tidak bersaing dalam pemilihan internal tersebut setelah mayoritas anggota Partai Liberal menandatangani surat yang meminta dia tak lagi menjabat perdana menteri.

Menteri Luar Negeri, Julie Bishop, sebenarnya juga dinominasikan kembali menduduki jabatan perdana menteri, namun dia gagal mencapai putaran akhir pemungutan suara.

Selama beberapa hari terakhir Turnbull menghadapi tekanan akibat elektabilitas menurun dan kecaman dari sejumlah anggota parlemen dari kubu Konservatif.

Pada Kamis (23/8), dia mengatakan kepada wartawan bahwa rakyat Australia “berhak kecewa atas apa yang mereka saksikan”.

Turnbull mulai berkuasa pada September 2015 setelah mengalahkan Tony Abbott dalam perebutan posisi Ketua Partai Liberal. (bbc.com)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home