Google+
Loading...
DUNIA
Penulis: Saut Martua Amperamen 09:34 WIB | Rabu, 12 Juli 2017

SOHR: Abu Bakr al-Baghdadi Dipastikan Tewas

Abu Bakr al-Baghdadi (Foto: Ist)

LONDON, SATUHARAPAN.COM -  Sebuah lembaga pemantau Hak Asasi Manusia (HAM) Suriah yang berbasis di London, The Syrian Observatory for Human Rights (SOHR) memastikan kebenaran informasi bahwa pemimpin tertinggi ISIS, Abu Bakr al-Baghdadi, telah tewas.

Laporan itu muncul beberapa hari setelah tentara Irak menguasai sektor terakhir dari kota Mosul, yang  menjadi basis Baghdadi dalam tiga tahun terakhir.

Reuters pada hari Selasa (11/07) mendapat keterangan dari SOHR, bahwa lembaga itu memiliki informasi yang sudah terkonfirmasi bahwa al-Baghdadi tewas.

Menteri Pertahanan Rusia pada Juni lalu mengatakan kemungkinan Baghdadi terbunuh oleh salah satu serangan udara mereka terhadap pertemuan para panglima ISIS di Raqqa. Tetapi Washington mengatakan belum dapat memastikan kematian yang dimaksud dan pejabat Barat dan Irak meragukan hal itu.

Reuters belum dapat secara independen memastikan kematian Baghdadi.

"Kami telah mendapat konfirmasi dari para pemimpin, termasuk satu pemimpin dari rangking pertama, seorang warga Suriah, di wilayah Timur kekuasaan ISIS  di Deir al-Zor," kata Rami Abdulrahman, direktur SOHR.

Abdularahman mengatakan aktivis yang bekerja untuk SOHR di Deir al-Zor telah diberitahu oleh sumber-sumber ISIS bahwa Baghdadi telah tewas, tetapi tidak diketahui dengan cara bagaimana ia meninggal. 

Editor : Eben E. Siadari

Back to Home