Loading...
INDONESIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 12:17 WIB | Senin, 21 Oktober 2013

Sri Sultan Hamengku Buwono X Mantu, Hari Ini Prosesi Nyantri

Kanjeng Pangeran Haryo (KPH) Notonegoro memulai proses Nyantri dengan naik kereta Kraton, Senin (21/10). (Foto: sorotjogja.com)

YOGYAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Sri Sultan Hamengku Buwono X, akan menikahkan putri keempatnya GRA Nurabra Juwita (Abra) dengan Angger Pribadi Wibowo, pria asal Kudus Jawa Tengah, besok Selasa (22/10). Akad nikah akan dilangsungkan besok pada pukul 07.00 di Masjid Panepen Kraton Yogyakarta.

Hari ini mempelai laki-laki yang mendapat gelar Kanjeng Pangeran Haryo (KPH) Notonegoro memulai proses Nyantri. Prosesi Nyantri bertujuan mengenalkan calon menantu kepada Kraton Yogyakarta. Calon menantu Kraton akan diajari bagaimana hidup sebagai anggota keluarga Kraton Yogyakarta.

“Nyantri ini diibaratkan sebagai training center bagi calon menantu Kraton.” ungkap KRT Pujaningrat saat ditemui di kediamannya di kawasan Mangkubumen. Selain untuk mengenalkan kehidupan di Kraton, Nyantri juga dilakukan untuk mengetahui keseharian sang calon mempelai pria dimana segala perilaku dan tindak tanduk yang ditunjukkan akan menjadi tolak ukur penilaian oleh Kraton.

Dilanjutkan dengan prosesi Siraman yang dilangsungkan di Bangsal Kasatriyan dan Sekar Kedhaton lalu prosesi Tantingan dan terakhir di hari ini dengan prosesi Midodareni.

Angger Pribadi Wibowo lahir di Jakarta, 27 Desember 1973, adalah lulusan Universitas Gadjah Mada sebelum melanjutkan pendidikan di Washington State University AS. Sedangkan GRA Nurabra Juwita yang sekarang bergelar GKR Hayu, lahir di Yogyakarta, 24 Desember 1983.

Mereka dipertemukan lewat sebuah group chat SMA mereka sekitar tahun 2000. Hubungan Hayu dan Noto semakin dekat hingga mereka mengetahui bahwa GKR Hemas (ibunda Abra) dan ibunda Angger adalah teman dekat sejak SD sampai dengan SMA. Hal ini yang semakin mendekatkan mereka. Apalagi, ketika Abra berangkat ke Amerika untuk melanjutkan kuliahnya, GKR Hemas menitipkan putrinya untuk dibantu oleh Angger, yang waktu itu juga sedang melanjutkan sekolah S2 di sana. (kratonwedding.com)
 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home