Loading...
INDONESIA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 11:41 WIB | Kamis, 08 Mei 2014

Tambah Luar Negeri, Wakil Rakyat DKI II Tak Berubah

Peta perolehan suara partai politik Pemilu 2014 dari daerah pemilihan DKI Jakarta II. (Sumber: KPU)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Meskipun telah ditambah dengan perolehan suara daerah pemilihan (dapil) Luar Negeri, sebesar 2.043.469 suara, komposisi calon anggota legislatif (caleg) yang akan mewakili dapil DKI Jakarta II Pemilu 2014 tidak berubah. Melalui dapil ini, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) diperkirakan tetap mendapatkan dua kursi, sedangkan lima bangku tersisa akan dibagi rata pada PKS, Golkar, Gerindra, Demokrat, dan PPP.

Dua jatah kursi PDIP kemungkinan besar diberikan kepada caleg petahana yang menjadi Anggota Komisi V dan Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI), Eriko Sotarduga (PDIP), dan caleg nan direkomendasi Komunitas Masyarakat Indonesia Pendukung Pemberantasan Korupsi, Masinton Pasaribu, ia merupakan salah satu caleg baru DPR-RI dari dapil DKI Jakarta II.

Partai Keadilan Sejahtera, mendapat satu kursi, dan diprediksi akan menjadi milik Presiden Partai Keadilan Sejahtera (1999-2004) sekaligus Calon Gubernur DKI Jakarta 2012, Hidayat Nur Wahid. Pada Pemilu 2009, nama ini berhasil menjadi Anggota DPR-RI usai terpilih melalui dapil Jateng V.

Tiga kursi wakil rakyat DPR-RI berikutnya diperkirakan menjadi milik Anggota Komisi I dan Badan Musyawarah DPR-RI (2009-2014), Fayakhun Andriad (Golkar), Wakil Ketua Majelis Pemusyawaratan Rakyat (MPR)-RI (2009-2014), Melani Leimena Suharli (Demokrat), dan Anggota Komisi IX dan Badan Kerja Sama Antar Parlemen DPR-RI, Okky Asokawati (PPP).

Nama terakhir yang disebutkan diatas juga merupakan nama nan direkomendasi oleh Komunitas Masyarakat Indonesia Pendukung Pemberantasan Korupsi.

Selain Masinton Pasaribu, dapil DKI Jakarta II mengirim satu nama lainnya, sebagai caleg baru di kursi DPR-RI lima tahun mendatang. Ia adalah pemilik Bens Radio nan sebelumnya pernah menjadi Anggota Dewan Perwakilan Daerah (2004-2009), Biem Triani Benjamin.

Demokrat Kehilangan Dua Kursi

Partai Demokrat kemungkinan besar kehilangan dua kursi parlemen DPR-RI dari dapil DKI Jakarta II, pada Pemilu 2009, partai berwana biru tua ini berhasil meraih tiga kursi, namun kini mereka hanya meraih satu kursi saja.

Memang pada Pemilu 2014 ini, dua caleg peraih kursi Demokrat dari dapil DKI Jakarta II pada Pemilu 2009 melakukan aksi pindah dapil, mereka adalah Nova Riyanti Yusuf, pindah ke dapil Jawa Timur VI, dan Nurcahyo Anggrojati, beralih ke dapil Jawa Tengah VI.

Hal serupa juga dilakukan caleg petahana PKS, Mohamad Sohibul Iman, yang pindah ke dapil Jawa Barat XI. (Rep. Prasasta Widiadi)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home