Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 18:20 WIB | Rabu, 25 Desember 2013

Terkait Korupsi, Menteri Perekonomian Turki Mundur dari Jabatan

Menteri Perekonomian Turki, Zafer Caglayan yang mengundurkan diri. (Foto: dari bbc.co.uk)

ANKARA, SATUHARAPAN.COM - Menteri Perekonomian Turki, yang terjerat dalam skandal korupsi yang mengguncang pemerintahan Perdana Menteri, Recep Tayyip Erdogan, pada hari Rabu (25/12) mengajukan untuk mengundurkan diri.

“Saya mengundurkan diri dari jabatan saya sebagai menteri perekonomian sehingga permainan kotor yang melibatkan rekan dekat saya dan anak saya akan berlalu dan kebenaran akan terungkap,” kata Zafer Caglayan dalam sebuah pernyataan singkat.

Anak Caglayan merupakan salah satu dari dua lusin orang yang telah didakwa sebagai bagian dari tindak penyuapan dan penyelidikan korupsi yang telah mengguncang Erdogan dengan tantangan besar bagi 11 tahun kepemimpinannya.

Erdogan, yang telah memimpin Turki sejak 2002 sebagai kepala pemerintahan konservatif berakar Islam, menggambarkan penyelidikan tersebut sebagai “kampanye kotor” untuk melemahkan ambisi Turki untuk menjadi kekuatan politik dan ekonomi utama.

Dia menanggapi penyelidikan tersebut dengan memecat puluhan kepala kepolisian.

Caglayan terus melanjutkan perlawanan pemerintah dalam pernyataan pengunduran dirinya pada Rabu, menyatakan bahwa penyelidikan tersebut “jelas rencana kotor terhadap pemerintahan kami, partai kami dan negara kami.” (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home