Loading...
DUNIA
Penulis: Dany Brakha 16:07 WIB | Rabu, 17 April 2013

The Pincie Berlian Merah Muda Asal Golconda India Seharga 380 Milyar

The Princie Pink. (foto: Mining)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM - Sebuah berlian warna merah muda bernama Princie seberat 34,65 karet laku terjual 380 milyar rupiah.

Batu mulia itu berasal dari tambang kuno Golconda di India selatan yang diduga sudah beroperasi sejak 800 tahun sebelum Masehi. Pemilik awalnya adalah keluarga bangsawan kaya Hyderabad yang berkuasa di Propinsi Mughal, India. “Princie ini membawa nama besar Golconda serta Nizam dari Hyderabad dan Maharani Sita Devi dari Baroda yang legendaris” kata Rahul Kadakia kepala galeri lelang Christie.

“Berlian itu bisanya dimiliki oleh raja atau penguasa tinggi yang menjalankan pemerintahan karena baru itu membawa pengaruh gaib bagi mereka.” kata Rahul. "Banyak yang mempercayai bahwa batu itu adalah hadiah dari Tuhan pada umat manusia yang diberikan melalui Golconda, India”, tambah dia. Berdasar keterangan Rahul, Princie diperkirakan ditemukan 300 tahun lalu.

Pemilik Princie itu pernah dinobatkan sebagai orang terkaya di dunia versi majalah Time di tahun 1937. Akan tetapi sejak 1960 si berlian merah muda itu tidak pernah diperlihatkan di khalayak ramai karena dilelang galeri Sotheby sebagai salah satu barang milik Nizam.

Selain Princie ada empat berlian populer yang berasal dari tambang Golconda. The Graff pink seberat 35.56 karat, batu ini pernah dilelang di Jenewa oleh galeri Sotheby dengan harga 426 milyar rupiah. Dua berlian lain bernama Darya I-Nur dengan bobot antara 175 sampai 195 karat, dan Nur ul-Ain seberat 60 karat yang disematkan dalam Mahkota yang sekarang berada di Iran. Diduga batu-batu berlian itu berasal dari bongkahan yang lebih besar seberat 242 karat.

Editor : Yan Chrisna


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home