Loading...
DUNIA
Penulis: Prasasta Widiadi 12:36 WIB | Minggu, 01 November 2015

Tibet Gelar Kampanye Kesehatan, Cegah Bayi Cacat Lahir

Ilustrasi: Aktivitas budaya di Lhasa, Tibet. (Foto: xinhuanet.com).

LHASA, SATUHARAPAN.COM – Sebuah kampanye kesehatan diselenggarakan di Lhasa, Daerah Otonomi Tibet pada Jumat (30/10). Kampanye kesehatan tersebut diselenggarakan March of Dimes  Foundation of China dan bertujuan mensosialisasikan pencegahan terhadap kondisi tidak sempurna (cacat bawaan sejak lahir) yang dapat diderita bayi, termasuk konsultasi kesehatan gratis dan suplemen makanan untuk ibu hamil,

“Kami berharap kegiatan akan membantu banyak orang agar tahu lebih banyak tentang cacat lahir dan membantu mencegah mereka," kata Guo Yucheng, wakil sekretaris -Jenderal Yayasan March of Dimes  Foundation of China, seperti diberitakan Xinhua, Sabtu (31/10).

Acara tersebut ditunjang oleh komisi kesehatan dan keluarga berencana daerah dan didukung pemerintah.

Sekelompok dokter dari Rumah Sakit Umum Beijing memberikan konsultasi pada kasus kesehatan yang rumit  

Selain itu, dokter mengunjungi Negara bagian Doilungdeqen untuk memberikan konsultasi gratis kepada penduduk desa dan suplemen asam folat, susu bubuk dan probiotics 8.

Selama acara berlangsung, yayasan menyumbangkan 4 juta yuan (sekitar Rp 8, 69 miliar) untuk mendeteksi penyakit genetik yang menjangkiti  20.000 bayi yang baru lahir di Tibet.

Yucheng menyebut  dana tersebut  akan mendanai beberapa kasus penting berkaitan dengan kesehatan di Lhasa.

Menurut  laporan 2012, bayi yang baru lahir dengan kondisi kekurangan menyumbang 5,6 persen dari total kelahiran di Tiongkok. Sekitar 35 persen meninggal dunia segera setelah lahir dan 40 persen menderita kelainan seumur hidup.

March Of Dimes

Lebih dikenal sebagai March of Dimes, yayasan ini mendirikan program bantuan bagi pasien polio dan mendanai penelitian untuk vaksin yang dikembangkan oleh Jonas Salk, MD dan Albert Sabin, MD.

Setelah misi utamanya tercapai, yayasan mengalihkan fokus untuk mencegah cacat lahir dan kematian bayi. March of Dimes  menemukan penyebab genetik cacat lahir, untuk mempromosikan skrining bayi baru lahir, dan untuk mendidik profesional medis dan masyarakat, tentang praktik terbaik untuk kehamilan yang sehat.

Sejak tahun 2003, yayasan ini berjuang menyelamatkan bayi agar lahir selamat. (xinhuanet.com/marchofdimes.org).

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home