Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki Pangaribuan 20:17 WIB | Selasa, 13 Desember 2016

Tiga Perusahaan Cile Terima Primaduta Award

Ilustrasi. Duta Besar RI untuk Hongaria, Wening Esthyprobo Fatandari didampingi Kepala dan Wakil Kepala ITPC Budapest, Hikmat Rijadi dan M. Rivai Abbas menyerahkan secara langsung tropi dan piagam Primaduta Award 2015 kepada Mr. Adam Kapas, pemilik Mayers Kft pada tanggal 2 Desember 2015 yang dikemas dalam acara End of Year Indonesia-Hungary Business Gathering 2015. (Foto: Dok. Kemendag.go.id)

SANTIAGO, SATUHARAPAN.COM - Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Santiago bekerja sama dengan KBRI Santiago menyerahkan Primaduta Award kepada tiga perusahaan asal Cile dalam business dinner yang digelar di Boulevard Suites Hotel, Santiago, Cile pada hari Selasa lalu (6/12).

Kepala ITPC Santiago, Andi Sugiono mengatakan tiga perusahaan tersebut yaitu Alga Marina y Midesa S.A (rumput laut), Adidas Cile (alas kaki dan pakaian olahraga), dan Elasto Plastico Concrete Cile Ltda. (serat plastik) memenuhi kriteria sebagai pemenang Primaduta Award.

“Tiga perusahaan itu loyal mengimpor produk dari Indonesia dan pertumbuhan impornya menunjukkan tren positif dalam lima tahun terakhir,” kata Andi Sugiono dalam keterangan tertulis, hari Selasa (13/12).

Penghargaan diserahkan oleh Duta Besar RI untuk Cile Philemon Arobaya kepada tiga perwakilan pemenang Primaduta Award 2016. Hadir pula perusahaan Cile lain yang dinominasikan dalam Primaduta Award 2016, seperti Nike de Cile, Tigalas, dan Comercializadora Jarsa, serta perwakilan Direktorat Jenderal Hubungan Ekonomi Luar Negeri Kementerian Luar Negeri Cile.

Para buyers (importir) Cile yang datang ke Trade Expo Indonesia (TEI) 2016 juga diundang dalam business dinner tersebut.

Philemon berharap, kehadiran para buyer TEI pada penyerahan Primaduta Award memotivasi mereka untuk mengimpor dari Indonesia.

Pada Juni 2016 lalu, ITPC Santiago dan KBRI Santiago mengusulkan 21 perusahaan importir Cile untuk mengikuti seleksi Primaduta Awards dengan berbagai perusahaan importir dari negara lainnya.

“Ketiga pemenang itu merupakan hasil keputusan dewan juri menyeleksi 60 perusahaan/importir dari 26 negara,” kata Philemon.

Sebelumnya, ITPC Santiago banyak mempromosikan Primaduta Award melalui penayangan iklan di in-flight magazine LATAM Airlines Group. Perusahaan ini merupakan maskapai penerbangan terbesar dan tersibuk di Amerika Latin.

Sosialisasi TEI 2016 untuk pengusaha dan instansi terkait dilakukan dalam breakfast meeting pada Juli 2016 dan business meeting dengan Camaro Comercio (KADIN) di Concepcion dan Valparaiso. Business meeting digelar bersamaan dengan courtessy call Duta Besar RI untuk Cile dengan gubernur di kedua wilayah tersebut.

Sebanyak 10 pengusaha Cile mengunjungi TEI 2016 di Jakarta untuk bertemu dan bernegosiasi dengan para eksportir Indonesia. Adapun produk yang diminati yaitu teh, kopi, furnitur, kerajinan, mesin pertanian, komponen automotif, dan tekstil.

Primaduta Award merupakan salah satu program inisiasi baru Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional sebagai upaya dalam meningkatkan capaian pertumbuhan ekspor Indonesia ke pasar dunia. Salah satu faktor yang ikut menentukan ialah andil para buyer di setiap negara-negara target ekspor Indonesia. Sebagai mitra/jejaring kerja eksportir, mereka berperan penting dalam menentukan sumber atau asal negara dari produk yang akan mereka beli.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home