Google+
Loading...
INDONESIA
Penulis: Bayu Probo 08:40 WIB | Sabtu, 08 Februari 2014

Tingkat Urbanisasi 66 Persen pada 2035

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Armida Alisjahbana. (Foto: Antara)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Tingkat urbanisasi penduduk di Indonesia pada 2010 hingga 2035 diperkirakan mencapai 66,6 persen.

"Persentase penduduk Indonesia yang tinggal di perkotaan terus meningkat tiap tahunnya," kata Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Armida Alisjahbana pada jumpa pers di Gedung Bappenas Jakarta, Jumat (7/2) malam.

Berdasarkan proyeksi penduduk Indonesia, pada 2010 tingkat urbanisasi mencapai angka 49,8 persen. Kemudian di tahun 2015 angka tersebut meningkat menjadi 53,3 persen, dan 60 persen di tahun 2025.

"Maka berdasarkan proyeksi tersebut, diperkirakan pada 2035 mencapai 66,6 persen," papar Armida.

Menurut Armida, urbanisasi tersebut terjadi karena beberapa faktor seperti pertumbuhan penduduk kota, perpindahan penduduk dari desa ke kota, serta pembangunan di daerah yang kemudian mengubah desa menjadi kota.

Hal ini, dijelaskan Armida, nantinya akan berimplikasi pada perubahan sosial dan ekonomi, yaitu seperti permintaan konsumen akan sandang, papan, dan pangan, serta kebutuhan infrastruktur yang meliputi transportasi, komunikasi, serta energi.

 "Berdasarkan proyeksi penduduk sampai 2035, konsentrasi penduduk Indonesia masih ada di Pulau Jawa, meskipun ada penurunan sedikit sekitar empat persen," kata Armida. (Ant)

UKRIDA
Gaia Cosmo Hotel
Zuri Hotel
Back to Home