Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 12:59 WIB | Jumat, 02 Desember 2016

Tiongkok ‘Serius’ Jalankan Sanksi terhadap Korut

Pejalan kaki melintasi potret mendiang pemimpin Korea Kim Il-Sung (kiri) dan Kim Jong-Il (kanan) di Pyongyang, 1 Desember 2016. Dewan Keamanan PBB secara mutlak sepakat untuk menjatuhkan sanksi tegas terhadap Korea Utara, setelah uji coba yang negara itu lakukan. (Foto: AFP)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM - Beijing akan “secara serius” menjalankan sanksi baru PBB yang dijatuhkan kepada Korea Utara (Korut) atas program nuklir dan rudalnya, katanya pada Kamis (1/12), dengan sejumlah langkah diduga akan menghantam ekspor batu bara Pyongyang.

Resolusi Dewan Kemanan PBB 2321, disahkan pada Rabu, membatasi ekspor batu bara tahunan Korea Utara ke level lebih dari empat bulan penjualan saat ini ke Tiongkok, menurut data pemerintah Tiongkok.

Dipelopori Amerika Serikat (AS), respons terhadap uji coba nuklir Korea Utara pada September disetujui 15-0 suara setelah perpanjangan negosiasi.

Resolusi tersebut membatasi ekspor batu bara Korea Utara tahun depan menjadi 7,5 juta ton atau sedikit di atas 400 juta dolar AS (sekitar Rp 5,41 triliun), turun 62 persen pada 2015.

Pembatasan itu merepresentasikan pecahan dari ekspor tahunan Korea Utara saat ini ke Tiongkok, satu-satunya sekutu mereka sekaligus penyedia utama perdagangan dan bantuan.

Beijing akan “secara serius” menjalankan resolusi itu, kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Geng Shuang kepada para reporter saat sebuah pertemuan rutin.

Tiongkok, anggota permanan Dewan Kemanan, memiliki “sikap bertanggung jawab,” tambahnya, dan selalu menjalankan resolusi Dewan Keamanan PBB dan memenuhi “kewajiban internasionalnya berdasarkan piagam PBB.” (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home