Loading...
RELIGI
Penulis: Endang Saputra 15:19 WIB | Rabu, 24 Juni 2015

TNI Siap Sukseskan Muktamar ke-33 NU, Dirikan Dapur Umum

Gubernur Jawa Timur Soekarwo (kanan), Kapolda Irjen Pol Anas Yusuf serta Ketua PWNU Jatim, KH Mutawakkil Alallah, meninjau lokasi Muktamar NU. (Foto: nu.or.id)

JOMBANG, SATUHARAPAN.COM – Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Eko Wiratmoko mengatakan siap mendirikan dapur umum untuk membantu suksesnya pelaksanaan Muktamar ke-33 NU yang akan digelar 1-5 Agustus di Jombang Jawa Timur.

Selain itu, kata Mayjen Eko, bila diminta TNI juga  akan menyiapkan dokter dan ambulans.

"Sesuai permintaan Pak Wagub Gus Ipul (Syaifullah Ipul, Red), kami, TNI, siap membantu mendirikan dapur umum untuk kesuksesan Muktamar NU di Jombang," kata Pangdam, Senin (22/6), seusai meninjau empat pesantren di Jombang yang bakal digunakan sebagai lokasi muktamar bersama Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Kapolda Irjen Pol Anas Yusuf, serta Ketua PWNU Jatim KH Mutawakkil Alallah.

Eko menambahkan, tidak hanya soal dapur umum untuk peserta dan tamu muktamar selama lima hari, TNI juga siap memberikan bantuan medis jika diperlukan untuk kesuksesan kegiatan muktamar.

"Kami juga siapkan dokter, ambulans, kalau diminta membantu NU. Karena NU selalu bersama TNI membangun bangsa," kata dia.

Terkait dapur umum sesuai permintaan panitia muktamar, TNI, kata Mayjen Eko, kemungkinan akan mendirikannya di Markas Kodim 0814 Jombang. Dapur umum itu dalam sehari bisa menyiapkan 5.000 nasi bungkus.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Korem guna menyiapkan dapur umum. Jangankan 5.000 nasi bungkus, 10.000 nasi bungkus per hari kami siap. Seperti Pak Kapolda, kami dari Kodam juga siap menyukseskan Muktamar NU," kata dia di hadapan Pengurus PWNU Jatim, KH Miftahul Akhyar, dan KH Mutawakkil Alallah, serta jajaran Muspida Kabupaten Jombang yang hadir dalam pemaparan persiapan muktamar di Pesantren Mambaul Ma’arif Denanyar dan dipimpin langsung oleh Wagub Syaifullah Yusuf yang juga Ketua Panda (Panitia Daerah).

Sementara itu, Syaifullah Yusuf mengatakan persiapan panitia untuk setiap seksi atau bidang, mulai dari bidang keamanan, kesehatan, akomodasi, hingga konsumsi, sudah hampir 90 persen.

"Dari pengecekan yang kami lakukan hari ini, persiapan sudah mencapai 90 persen. Evaluasi dan pembenahan terus kami lakukan mengingat waktu yang semakin dekat. Makanya, sore ini Pak Kapolda, Pak Pangdam, dan Pak Gubernur kami ajak meninjau lokasi," ujar mantan Ketua PP GP Ansor itu.(nu.or.id)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home