Loading...
BUDAYA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 18:14 WIB | Selasa, 22 Oktober 2013

Tom Hanks Beraksi di Film Thriller, Captain Philips

Tom Hanks beraksi di film terbarunya, Captain Philips. (foto: etstop.com)

JAKARTA,SATUHARAPAN.COM – Captain Philips adalah film aksi thriller Amerika terbaru di tahun 2013 ini yang disutradarai oleh Paul Greengrass dan dibintangi oleh Tom Hanks dan Barkhad Abdi. Film ini adalah film biografi pedagang laut, Kapten Richard Philips yang disandera perompak Somalia di Samudra Hindia selama Maersk Alabama dalam pembajakan pada 2009 yang dipimpin Abduwali Muse.

Skenario film ini ditulis Billy Ray berdasarkan buku A Captain’s Duty: Somali Pirates, Navy SEALs, and Dangerous Days at Sea (2010) karya Richard Philips dengan Stephan Talty. Film ini diproduksi Scott Rudin, Dana Brunetti, dan Michael De Luca. Film ini telah dirilis pada 11 Oktober 2013 dan sebelumnya telah diputar di New York Film Festival 2013 pada 27 September 2013 lalu.

Sinopsis

Richard Philips (Tom Hanks) mengambil perintah dari MV Maersk Alabama di pelabuhan Oman dengan perintah untuk berlayar melalui Teluk Aden ke Mombasa. Waspada terhadap aktifitas bajak laut di lepas pantai Somalia, ia memerintahkan tindakan pengamanan di kapal. Selama masa pelatihan, Philips menyadari mereka mungkin dibajak oleh perompak Somalia yang berada di tiga perahu kecil tapi dia berhasil lepas dari mereka.

Para perompak itu kembali pada keesokan harinya dipimpin oleh Abduwali Muse (Barkhad Abdi) dalam perahu cepat. Meskipun Philips dan upaya terbaik dari kru-nya, empat bajak laut dapat naik dan mengambil kendali dari Maersk Alabama dan menangkap kapten, sementara sebagian besar kru kapal itu disandera di ruang mesin kapal.

Aksi di kapal tersebut sangat menegangkan dengan akhir yang tak terduga. Bagi anda yang suka dengan film-film Tom Hanks atau dengan film bergenre aksi triler, film ini patut diperhitungkan untuk ditonton.

Selain Tom Hanks dan Barkhad Abdi, film ini juga dibintangi oleh Catherine Keener yang berperan sebagai Andrea Philips.

Box Office

Pada 20 Oktober 2013, film Kapten Philips telah meraup sekitar US$ 53 juta (Rp 575 miliar) di Amerika Utara dan US$ 9,1 juta (Rp 98 miliar) dan total di negara lain sekitar US$ 62 juta (Rp 702 miliar).

Film ini menuai banyak pujian dari para kritikus film. Rata-rata mereka memberikan nilai mulai dari 8,4/10 dan menyatakan bahwa film ini kuat, cerdas, dan sangat intens. (wikipedia.com, filmlinc.com)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home