Google+
Loading...
MEDIA
Penulis: Reporter Satuharapan 08:43 WIB | Sabtu, 24 Juni 2017

Tutup Al Jazeera Masuk dalam 13 Tuntutan Negara-negara Arab ke Qatar

Suasana di stasiun televisi Al Jazeera. (Foto: Dok satuharapan.com/kcsb.org)

LONDON, SATUHARAPAN.COM – Empat negara Arab mengirim kepada Qatar daftar 13 tuntutan yang harus dipenuhi negara itu jika menginginkan mereka mencabut blokadenya, demikian laporan sejumlah kantor berita.

Arab Saudi, Mesir, Uni Emirat Arab, dan Bahrain, meminta agar Qatar menutup lembaga penyiarannya, Al Jazeera.

Mereka juga meminta Qatar mengurangi hubungan dengan Iran dan menutup sebuah pangkalan militer Turki, yang semuanya harus direalisasikan dalam waktu 10 hari.

Qatar sejak awal membantah mendanai terorisme dan mendorong adanya ketidakstabilan politik di wilayah regional.

Daftar tuntutan itu muncul setelah Qatar dikenai sanksi diplomatik dan ekonomi sejak lebih dari dua minggu lalu, yang menyebabkan adanya krisis di kawasan Teluk yang terburuk dalam beberapa dasawarsa.

Daftar tersebut diumumkan setelah Menteri Luar Negeri AS, Rex Tillerson, mendesak agar empat negara Arab itu melayangkan tuntutan yang "masuk akal dan dapat ditindaklanjuti" oleh Qatar.

Para wartawan mengatakan kemunculan daftar tuntutan itu tidak terlepas dari sikap frustrasi yang ditunjukkan Washington, yang berusaha menyelesaikan perselisihan tersebut, tetapi kemudian diambil oleh Arab Saudi dan negara-negara di sekitarnya untuk menunjukkan tuntutan mereka. (bbc.com)

Editor : Sotyati

Back to Home