Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 07:02 WIB | Rabu, 30 September 2020

UEA Akan Kirim Misi Tak Berawak ke Bulan Tahun 2024

Sarah Amiri, wakil manajer proyek misi Mars Uni Emirat Arab (UEA), berbicara tentang proyek diberi nama "Harapan," atau "al-Amal" dalam bahasa Arab, yang dijadwalkan untuk diluncurkan pada tahun 2020, saat upacara di Dubai, UEA hari Rabu (6/5/2020). (Foto: dok. AFP)

DUBAI, SATUHARAPAN.COM-Seorang pejabat tinggi di Uni Emirat Arab (UEA) mengatakan bahwa UEA berencana mengirim pesawat ruang angkasa tak berawak ke bulan pada tahun 2024.

Syekh Mohammed bin Rashid Al Maktoum, yang juga penguasa Dubai, mengeluarkan pengumuman itu di akun Twitter pada hari Selasa (29/9).

Pengumuman Sheikh Mohammed datang setelah peluncuran penyelidikan Mars awal tahun ini oleh UEA, sebuah negara yang kaya minyak di Semenanjung Arab.

Sheikh Mohammed mengatakan wahana penjelajah itu akan diberi nama “Rashid,” nama yang sama dari mendiang ayahnya, Sheikh Rashid bin Saeed Al Maktoum.

“Kami telah meluncurkan Misi Bulan Emirates, penjelajah bulan 100 persen buatan Emirat yang akan mendarat di permukaan bulan pada tahun 2024 di wilayah yang belum terjangkau oleh misi eksplorasi sebelumnya. Kami menamai penjelajah "Rashid" untuk menghormati orang yang mendorong kemajuan Dubai," kata Sheikh Mohammed.

Pesawat luar angkasa tak berawak akan melakukan perjalanan ke daerah di bulan yang belum dieksplorasi oleh misi sebelumnya. Dan proyek ini akan menempatkan UEA negara keempat di dunia yang berpartisipasi dalam misi eksplorasi bulan dan yang pertama di kawasan Arab, kata Sheikh Mohammed.

Pada Juli UEA meluncurkan misi penyelidikan ke Mars, misi pertama lainnya untuk wilayah tersebut. “Hope Probe” lepas landas dari Pusat Antariksa Tanegashima, Jepang, menandai awal dari perjalanan hampir 500 juta kilometer ke luar angkasa. (Al Arabiya/AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home