Loading...
INDONESIA
Penulis: Kartika Virgianti 17:13 WIB | Kamis, 13 Februari 2014

Universitas Negeri Padang Gelar Lomba Menulis Esai Tingkat Nasional

Ilustrasi menulis. (Foto: menuliskreatif.com)

PADANG, SATUHARAPAN.COM – Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang (BEM FIS UNP) bekerjasama dengan Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia menggelar Lomba Menulis Esai Tingkat Nasional 2014 untuk mahasiswa perguruan tinggi, yang dibuka sejak tanggal 13 Februari – 10 Maret 2014, berdasarkan siaran pers yang diterima satuharapan.com pada Kamis (13/2).

Naskah esai terbaik akan menerima hadiah antara lain,  Juara I uang tunai Rp 1.000.000 + piagam + tropi + Paket Buku, Juara II uang tunai Rp 750.000 + piagam + tropi + Paket Buku, dan Juara III uang tunai Rp 500.000 + piagam + tropi + Paket Buku. Karya dari 35 finalis terbaik akan diterbitkan dalam buku kumpulan esai terbaik.

Lomba ini terbuka untuk mahasiswa perguruan tinggi di seluruh Indonesia, baik mahasiswa D3 atau S1 yang masih aktif (dibuktikan dengan melampirkan Kartu Tanda Mahasiswa pada saat pengiriman naskah).

Tema yang telah ditentukan ada tiga yakni, Agama dan Pendidikan, Agama dan Pembangunan Ekonomi, serta Agama dan Politik. Peserta boleh mengirimkan lebih dari satu karya (maksimal dua karya).

Ketua BEM FIS UNP, Chandra Prawira Negara berharap lomba menulis esai ini dapat diikuti seluruh mahasiswa di Indonesia yang hobi menulis.

“Diharapkan akan lahir penulis-penulis muda Indonesia yang berpikir kritis dan berani menuangkan gagasannya lewat tulisan. Mari kita sukseskan bersama lomba ini,” ujar Chandra.

Panitia Lomba BEM FIS UNP, Alif Melky dan Khairatul Ukhti pada Rabu (12/2) menyebutkan, peserta dapat memilih salah satu tema dari tiga tema yang diperlombakan.

Sementara dewan juri lomba terdiri dari Dosen Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang dan Tim FAM Indonesia.

Lebih lanjut dijelaskan, nama penulis dan asal perguruan tinggi diletakkan antara judul dan naskah. Naskah esai berisi tiga bagian, yaitu pendahuluan (berisi latar persoalan dan identifikasi topik bahasan), isi (pembahasan dan analisis), dan konklusi (kesimpulan/ penutup). Ketiga bagian tersebut tidak harus disebutkan secara eksplisit.

Syarat dan ketentuan lainnya yaitu, panjang naskah esai minimal lima halaman dan maksimal tujuh halaman, diketik di kertas A4 menggunakan font Times New Roman 12, spasi 1,5. margin 4 cm kiri, 3 cm kanan, 3 cm bawah, dan 3 cm atas. Judul bebas, namun harus sesuai dengan tema pilihan lomba.

Berkas yang dikirim meliputi naskah esai dan lembar orisinalitas karya. Lembar orisinalitas yang dikirim via email, harus dipindai/scan dalam bentuk file JPEG/PDF.

Selain itu, peserta menuliskan biodata di halaman akhir (berbentuk narasi, maksimal 150 kata) disertai foto diri. Dan naskah dikirim melalui email paling lambat 10 Maret 2014 pukul 23.59 WIB ke email bemfiscerdas@gmail.com atau kerohanianbemfisunp@yahoo.co.id.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai lomba ini, calon peserta dapat menghubungi Panitia Lomba: BEM FIS UNP, Lantai 1 Dekanat FIS UNP, Jalan Prof. Dr. Hamka Air Tawar Padang, Sumatera Barat, atau bisa melalui email ke bemfiscerdas@gmail.com, dan kerohanianbemfisunp@yahoo.co.id.  Panitia lomba ini bisa dihubungi dengan kontak 085765200291 (Alif Melky), dan 083181614121 (Khairatul Ukhti).

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home