Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 14:07 WIB | Selasa, 17 Februari 2015

Untas: Timor Leste Masih Butuh Figur Xanana

Kay Rala Xanana Gusmao. (Foto: wikipedia.org)

KUPANG, SATUHARAPAN.COM - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Uni Timor Aswain --organisasi yang memayungi warga eks Timor Timur di Indonesia (Untas)-- Eurico Gutteres mengatakan Timor Leste masih membutuhkan figur seperti Xanana Gusmao untuk membangun negara yang baru merdeka itu.

"Xanana sendiri tidak secara tegas menjelaskan alasannya mundur dari Perdana Menteri Timor Leste. Tetapi terlepas dari alasan yang tidak jelas itu, mundurnya Xanana saya anggap belum tepat. Timor Leste masih butuh orang seperti dia (Xanana)," kata mantan Panglima Pasukan Pejuang Integrasi Timor Leste itu di Kupang, Selasa (17/2).

Menurut dia, Xanana adalah figur pemimpin pemersatu yang dianggap bisa menyelesaikan berbagai perselisihan. 

"Bahkan saya dengar, untuk urusan hak milik tanah saja, Xanana siap ikut campur. Jadi, Xanana itu pemimpin `top down`, siap campur tangan dari urusan publik sampai urusan privat. Xanana bisa hadir dalam masalah sepele sampai persoalan kenegaraan," katanya.

Dalam hal politik, Xanana cukup cerdik. Ketika partai-partai di Timor Leste sikut menyikut menghadapi Pemilu 2012, Xanana menciptakan Partai CNRT untuk mengimbangi dominasi Fretilin, sekaligus sebagai "pesawat" menuju pucuk kekuasaan Timor Leste, jika Fretilin tidak menyokongnya. 

"Terbukti, pada Pemilu 2012, Xanana menjadi Perdana Menteri Timor Leste melalui partai CNRT," katanya.

Menurut dia, Xanana juga pandai memilih teman. Setelah masa "pendudukan" multinasional berakhir di Timor Leste, Xanana merangkul Indonesia sekuat tenaga karena Xanana sadar bahwa di saat susah, pertolongan pertama selalu datang dari tetangga terdekat.

Pemimpin seperti itu belum muncul di Timor Leste. Pemimpin yang ada di Dili sekarang adalah "jagoan" bertengkar untuk mempertahankan eksistensi kelompok masing-masing. "Ini `rawan kecelakaan` bagi persatuan Timor Leste," katanya.

Selain itu, pemimpin yang tersisa sekarang adalah orang-orang yang selama ini rajin meneriakkan dendam kepada Indonesia. Sebagian dari mereka itu melihat Indonesia sebagai "tetangga jauh" atau musuh. Ini membahayakan hubungan persahabatan Indonesia-Timor Leste.

"Pola pikir seperti itu tentu tidak akan mampu mengangkat derajad Timor Leste sejajar dengan negara lain dalam pergaulan internasional, karena khalayak mereka masih melayang-layang di masa lalu," katanya.

Pelantikan PM Baru

Timor Leste pada Senin (16/2) melantik Perdana Menteri baru Rui Maria de Araujo menggantikan Xanana Gusmao. Araujo sebelumnya menjabat menteri kesehatan. 

Araujo dipilih sebagai perdana menteri setelah adanya kesepakatan antara Presiden Timor Leste Taur Matan Ruak dan partai-partai yang memiliki kursi di Parlemen untuk menciptakan Pemerintahan Keenam yang kuat dengan anggota kabinet yang ditunjuk dari banyak partai. 

Xanana Gusmao sendiri masih terlibat dalam pemerintahan pimpinan Araujo dengan menjabat sebagai Menteri Perencanaan dan Strategi investasi. (Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home