Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 08:06 WIB | Sabtu, 25 Februari 2017

136 Diplomat Turki Minta Suaka di Jerman

Ilustrasi: Pemerintah Turki di bawah Presiden Recep Tayyip Erdogan memecat ribuan pegawai negeri sipili pascakudeta yang gagal. (Foto: Dok satuharapan.com/AFP)

BERLIN, SATUHARAPAN.COM – Lebih dari 130 diplomat Turki, tentara, dan anggota keluarga mereka mencari perlindungan di Jerman sejak kudeta gagal Juli lalu, menurut data pemerintah Jerman dalam dokumen yang dilihat AFP pada Jumat (24/2).

“Pemerintah mengetahui ada 136 pengajuan suaka yang diajukan pemegang paspor diplomatik dari Turki. Mereka juga mencakup anggota keluarga,” kata Kementerian Dalam Negeri dalam balasan tertulis untuk pertanyaan dari seorang legislator.

Namun, kementerian mengatakan mereka tidak memiliki data mengenai berapa banyak di antara pelamar yang merupakan diplomat dan tentara yang ditempatkan di pangkalan NATO.

Pemerintah Presiden Recep Tayyip Erdogan menuduh ulama Fethullah Gulen yang tinggal di Amerika Serikat mendalangi kudeta itu, dan melakukan penindakan keras terhadap pengikutnya.

Sekitar 43.000 orang di Turki ditangkap atas dugaan keterlibatan mereka dalam gerakan Gulen, dan 100.000 lain dipecat atau diskors. Kebanyakan di antara mereka adalah guru, polisi, hakim, dan jurnalis.(AFP/Ant)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home