Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 13:22 WIB | Rabu, 01 Mei 2013

20 Tahun World Wide Web Tersedia bagi Publik

Fisikawan Tim Berners-Lee mengembangkan World Wide Web sebagai alat penting bagi Fisika Energi Tinggi di lembaga riset nuklir Eropa (CERN) dari 1989 sampai 1994. (Foto: Dok)

SATUHARAPAN.COM – Jutaan orang, bahkan mungkin miliaran orang di seluruh dunia sekarang terkoneksi oleh jaringan internet publik yang dikenal sebagai world wide web (www). Namun barangkali banyak yang melupakan bahwa pada 30 April kemarin merupakan ulang tahun ke-20  www tersedia bagi publik.

WWW dikembangkan oleh CERN, sebuah Organisasi Eropa untuk Penelitian Nuklir. Fisikawan lembaga riset tersebut, Tim Berners-Lee menciptakan web dan ketika itu mungkin belum mengira penemuannya akan memiliki dampak besar pada kehidupan manusia.

Pada 30 April 1993, CERN mengumumkan bahwa teknologi itu akan tersedia dengan bebas untuk publik. Voice of America menyebutkan bahwa teknologi ini menyebar bagaikan kebakaran yang liar, dan sekarang sulit membayangkan kehidupan manusia yang tidak dipengaruhi oleh Internet.

"Tidak ada sektor masyarakat yang belum bertransformasi karena teknologi yang ditemukan di laboratorium fisika tersebut," ujar Rolf Heuer, Direktur Jenderal CERN dalam pernyataan tertulis.

“Dari penelitian sampai bisnis dan pendidikan, web telah mengubah cara kita berkomunikasi, bekerja, berinovasi dan hidup. Web merupakan contoh dahsyat bagaimana penelitian dasar bermanfaat bagi kemanusiaan," katanya.

Web diciptakan oleh fisikawan Inggris Tim Berners-Lee di CERN pada 1989, dan awalnya dibuat sebagai metode bagi ahli fisika di seluruh dunia untuk berbagi informasi.

Sebelum web ditemukan, informasi dibagi melalui Internet lewat cara yang kurang mudah bagi pengguna, seperti WAIS dan Gopher. Berners-Lee kemudian mengembangkan perangkat lunak web dengan komputer NeXT, yang diciptakan oleh salah satu pendiri Apple, Steve Jobs.

CERN memperingati ulang tahun web dengan sebuah proyek untuk memperbaiki laman atau website pertama dan "melestarikan aset-aset digital yang terkait dengan kelahiran web."

CERN merupakan sebuah organisasi internasional yang bertujuan mengoperasikan laboratorium fisika partikel terbesar di dunia. Didirikan pada tahun 1954 dan berbasis di pinggiran kota barat laut Geneva di perbatasan antara Prancis dan Swiss.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home