Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 09:37 WIB | Selasa, 12 Januari 2016

23 Gelar Dicopot dari Bill Cosby

Bill Cosby dalam serial ''The Cosby Show.'' (Foto: Ist)

WASHINTON, SATUHARAPAN.COM – Ada 23 gelar dari perguruan tinggi yang diberikan pada Bill Cosby telah dibatalkan. Hal itu termasuk oleh Universitas George Washington, Amerika Serikat, yang menarik kembali gelar doktor kehormatan kepada komedian itu karena tuduhan penyerangan seksual yang dia lakukan.

Pihak universitas semula tidak menarik gelar berkaitan dengan kasus penyerangan seksual oleh Cosby, namun tuduhan telah membuat tekanan pada alumni dan mahasiswa, kata presiden universitas, Steven Knapp, hari Senin (11/1).

"Karena itu saya telah memutuskan bahwa universitas akan membatalkan gelar kehormatan Mr. Cosby ini," katanya dalam sebuah pernyataan di website perguruan tinggi itu.

Cosby, 78 tahun, dipersonifikasikan sebagai model pria berkeluarga dalam serial televisi "The Cosby Show," tahun 1980-an yang acaranya sangat digemari di AS dan negara lain. Dia didakwa di Pennsylvania pada bulan lalu atas tuduhan melakukan penyerangan seksual terhadap seorang perempuan setelah bermain dengan dia dan menggunakan obat dan alkohol pada tahun 2004.

Cosby dan pengacaranya telah mengakui terjadinya perselingkuhan, namun membantah tuduhan pelecehan seksual.

Surat kabar USA Today melaporkan pekan lalu bahwa sekitar 23 dari 60 perguruan tinggi telah dibatalkan gelar kehormatan untuk Cosby.

Anggota Kongres AS untuk Arizona, Paul Gosar, dari Partai Republik, dan beberapa rekan nya mengajukan untuk menuntut Cosby pada hari Jumat atas Medali Kepresidenan untuk Kebebasan yang diterimanya. Medali itu adalah penghargaan sipil tertinggi di AS.

Lebih dari 50 perempuan menuduh secara terbuka bintang komedi ini karena menyerang mereka secara seksual dalam insiden pada beberapa dekade.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home