Loading...
FOTO
Penulis: Kartika Virgianti 14:30 WIB | Rabu, 06 November 2013

5 Pasar Rakyat Diresmikan Jokowi di Pasar Manggis

5 Pasar Rakyat Diresmikan Jokowi di Pasar Manggis
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo berjabat tangan seusai peletakan batu pertama pembangunan lima pasar rakyat di Pasar Manggis, Jakarta, Rabu (6/11). (Foto: Antara)
5 Pasar Rakyat Diresmikan Jokowi di Pasar Manggis
Para pekerja sedang beristirahat. (Foto-foto: Kartika Virgianti)
5 Pasar Rakyat Diresmikan Jokowi di Pasar Manggis
Banner peresmian.
5 Pasar Rakyat Diresmikan Jokowi di Pasar Manggis
Jokowi di Balai Kota.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Peletakan batu pertama (groundbreaking) sebanyak lima Pasar Rakyat, diresmikan Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo pada Rabu (6/11), bertempat di Pasar Manggis, Setiabudi, Jakarta Selatan.

Sebelumnya pedagang harus membayar 100 sampai 300 juta per tahun, untuk biaya sewa gedung pasar. "Tahun ini kita akan mulai pola baru. Pasar diberikan kepada pedagang gratis. Semoga dengan dimulainya pembangunan ini, pasar-pasar yang lain juga mengikuti pola yang sama,"

"Dengan mengucap bismilahirohmannirohim pembangunan lima pasar pagi ini secara resmi saya mulai." tutur Jokowi yang disambut bunyi sirine tanda dimulai pembangunan kelima pasar rakyat tersebut.

Pembangunan kelima pasar rakyat tersebut mengeluarkan dana sebesar 50 miliar rupiah yang berasal dari CSR (corporate social responsibility), yakni diambil dari kompensasi pembangunan Pasar Benhil (Bendungan Hilir) oleh pihak ketiga atau pengembang PT. Kurnia Jaya Reality. Menurut Jokowi dana tersebut termasuk untuk membayar service charge, jadi pedagang tidak sewa kios, sehingga tidak membebani pedagang.

"Target kita manajemen pengelolaan pasar modern di pasar rakyat, sehingga tidak ada lagi bau, becek, dan lain-lain." kata Jokowi kepada awak media usai acara peresmian.

Pembangunan lima pasar rakyat yakni Pasar Manggis, Pasar Pesanggrahan, Pasar Kampung Duri, Pasar Nangka Bungur, dan Pasar Kebon Bawang bertujuan untuk mendukung program pemerintah dalam rangka penyediaan sarana dan tempat berjualan bagi pedagang ekonomi lemah dan penataan PKL di sekitar pasar yang disesuaikan daya tampung pasar.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home