Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 17:20 WIB | Selasa, 13 September 2016

6 Tingkat Jembatan Jamarat Cegah Desak-desakan Jemaah Haji

Pemandangan dari Jembatan Jamarat di Mina, Arab Saudi. (Foto: dari Saudi Gazette)

MEKAH, SATUHARAPAN.COM – Otoritas pembangunan Mekah dengan teknologi tinggi membagi jembatan untuk melempar jumrah di Mina menjadi enam tingkat sebagai upaya memastikan kelancaran arus jemaah dalam ritual melempar jumrah dan menghindari kecelakaan akibat desak-desakan.

"Langkah ini bertujuan mendistribusikan jemaah dengan berbagai tingkatan, bergantung pada jalan yang mereka ambil untuk mencapai tempat itu," kata Jalal Kaaki, juru bicara otoritas itu, yang mengawasi pengembangan kota suci Islam, Mekah.

"Ini akan membantu jemaah haji melakukan ritual melempar batu dengan mudah dan nyaman," kata Kaaki, seperti dikutip situs berita setempat, Saudi Gazette. "Ada ruang monitor di dalam kompleks Jamarat di mana perwakilan departemen pemerintah terkait bisa bertemu untuk meninjau masalah keamanan ibadah haji," katanya menambhakan.

Dia mengatakan semua pada enam tingkat disediakan pengatur suhu udara untuk mengurangi dampak terik matahari, selain penempatan keran air dingin di sepanjang jalur itu.

"Jembatan Jamarat dianggap sebagai salah satu projek besar yang dilaksanakan oleh pemerintah Arab Saudi, dan menghabiskan miliaran riyal untuk menjamin keamanan dan kenyamanan jemaah selama ritual rajam," kata Kaaki.

Pagar di sekitar jembatan Jamarat terbuat dari bahan khusus yang padat dengan spons terkompresi untuk memastikan keamanan para peziarah.

Daerah di bawah, yang merupakan tingkat pertama, disiapkan untuk delegasi resmi dan tamu negara. Tingkat kedua atau lantai dasar untuk jemaah yang tiba di Jamarat melalui Jalan Al-Jowhara No. 56 dan Jalan Souk Al-Arab No. 62. Lantai pertama, yang merupakan tingkat ketiga, untuk jemaah dari fasilitas pejalan kaki nomor satu , dan jalan nomor 116, 204, 206, serta Jalan Raja Fahd nomor 86.

Lantai kedua, tingkat empat, untuk jemaah yang datang dari Aziziya dan yang menggunakan shuttle bus dari Aziziya. Lantai ketiga atau tingkat kelima, melayani jemaah yang datang dari Shuaibeen, Muaisem dan Majral Kabsh. Lantai keempat atau tingkat keenam dirancang untuk jamaah yang tiba di Mina dengan kereta Mashaer dan Jalan jembatan King Abdul Aziz No. 38.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home