Loading...
RELIGI
Penulis: Endang Saputra 07:07 WIB | Kamis, 08 Oktober 2015

7,5 Ton Air Zamzam Dibongkar dari Koper Jemaah

Banner informasi larangan jenis barang tentengan yang tidak diperbolehkan dibawa ke kabin pesawat terpasang di tempat penimbangan barang di cargo garuda Madinatul Hujaj (7/10). (Foto: kemenag.go.id)

JEDDAH, SATUHARAPAN.COM — Sekitar 7,5 ton air zamzam jemaah haji Indonesia dibongkar dari koper mereka. Pembongkaran dilakukan setelah mesin pemindai x-ray di lokasi pemeriksaan barang di Madinatul Hujjaj, Jeddah, mendeteksi adanya kandungan air di dalam koper jemaah haji.

“Dari penerbangan Garuda  air zamzam yang dibongkar sekitar 5,8 ton, sedangkan dari penerbangan Saudi sekitar 1,7 ton,” kata Kepala Seksi Kedatangan dan Pemulangan Jemaah Daerah Kerja Bandara Jeddah-Madinah PPIH Arab Saudi Edayanti Dasril Munir di Jeddah, hari Selasa (6/10).

Edayanti mengatakan, pembongkaran air zamzam sangat masif pada lima hari pemulangan jemaah haji ke Tanah Air yang dimulai sejak hari Senin (28/9). Tercatat, seberat 6,7 ton zamzam jemaah haji yang dikeluarkan dari koper mereka.

Perinciannya, 5,2 ton dari penerbangan via maskapai Garuda Indonesia dan 1,5 ton dari penerbangan dengan maskapai Saudia Arabia. Menemukan fakta masih banyaknya jemaah haji yang berupaya membawa air zamzam di dalam tas, kata Edayanti, petugas PPIH Arab Saudi pun menggencarkan sosialisasi larangan membawa  air zamzam.

Petugas memastikan, setiap tas jemaah akan dibongkar apabila ditemukan air zamzam di dalamnya sekalipun hanya dalam kemasan botol kecil. Hasilnya, jemaah pun mulai menaati peraturan tersebut.

“Sejak Sabtu lalu sampai hari ini, sudah mulai soft. Tidak lagi banyak ditemukan  air zamzam, paling hanya tas saja,” kata dia.

Menurut Edayanti, di periode awal pemulangan, umumnya jemaah kelompok terbang asal embarkasi Jakarta (JKG) dan Solo (SOC) yang paling banyak membawa air zamzam dalam tas. Dalam satu kloternya, minimal 30 persen tas bawaan jemaah haji terdapat air zamzam.

Selama periode  hari Senin (28/9) sampai hari Jumat (2/10), ada 2,3 ton air zamzam yang dibongkar dari tas jemaah kloter JKG dan 1,7 ton  air zamzam dikeluarkan dari tas jemaah kloter SOC. Kondisi berbeda terlihat sejak tiga hari terakhir.

Jemaah kloter JKG dan SOC tak lagi banyak yang berspekulasi dengan aturan otoritas penerbangan sipil Arab Saudi (General Authority of Civil Aviation/GACA).

“Ini sekarang dari 360 koper jamaah haji satu kloter SOC cuma 14 koper yang ada zamzamnya, di JKG satu kloter cuma ditemukan empat koper masih ada zamzam. Sudah lebih taat jamaahnya,” katanya. (kemenag.go.id)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home