Loading...
INDONESIA
Penulis: Bayu Probo 16:04 WIB | Kamis, 20 Maret 2014

Aburizal: Sulit Larang Massa Kampanye Bawa Anak

Aburizal Bakrie pada waktu kampanye di Ciracas, Jakarta Timur, Rabu (19/3). (Foto: Martahan Sohuturon)

MEDAN, SATUHARAPAN.COM – Ketua Umum DPP Partai Golkar Aburizal Bakrie mengaku pihaknya kesulitan untuk melarang para kader dan simpatisan agar dalam setiap kegiatan kampanye sekarang ini tidak membawa anak-anak di bawah umur.

Sebelum kampanye akbar di Lapangan Merdeka Medan, Kamis (20/3), Ketua Umum DPP Partai Golkar Aburizal Bakrie (ARB) mengatakan, dalam kehidupan masyarakat selama ini, ada kondisi banyaknya keluarga yang tidak memiliki pembantu rumah tangga.

Di sisi lain, tidak sedikit keluarga tersebut yang ingin mengikuti kampanye terbuka yang dilaksanakan Partai Golkar untuk mendengarkan visi dan misi yang disampaikan juru kampanye.

Disebabkan ketiadaan pembantu tersebut, sebagian kader dan simpatisan Partai Golkar terpaksa harus membawa anak-anaknya yang masih di bawah umur untuk menyaksikan kampanye.

Karena itu, pihaknya sulit untuk memberikan sanksi yang tegas kepada para kader dan simpatisan yang harus membawa anak-anaknya untuk mengikuti kampanye.

“Meski melarang membawa anak dalam kampanye, sulit juga untuk ditindak,” katanya.

Sebelumnya, Ketua DPD Partai Golkar Sumut Ajib Shah mengatakan, untuk memberikan contoh yang baik dalam kampanye, pihaknya telah menyampaikan kepada seluruh caleg dan kader agar tidak menyertakan massa yang membawa anak di bawah umur.

Selain itu, pihaknya juga mengingatkan massa Partai Golkar untuk memberikan contoh yang positif seperti tidak menggunakan mobil dengan kap terbuka dan kewajiban penggunaan helm bagi pengendara sepeda motor.

Sementara itu, Pimpinan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumut Bidang Pengawasan dan Humas Aulia Andri mengatakan, keikutsertaan anak-anak di bawah umur tersebut sering dilakukan partai politik dalam kampanye.

Sesuai dengan ketentuan dalam Peraturan KPU nomor 15 tahun 2013, keikutsertaan anak-anak yang dikategorikan tidak memenuhi syarat dalam kampanye tersebut akan menjadi temuan disampaikan ke KPU.

“Jadi, nanti rekomendasinya akan disampaikan ke KPU. Sanksinya nanti tergantung KPU,” katanya. (Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home