Loading...
BUDAYA
Penulis: Dewasasri M Wardani 14:12 WIB | Jumat, 10 Maret 2017

Acara Akhir Pekan 11 - 12 Maret 2017

Mila Art Dance menggelar Pementasan Tari Tradisional Lukah Gilo di Galeri Indonesia Kaya di Grand Indonesia Shopping Town di Jakarta Pusat, pukul 15.00. (Foto: mulpix.com)

SATUHARAPAN.COM – Aneka acara seperti pertunjukan tari, teater, festival musik dan seni, dan dance competition, memeriahkan akhir pekan ini di Ibukota dan Yogyakarta.

Berikut acara pilihan Redaksi satuharapan.com, yang dapat menemani pencinta hiburan melewatkan akhir pekan bersama keluarga tercinta.

Sabtu, 11 Maret

Galeri Indonesia Kaya, pukul 15.00: Pementasan Tari Tradisional Lukah Gilo

Mila Art Dance menggelar Pementasan Tari Tradisional Lukah Gilo di Galeri Indonesia Kaya di Grand Indonesia Shopping Town di Jakarta Pusat, pukul 15.00.

Karya tari ini terinspirasi dari lukah gilo/lukah gila, yaitu tradisi di Riau tentang permainan mistis dengan menggunakan keranjang penangkap ikan dan mantra pemanggil arwah. Pada perkembangannya tradisi lukah gilo ini berubah menjadi kesenian rakyat yang menghibur. Sisi keunikan dan kesakralan lukah gilo/lukah gila terletak pada gerakan lukah akibat masuknya makhluk gaib ke dalam lukah yang telah diberi mantra oleh bomo (dukun).

Kebudayaan lukah gilo/lukah gila sampai saat ini masih terus digunakan masyarakat sebagai hiburan walaupun ini permainan magis. Munculnya kebudayaan lain seperti masuknya zapin tidak membuat hilangnya tradisi lama, sehingga kedua tradisi tersebut bisa saling beriringan hingga saat ini. Hal tersebut menginspirasi koreografer untuk menciptakan karya lukah gilo/lukah gila dan berharap masyarakat dapat melihat suatu kebudayaan yang sangat berbeda bisa saling beriringan.

Mila Art Dance adalah komunitas tari yang terdiri atas sekumpulan seniman wanita yang didirikan Mila Rosinta Totoatmojo pada tahun 2012. Mila Art Dance pada awalnya hanya terdiri atas 8 anggota dan saat ini sudah berkembang menjadi 22 anggota. Selain aktif dalam membuat pertunjukan, berkarya dan workshop, Mila Art Dance juga membentuk sekolah tari Mila Art Dance School untuk mengembangkan bakat dan kreativitas penikmat seni.

Bentara Budaya Jakarta, pukul 15.30: Kota-Harmoni, Cerita tentang Jakarta

Beranda Sastra, Bentara Budaya Jakarta, menggelar acara diskusi “Kota-Harmoni, Cerita tentang Jakarta”, pukul 15.30 - 17.30, dengan menghadirkan pemantik diskusi novelis Okky Madasari.

Jakarta kerap menjadi inspirasi pengarang dalam menciptakan karya. Beragam prosa ditulis, sebut saja di antaranya Pramoedya Ananta Toer dengan cerpen seputar Stasiun Gambir dan fragmen kehidupan Minke di Batavia dalam Tetralogi Buru, Ahmad Tohari dan Seno Gumira Ajidarma dalam aneka cerita pendeknya, serta tentu yang paling dikenang: kisah penduduk Jakarta yang dituturkan secara apik oleh Idrus pada cerpen berjudul Kota-Harmoni (1948).

Bagaimana kecenderungan karya prosais merespons kehidupan kota ini dari masa ke masa? Tentu akan menarik merunut perkembangan pilihan tematik pengarang atas kota Jakarta: dari Idrus yang merespons semangat perjuangan kemerdekaan, Pram yang mengemukakan napas kesejarahan, atau Seno Gumira, Ahmad Tohari, serta sederet nama penulis terkini yang menggambarkan dinamika urban, kemodernan, kemanusiaan, dan kebinekaan kota Jakarta. Selain merunut secara deskriptif karya-karya pengarang mana saja yang terinspirasi perihal Jakarta, Beranda Sastra kali ini juga mencoba menautkan peran kesusastraan terhadap dinamika Ibukota, di mana novelis dan esais Okky Madasari akan hadir sebagai pemantik diskusi.

Okky Madasari lahir di Magetan, 30 Oktober 1984, menulis lima novel antara lain: Entrok (2010), 86 (2011), Maryam (2012), Pasung Jiwa (2013), dan Kerumunan Terakhir (2016). Dia meraih Khatulistiwa Literary Award 2012, dan karya-karyanya sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris maupun Jerman.

Dia menamatkan studi sarjana bidang Ilmu Pengetahuan Politik di Universitas Gadjah Mada dan Magister Sosiologi di Universitas Indonesia. Okky juga aktif menulis esai-esai sosial-politik di beberapa media massa seperti Jawa Pos, The Jakarta Post dan lain-lain, di samping kerap diundang menghadiri festival sastra di Indonesia dan mancanegara.

Kuningan City Ballroom: Festival Musik dan Seni The 7Th Music Gallery

Kuningan City Ballroom di Jakarta Selatan menjadi ajang pertunjukan Festival Musik dan Seni The 7Th Music Gallery.

Badan Seni Otonom Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI mempersembahkan  Polka Wars, Seringai, The Trees and The Wild, Bedchamber,

Harga Tiket Masuk Rp88.000, Hub  Aldi (081318809370). Info: Kliring.co.id atau Gotix. @7thMusicGallery, www.the-musicgallery.com, http://www.kalenderevent.com/event/detail/polka-wars#sthash.mRWoZThc.dpuf

@america Pacific Place, pukul 19.00 – 20.30:  Pertunjukan Musik The Worlds Musical dari Mondo Gascaro

@america Pacific Place, Jakarta Selatan, pukul 19.00 – 20.30, menggelar  Pertunjukan Musik The Worlds Musical dari Mondo Gascaro.

Musikus Mondo Gascaro meluncurkan album fisik berjudul Rajakelana. Album ini merupakan awal babak baru dalam karier musiknya sebagai solo artis, seusai mundur dari band Sore. Kata “rajakelana” yang bermakna angin ini terinspirasi dari syair lagu Rayuan Pulau Kelapa karya Ismail Marzuki, dan dirasa mampu membalut jiwa album ini secara keseluruhan.

Album Rajakelana sangat spesial bagi Mondo Gascaro. Sepuluh nomor yang tersusun manis dalam album ini terdiri atas 4 lagu berbahasa Indonesia, 4 lagu berbahasa Inggris, serta 2 lagu instrumental.

Mondo Gascaro membalut album ini dengan nuansa sinematik lewat kehadiran strings section, dan harmonisasi vokal latar lewat aransmen khas. Dia juga mengeksplorasi dengan memasukkan instrumen gambang kulintang dan angklung towel pada beberapa track, serta alat musik petik asal Okinawa, Sanshin pada track Butiran Angin, memberikan rasa Asia dan eksotika pada album ini.

Teater Jakarta, TIM, Pukul 20.00:  Pementasan Teater Presiden Kita Tercinta Indonesia

Pentas teater “Presiden Kita Tercinta Indonesia” digelar di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki, pukul 20.00, Jumat (10/3) – Sabtu(11/3).

Lakon ini berkisah tentang sebuah negeri republik yang sedang dilanda isu makar. Presiden dinyatakan menghilang. Ini membuat suasana negeri menjadi mencemaskan. Rasa tidak aman mendera. Ada kabar menyatakan presiden ditahan dan diperlakukan tidak adil. Ada pula yang mengabarkan Presiden telah mati dieksekusi.

Dalam situasi seperti itu, aparat keamanan segera memutuskan mengadakan pemilihan presiden pengganti agar situasi negeri bisa terkendali. Keputusan aparat keamanan memunculkan reaksi baru. Banyak tokoh yang merasa paling pantas dan layak, ingin maju dalam pemilihan presiden pengganti. Seluruh rakyat diwajibkan ikut dalam pemilihan presiden yang diselenggarakan dengan cara seksama dan dalam tempo sesingkat-singkatnya itu.

Tim Kreatif: Butet Kartaredjasa, Agus Noor, Djaduk Ferianto; Sutradara: Agus Noor; Penata Musik: Arie Pekar; Pemusik: Jakarta Street Music: Penata Tari: Rita Dewi Saleh; Penari: IMove Project; Pemain: Cak Lontong, Akbar, Marwoto, Trio GAM (Gareng, Joned, Wisben), Yu Ningsih, Netta Kusuma Dewi, Pipien Putri, Sruti Respati, F. Nadira, Daniel Christianto, Budi Ros dan Joind Bayuwinanda.

Harga Tiket Masuk Utama Rp1.000.000, Platinum: Rp750.000, kelas 1: Rp500.000, kelas 2: Rp300.000, balkon: Rp200.000.

Informasi & Reservasi Tiket: Kayan Production & Communications 0838 9971 5725, 0856 9342 7788, 0813 1163 0001

 

Minggu 12 Maret

Galeri Indonesia Kaya, pukul 15.00: Pertunjukan Teater Tri Mbak Kentir

Regeneration Theatre menggelar Pertunjukan Teater “Tri Mbak Kentir” di Galeri Indonesia Kaya pada pukul 15.00. Cerita teater ini diawali dengan asal-usul tiga sahabat yang tinggal di satu kontrakan dengan latar belakang budaya dan keluarga berbeda-beda, namun yang menyatukan adalah mereka sama-sama berkecimpung di dunia malam.

Ketiganya adalah Sumarah yang berasal dari keluarga yang tidak mampu yang akhirnya memilih mengubah nasib di Jakarta, Marlina yang terjebak dengan tawaran pekerjaan dari orang yang tak dikenal, Momon yang adalah seorang banci yang lahir dari keluarga kaya, namun terjebak dalam dunia malam karena kurang perhatian dari sang ayah.

Suatu ketika Sumarah, Marlina, Momon bertemu dengan seorang pria, tanpa mereka ketahui kalau ternyata pria itu adalah pria yang sama-sama membuat mereka jatuh cinta. Kisah percintaan segiempat inilah yang akhirnya menjadi pemicu perpecahan persahabatan mereka. Hal ini adalah salah satu dari masalah yang harus mereka hadapi, hingga muncul banyak masalah, namun akhirnya membuat mereka lebih menyadari betapa penting persahabatan.

Regeneration Theatre hadir karena kecintaan akan seni teater. Rasa kegelisahan akan minat masyarakat terhadap seni teater dan kurangnya media ekspresi untuk berkarya dengan kebebasan berekspresi serta banyaknya pertentangan keras mewarnai munculnya Regeneration Theatre dengan berbagai macam pemikiran pada saat itu. Regeneration Theatre sebelumnya lebih dikenal dengan nama S’mas Regeneration yang dalam pemunculannya banyak sekali pro dan kontra. Kontroversi membangkitkan semangat kelompok ini untuk tetap eksis di dunia seni pertunjukan, dengan pemikiran apa pun tidak dapat mempengaruhi ruang kreativitas yang dimiliki komunitas ini.

Go!Wet Waterpark, Grand Wisata Bekasi: Kompetisi Fotografi 2017

Go!Wet Waterpark, Grand Wisata Bekasi, menggelar acara kompetisi fotografi. Biaya pendaftaran Rp 50.000, dan peserta mendapatkan fasilitas tiket masuk Wahana Go!Wet Waterpark dan voucher makanan.

Workshop oleh Yuliandi Kusuma (Editor in Chief Majalah Digital Camera Indonesia).

Hadiah Juara 1 Rp 1,500,000 + 2 Buah Voucher Go!Wet Waterpark + Gratis, Langganan Majalah Digital Camera Indonesia 1 tahun dan gratis langganan Kompas 2 bulan. Juara 2: Rp 1,000,000 + 2 Buah Voucher Go!Wet Waterpark + gratis langganan Majalah Digital Camera Indonesia 1 tahun dan gratis langganan Kompas 2 bulan. Juara 3: Rp 500,000 + 2 Buah Voucher Go!Wet Waterpark + gratis langganan Majalah Digital Camera Indonesia 6 bulan dan gratis langganan Kompas 2 bulan.

Balai Utari Yogyakarta, pukul 10.00 – 20.00: Dance Competition Jogja Korean Zone 2017

Balai Utari Yogyakarta menggelar Dance Competition Jogja Korean Zone 2017, pukul 10.00  – 20.00 WIB.

Ragam acara: Dance Cover Competition se-DIY & Jawa Tengah, Fan Meeting Guest Star, Performance Guest Star, Korean Traditional Dance, Indonesia Traditional Dance, Korean Food Bazar, Fun Game, dan Doorprize.

Guest Star: WTF dari Bandung, Luminous dari Bandung, Freaky Deaky dari Bandung, The Empire dari Thailand, Circus Dance Crew dari Yogyakarta.

Harga Tiket Masuk: VVIP  Rp150.00, Platinum Rp 50.000, Pendaftaran Dance Cover Competition: Sunbae Rp 100.000, Rookie Rp 80.000.

Info: 081804112434 / LINE : abdirudyyy (Abdi), DCC: 085740525818 / LINE : zhewe (Denta), Ticket: 081391398177 / LINE : gabriellacho (Gaby) Stand: 087738220751 / LINE : whdya93 (Widya); Info lanjut: http://www.kalenderevent.com/event/detail/jogja-korean-zone#sthash.8kryquAv.dpuf.

Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki: Pertunjukan Teater Next Door Magic Someday Project, SEP Theatre

Someday Project, SEP Theatre menggelar pertunjukan teater “Next Door Magic” di Graha Bhakti Budaya Taman Ismail Marzuki. Pada Sabtu (11/3) pertunjukan pertama Sabtu (11/3) pukul 15.00 dan pertunjukan kedua pukul 19.00, serta Minggu (12/3) pukul 15.00.

Chica Scarlettle, seorang gadis yang berambisi untuk bisa mengendalikan sihir, justru dikeluarkan dari kampus sihir yang menganggapnya tidak bisa sihir. Ia terpaksa harus kembali ke tempat asalnya, tempat sihir merupakan hal yang dilarang keras. Suatu saat, Chica dapat membuka aura sihirnya yang luar biasa dahsyat. Tetapi, ia masih harus belajar bagaimana mengendalikannya agar  bisa melindungi teman-temannya yang dalam bahaya. Dengan kemampuan Chica Scarlettle yang minim dalam mengendalikan sihir, apakah kekuatannya itu menjadi kawan atau lawan?

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi Web: www.sprojectph.com, IG : @SEPTheatre, Twitter : @SEP_ID, Facebook : SEPTheatre, Line@ : @kcb8125d (dengan @) We'll see you there!  Kami #dukungteater #SEPTheatre #TheSomedayProject #Theatre #Musical #DaystoNDM #NextDoorMagic

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home