Loading...
BUDAYA
Penulis: Dewasasri M Wardani 14:28 WIB | Jumat, 03 November 2017

Acara Akhir Pekan 4 – 5 November 2017

Ilustrasi. Flyer Goscinnyrix XL . (Foto: .ifi-id.com)

SATUHARAPAN.COM – Berbagai acara meramaikan  akhir pekan di awal bulan November ini. Di antaranya pertunjukan tari, pertunjukan orkestra, pentas musik rock. Bagi pencinta komik Asterix, akan ada perayaan mengenang Rene Goscinny, penulis Asterix, berupa pemutaran film dan lomba gambar. Selain itu, ada lomba menyusun lego, dan Japanese Film Festival (JFF) 2017. Bagi para penikmat kuliner, ada pula festival kuliner Surabaya.

Berikut acara pilihan Redaksi satuharapan.com, yang dapat menemani pencinta hiburan melewatkan akhir pekan bersama keluarga tercinta

Sabtu, 4 November

Galeri Indonesia Kaya, pukul 15.00 WIB, Pertunjukan Tarian Antara 3 (Tiga Karya Anak Nusantara) oleh Indonesian Dance Theatre

Antara 3, atau 3 Karya Anak Nusantara merupakan pertunjukan dari beberapa karya tari yang diciptakan oleh koreografer besutan Indonesian Dance Theatre. Dalam pementasan ini, para koreografer dengan latar belakang tari yang berbeda-beda akan membawakan karya tari yang mengusung warisan budaya Indonesia, serta menerjemahkan beberapa karya sastrawan Indonesia ke dalam pentas tari.

Indonesia Dance Theatre (IDT), adalah sebuah akademi dan institusi berbasis tari yang didirikan pada tahun 2015. Visi utama IDT memajukan seni tari di Indonesia hingga meraih panggug dunia. Dalam berkarya, IDT sangat terbuka untuk berkolaborasi, bereksperimen, dan berkreasi bersama-sama dengan pelaku seni lainnya sehingga dapat menghasilkan suatu karya yang berkualitas.

Ciputra Artpreneur Theater, Pertunjukan Orkestra Film Musikal La La Land.

Acara berlangsung pada Sabtu (4/11) – Minggu (5/11).

Pertunjukkan film musikal asli yang belum pernah ada sebelumnya melalui orkestra simfoni live.

Pemenang 6 Academy Awards termasuk Best Original Score dan Best Original Song, La La Land menceritakan tentang Mia (Emma Stone), aktris yang bercita-cita tinggi, dan Sebastian (Ryan Gosling), musisi jazz berdedikasi yang berjuang menggapai karier, bertemu di sebuah kota yang terkenal karena menghancurkan harapan dan menghancurkan hati. Berlatar belakang zaman modern Los Angeles, musikal orisinal tentang kehidupan sehari-hari ini mengeksplorasi kegembiraan dan kesedihan mengejar impian Anda.

Harga tiket: Diamond 2.750.000, Platinum 2.000.000, Gold 1.250.000, Silver 600.000 (termasuk pajak 15 persen & biaya adm 5 persen)

Beli tiket Anda di: www.tiketapasaja.com atau hubungi 0816 687 473

Untuk informasi lebih lanjut: www.rajawaliindonesia.com www.tiketapasaja.com

@america Pacific Place Jakarta, pukul 18.30 - 20.30 WIB, Pertunjukan Musik Rock Band Voodoo

Mari bergabung bersama @america dan band legendaris Voodoo yang akan menunjukkan hit klasik mereka, dan memberikan tribut kepada band-band metal Amerika sambil membagikan rahasia rock and roll mereka!

Lapangan Niffaro Park, Pasar Minggu, Jakarta, Jumat pukul 15.00-24.00 WIB, Sabtu pukul 10.00-24.00 WIB, Festival Kuliner Suroboyo

Jumlah penduduk asal Surabaya khususnya, dan Jawa Timur pada umumnya di wilayah Jabodetabek, cukup besar. Di Jakarta dan sekitarnya, warung, depot, ataupun restoran yang menyediakan makanan khas Surabaya/Jawa Timur cukup banyak. Namun, tentu saja tak ada yang kumpul dalam satu lokasi dengan beragam makanan/ minuman khas Surabaya/Jawa Timur.

Inilah yang menjadi salah satu alasan berbagai makanan dan minuman khas Surabaya dan Jawa Timur dikumpulkan dalam satu tempat dalam acara bertajuk Festival Kulier Surabaya. Acara ini digelar untuk memanjakan para penikmat makanan khas Surabaya dan Jawa Timur untuk cukup datang ke satu tempat, dan bisa mencoba berbagai macam menu yang tersedia.

Acara ini digelar berkolaborasi dengan Surabaya Community yang merupakan Paguyuban Warga Surabaya di Jabodetabek. Kegiatan ini juga mendapat dukungan dari Pemerintah Kota Surabaya, Karena akan menjadi ajang temu kangen Wali Kota Surabaya dengan warga Surabaya yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya.

Ojok salah rek, selain panganan selama festival, setiap malam akan ada penampilan baik dari artis ataupun komunitas seniman asal Surabaya dan Jawa Timur.

Harga Tiket Masuk: gratis

Info dan kontak: Telp: 081903088999, Facebook: Festival Kuliner Suroboyo, Instagram: @festivalkulinersuroboyo

Vermont Restaurant, Jalan Karangsari No 10, Bandung, Terrarium Workshop Bandung

Apa saja yang dipelajari, yakni pengenalan dasar mengenai terrarium, pengenalan dasar perbedaan kaktus dan sukulen, pemilihan media tanam yang baik, langkah-langkah merangkai tanaman di terrarium, belajar mendekor terrarium, cara merawat terrarium, hingga praktik membuat terrarium (saat di kelas workshop).

Peserta akan mendapatkan wadah kaca (terrarium), tanaman (kaktus, sukulen), dan dekorasi material (termasuk huruf scrabble “HOME” dari kayu), 1 miniatur tsum tsum (random karakter), Terrarium yang dibuat peserta bisa dibawa pulang (alat tidak di bawa pulang), juga panduan cara merawat terrarium, hardbox packaging, food & beverage dari Vermont Restaurant. *Alat & bahan disediakan oleh Luxeova Atelier.

Harga tiket masuk: Rp 500.000/orang.

Info dan kontak: Email: workshop@luxeova.com, Line@: @luxeova, Facebook: Luxeova Atelier, Instagram: @luxeova Website: luxeova.com

Sepanjang Jl Bendi Besar Kebayoran Lama Jakarta Selatan, Bendi Festval 2017

Acara berlangsung pada Sabtu (4/11) – Minggu (5/11).

Detail acara: Ziarah ke Makam Proklamator Bung Hatta, Festival Bendi Hias, Parade Sepeda Ontel, Festival Ondel Ondel, Gelar Budaya, Bazaar Rakyat

Info dan kontak:  Telp: 083806901642 (Ulan)

Perpustakaan Nasional, Jl Medan Merdeka Selatan No 11, Jakarta, Festival Dongeng Internasional Indonesia 2017

Acara berlangsung pada Sabtu (4/11) – Minggu (5/11).

Maraton dongeng terbuka, kelas dongeng, special show, bercerita, menari, menyanyi, membuat karya kerajinan tangan, tertawa bersama, bergembira bersama!

Menghadirkan: 7 pendongeng internasional, puluhan pendongeng nasional, belasan workshop menarik, musik anak, kriya, pameran buku anak, dan banyak lagi.

Simak terus kabar terkini/update tentang #FDII2017 di sosmed kami.

Info dan kontak: Facebook: Ayo Dongeng Indonesia, Twitter & Instagram: @ayodongeng_ind Website: ayodongengindonesia.com

Minggu, 5 November

Galeri Indonesia Kaya, pukul 15.00 WIB, Pertunjukan Untaian Tari dan Lagu Melayu oleh Sanggar Putih Melati

Pertunjukan dengan durasi 1 jam ini akan menampilkan untaian tari dan lagu Melayu, namun juga menampilkan suatu adat yang berlaku di Melayu seperti menyambut tamu dengan prosesi tari persembahan dan berbalas pantun.

Mengenalkan tradisi Melayu di kalangan masyarakat luas, melalui lagu-lagu Melayu yang penuh dengan petuah-petuah hidup, pantun yang dibalut sebagai cara komunikasi para anak muda, dan juga tarian pergaulan yang dulu sempat menjadi tarian wajib untuk para pemuda pemudi di Indonesia,yaitu Serampang Dua Belas.

IFI Thamrin Jalan MH Thamrin No 20, Jakarta Pusat, pukul 10.00 – 19.00,  Perayaan Goscinnyrix XL Mengenang Rene Goscinny Penulis Asterix

IFI merayakan 40 tahun meninggalnya Rene Goscinny, ilustrator dan penulis cerita jenius Asterix & Obelix, Le Petit Nicolas, Iznogoud, Lucky Luke, dan masih banyak lagi.

Setelah pendirian batu obelisk setinggi 6 meter di depan Stasiun Angouleme, perayaan festival di Cinematheque de Paris, dan pameran mengenang Rene Goscinny, kini giliran IFI Thamrin yang berubah rupa menjadi Taman Astérix dengan beragam suguhan hiburan: pemutaran film dan animasi, workshop menggambar dan mewarnai, berbagai lomba, kelas membuat ramuan ajaib, dan yang paling istimewa, kehadiran Madame Asterix, Ibu Rahartati Bambang Haryo, sang penerjemah komik legendaris.

Acara dimulai pukul 10.00 dengan pemutaran film Asterix le Gaulois dan pukul 14.00 film Mission Cleopatre. Puncak acara seremoni digelar pukul 16.00 - 17.00 dan ditutup dengan pemutaran film animasi Le Domaine des Dieux.

Yo ayo, para pencinta komik, tua dan muda, hadirilah acara bersejarah ini sebelum langit runtuh menimpa kepala kalian.

Gratis (tanpa reservasi).

Marketing Gallery Puri Mansion, Lomba Menyusun Lego Jakarta

Daftarkan anak-anak Anda segera untuk ikut Lomba Menyusun Lego, melatih kreativitas dan keberanian anak. Pendaftaran gratis…

Info dan kontak: 021-58358500, Kontak/WA : 0821 1012 2339

CGV Grand Indonesia, Jakarta, Japanese Film Festival (JFF) 2017 Jakarta

Ohayou gozaimasu! Mulai tanggal 2-7 November JFF 2017 akan hadir di Jakarta. Sebanyak 20 film dari beragam genre bisa kita tonton di layar lebar. Film-film yang akan ditayangkan pada festival ini adalah film-film pilihan terkini dari Jepang.

Harga tiket masuk: Rp.20.000 per pemutaran film

Sebanyak 20 film Jepang Terkini akan diputar selama festival berlangsung: The Long Excuse (17+),  Her Love Boils Bathwater (13+), Tora san of Goto (Semua Umur), ReLIFE (13+), Honnouji Hotel (13+), Survival Family (Semua Umur), Daytime Shooting Star (13+), My Uncle (13+), Before We Vanish (13+), Chibi Maruko-chan: A Boy From Italy (Semua Umur), Drowning Love (17+), A Story of Yonosuke (17+), Asian Three-Fold Mirror 2016: Reflections (17+), MUMON: The Land of Stealth (17+), Memoirs of a Murderer (17+), Harmonium (17+), Good Stripes (17+), My Neighbor Totoro (Semua Umur), Princess Mononoke (13+), Ponyo (Semua Umur).

Tiket dapat dibeli mulai 1 November 2017 di ticket box CGV Grand Indonesia (tunai/CGV Pay/Credit/Debit), website CGV.id; dan website lainnya yang terkoneksi dengan sistem tiket CGV seperti blibli.com, bookmyshow.com, JD.ID, dan mobile application seperti Go-Tix by Go-jek dan Goers. Pembelian di luar sistem CGV dikenakan biaya admin sesuai ketentuan masing-masing.

Informasi selengkapnya dapat dilihat di id.japanesefilmfest.org

Info dan kontak: Facebook: The Japan Foundation, Jakarta Twitter & Instagram: @JF_Jakarta, Website: id.japanesefilmfest.org

Metro Indah Mall, Lt Atrium Bandung, pukul 10.00 WIB-selesai, Lomba Mewarnai Anak Tingkat Taman Kanak-Kanak se Kota Bandung

Dalam rangka Hari Pahlawan nasional, yuk rame-rame ikutan Lomba Mewarnai Anak tingkat TKA se-Kota Bandung.  

Syarat: Kategori TK usia 4-5 Th, Registrasi Rp 35.000, Free Snack, Merchandise/Goddie Bag, Sertifikat all peserta

Juara mendapatkan: Piala 1,2,3,4,5, Piagam/Sertifikat all peserta, Uang Tunai total jutaan rupiah.

Info dan kontak: Telp 1: 085719160921 (Vivi).Telp 2: 08562022117 (Yaya). Telp 3: 089605707234 (O2V Production)

Oval Atrium – Ground Floor, Ciputra World Surabaya, Sneaker Week 2017

Tur Sneakerweek 2017, berlangsung di  Ciputra World Surabaya. Pada Jumat (3/11) – Minggu (5/11) di Oval Atrium - Lantai Dasar, Ciputra World Surabaya.

Lebih dari 30 penjual bergabung dengan pencinta sneakers dan merek terkenal seperti: Air Jordan, Vans x Thrasher, Nike Airmax, Hoodie ASSC dan banyak lagi.

Juga akan banyak kegiatan seperti: Pameran Sneaker & Streetwear, Sneaker Auctions, Pertunjukan artis, Talkshow, dan masih banyak lagi kegiatan

Datang dan bergabunglah dengan kegembiraan!!

Info dan kontak: Facebook: Ciputra World Surabaya, Twitter & Instagram: @ciputraworldsby, Website: ciputraworldsurabaya.com

Balai Soedjatmoko Solo, pukul 10.00 WIB Mengenang Any Asmara

Any Asmara merupakan nama pena dari Achmad Ngubeni Ranusastra Asmara. Ia merupakan seorang pengarang berbahasa Jawa yang cukup masyhur, salah satunya yang paling populer adalah Gerombolan Gagak Mataram. Balai Bahasa Yogyakarta mencatat sudah 70 judul novel dan 750 cerkak (cerita pendek), sebuah angka yang fantastis di zaman itu.

Pria kelahiran 13 Agustus 1913 tersebut disebut sebagai penanda angkatan dalam sejarah kesusastraan Jawa, yang kita kenal sebagai Angkatan Panglipur Wuyung. Menurut  George Quinn, karya-karya Any Asmara merupakan roman moralistik yang dibumbui berbagai peristiwa sensasional atau sadistis dan diwarnai dengan gelitikan erotis dan adi kodrati. Salah satu novelnya yang lain Tiga Putri Gangga bahkan sempat menyabet gelar novel terbaik Panjebar Semangat.

Di tengah krisis ekonomi  tahun 1960an, novel-novel Any Asmara laku keras. Di tengah kerasnya badai ekonomi, novel-novel tersebut menjawab kebutuhan masyarakat yang membutuhkan hiburan. Pada masa Orde Baru pemilik nama samaran Bu Mar dan Mbak Any ini sempat menerbitkan 20 judul novel. Sampai meninggalnya tahun 1990, Any Asmara menghabiskan masa tua di pinggiran kota Solo.

Selain beberapa akademisi sastra, tak ada lagi kini yang membincangkannya. Padahal sebagai pengarang yang telah menulis banyak karya seperti ini, sudah selayaknya Any Asmara tetap diperbincangkan oleh generasi-generasi sekarang.

 

 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home