Loading...
BUDAYA
Penulis: Dewasasri M Wardani 12:00 WIB | Jumat, 27 Oktober 2017

Acara Akhir Pekan 28 - 29 Oktober 2017

Ilutrasi. Pertunjukan teater Pensiunan karya Heru Kesawamurti (Alm.) oleh Teater Gandrik. (Foto: .indonesiakaya.com)

SATUHARAPAN.COM – Acara akhir pekan di akhir bulan Oktober ini akan diramaikan dengan berbagai acara, antara lain konser musik, pameran lukisan, pertunjukan teater, bazaar kuliner, juga festival belanja, pesta haloween, dan pesta paduan suara.

Berikut acara pilihan Redaksi satuharapan.com, yang dapat menemani pencinta hiburan melewatkan akhir pekan bersama keluarga tercinta.

Sabtu, 28 Oktober

Galeri Indonesia Kaya, pukul 15.00, Konser Musik Dualog - Bunyi Sunyi Terinspirasi dari Tokoh Muhammad Yamin

Chandra Satria, Dian HP, Rusmedie Agus, dan Titien Wattimena menghadirkan melodi indah kepada para penikmat seni.

Chandra Satria bukan orang baru di panggung musik Indonesia. Penyayi, pemeran teater, dan konsultan interior ini memulai kariernya di bidang seni musik sebagai penyanyi latar beberapa penyanyi Indonesia, seperti Chrisye, Krisdayanti, Vina Panduwinata, Titi DJ, Ruth Sahanaya, Titiek Puspa, dan beberapa penyanyi manca Negara, seperti Sheila Majid, Eric Bennet, dan banyak lagi.

Neo Soho Mall, Lt.4 Mezanine, Jakarta, pukul. 10.00-22.00 WIB, Bazaar Weekend Market in Wonderland

Neo Soho Mall mempersembahkan Weekend Market in Wonderland, pasar mode dan bazaar makanan dan berpeluang untuk mendapatkan goodie bag gratis untuk pelanggan yang beruntung.

Daftar acara: Food hunting with famous Food Bloggers, Face painting contest by PAC, Meet & greet with Jedar & El, Meet & greet with Nia Ramadhani, Talkshow & workshop with Ardian Maulana (ILAA founder).

Info dan kontak: Telp 1: 087888278677, Telp 2: 08569997086, Line@: @terapromo, Email: official.weekendmarketjkt@gmail.com, Instagram: @weekendmarketjkt

Summarecon Mal Kelapa Gading La Piazza Mall Kelapa Gading, Weekday 16.00 – 22.00, weekend 11.00 – 23.00, Jakarta Street Food Festival

Acara berlangsung pada Jumat (27/10) – Minggu (19/11).  

Nikmati menu lezat dari mancanegara dalam suasana Around The World, dengan daftar kuliner: King Mango, Salty Sam, Sik-Kii Salted Egg, Nasi Kebuli Syarifah, Om Dimsum, Western Hotdog, HoghockBlack Kebab Mie Hopeng, Kedai Korea, Cwie Mie Malang Regia, Cliff Noodl Bar, Otako, Sate Ayam Bintang Lima, Seblak Jeletet Murni, Tomio Yakitori, dan masih banyak lagi.

Hiburan: Cooking Demo, Acoustic Music

Info dan kontak: Facebook: Mal Kelapa Gading, Twitter & Instagram: @mkglapiazza, Website: malkelapagading.com

Sepanjang Jl Raya Mawar, Bintaro – Jakarta Selatan, pukul 09.00 – 22.00 WIB, Festival Pekan Kreasi dan Budaya Bintaro

Pekan Kreasi dan Budaya Bintaro adalah festival bazaar di tengah-tengah peemukiman massa. Dimerahkan oleh berbagai lomba, gelar budaya betawi serta bazaar multiproduk.

More info : Lestari – 0838.9134.0811 (hp/wa), 021 – 8430 7613 (office), https://arisipromoeobazaar.blogspot.co.id/. instagram : arisipromoeo

Grand Indonesia, Jl MH Thamrin No 1, Jakarta, Mid Season Mid Night Sale

Acara berlangsung pada Jumat (27/10) – Sabtu (28/10).

Bersiaplah untuk penjualan midnite mid-Season, penjualan hingga 70 persen di lebih dari 200 penyewa!

Info dan kontak: Telp: 021-23580001, Facebook: Grand Indonesia, Twitter & Instagram: @GrandIndo, Website: grand-indonesia.com

Trans Studio Mall, Bandung, Festival BelanjaThe B 16 Dream – 16th Trans Studio Mall Anniversary

TSM Bandung merayakan ulang tahun yang ke -16 dan berbagi banyak hadiah buat #tsmlovers. Jangan lewatkan juga Midnight Shopping dengan diskon up to 70 persen!

Info dan kontak: Telp: 8601.2000, Whatsapp: 0817.909.1010 Instagram: transstudiomallbandung

@america Pacific Place, Pukul. 14:30 WIB - 20:30 WIB, Pesta Haloween A Carnival of Fear

Bergabunglah dengan @america merayakan Halloween dalam "Carnival of Fear." Tonton pesulap melakukan trik paling menakutkan, lukis wajahmu, nikmati popcorn dan permen Halloween Amerika. Ada hadiah spesial untuk kostum Halloween terbaik.

 @america Pacific Place, Pukul.  19:00 WIB - 20:30 WIB, Pesta Haloween Spirits of the World

Bergabunglah bersama @america untuk bersenang-senang bersama Spirits of the World yang akan membuatmu kagum dengan sulap, misteri dan tawa untuk merayakan Halloween.

Balai Soedjatmoko Solo, Pukul. 19.30 WIB, Pertunjukan Musik Balada-balada #17

Performer: Sound Of Poems, Benang Merah, Ana Ratri Yoyok (Jogja), Ollen Sadda.

Balada-balada yang biasanya tampil di hari Minggu pada minggu kelima kali ini tampil di hari Sabtu. Pilihan tampil di hari Sabtu kali ini memang berbeda, karena tema kali ini tentang pemuda. Kata pemuda sendiri saat ini jarang dipakai, yang lebih sering diucapkan kata anak muda. Tema tentang pemuda atau anak muda dihadirkan untuk mengingatkan kita bahwa perubahan di negeri ini berawal dari mereka yang berjiwa muda atau berusia muda.

Secara kebetulan pada tanggal 28 Oktober mengingatkan kita pada peristiwa Sumpah Pemuda, yang waktu itu berhadapan dengan persoalan kolonialisme, tentu berbeda dengan tantangan anak muda sekarang yang berhadapan dengan berbagai persoalan kekinian seperti korupsi, intoleransi, dan menipisnya rasa saling menghargai antarindividu, dan antaranggota masyarakat yang lain. Itulah yang menjadi dasar tema musik Balada-Balada kali ini.

Bentara Budaya Bali, pukul 10.00 - 18.30 WITA, Pameran Lukisan Shadow Dance  III oleh Nyoman Erawan

Pameran berlangsung pada Minggu (29/10) – Senin (6/11).

Perupa Nyoman Erawan memang seniman “penggelisah“, terus bergerak mencipta serta menggali berbagai kemungkinan. Tak pernah terkungkung dan puas diri akan bentuk estetik atau tematik yang telah diraihnya. Peraih penghargaan pertama Phillips Morris Indonesia Award ini dinilai oleh sejumlah pengamat seni selalu berupaya menciptakan karya-karya yang berkualitas dan orisinal.

Nyoman Erawan lahir di Sukawati, Gianyar, 27 Mei 1958. Ia merupakan lulusan STSRI Yogyakarta. Pameran tunggalnya antara lain: Penciptaan dan Penghancuran, Natayu Contemporary Art Gallery, Sanur, Bali (1995), Pameran tunggal lukisan & instalasi Keindahan dalam Kehancuran, Komaneka Gallery, Ubud Bali (1999), Pameran tunggal lukisan di The Gallery, Chedi, Kedewatan, Bali (2000), Pameran tunggal Pralaya: Prosesi Kehancuran dan Kebangkitan, Gedung Bentara Budaya Jakarta (2003), Line and Body Language, Four Season Jimbaran (2004), Salvation of the Soul, Tony Raka Art Gallery (2012), Action & [re]action, ARMA Museum (2014), Emotive, Griya Santrian Gallery (2015), Shadow Dance I, Art Space Jakarta (2016), Shadow Dance II, Art Stage Jakarta (2017), dll.

Minggu, 29 Oktober

Galeri Indonesia Kaya, Pukul 15:00 WIB, Pertunjukkan Teater Pensiunan karya Heru Kesawamurti (Alm) oleh Teater Gandrik

Loket Kantor Pos di sebuah Kabupaten, tepatnya di bagian pengambilan uang pensiunan. Sejak pagi, tampak beberapa pensiunan pegawai pemerintah sedang antre. Meski jam operasional sudah menunjukkan waktunya buka, mereka belum juga bisa mengambil pensiunan, dikarenakan petugas loket belum juga datang.

Kisah beberapa tokoh dalam lakon teater yang berjudul Pensiunan menjadi latar belakang cerita ini yang dimainkan oleh Teater Gandrik. Teater Gandrik  merupakan kelompok teater Indonesia yang mengolah konsep dan bentuk teater tradisional dengan semangat panggung teater kontemporer.

Teater Gandrik dibentuk 34 tahun lalu di Yogyakarta, tanggal 12 September 1983. Dalam perjalanannya, periode 1980-1990 merupakan tahun-tahun produktif Teater Gandrik.  Teater Gandrik menyuguhkan tema-tema sosial yang berkembang dalam kehidupan sehari-hari, dengan menggunakan "guyon parikena", yaitu sindiran secara halus, seperti mengejek diri sendiri. Seni peran dengan gagasan Teater Gandrik ini, oleh beberapa kritikus, disebut sebagai estetika sampakan, di mana panggung menjadi medan permainan para aktor secara luwes, cair dan cenderung "memain-mainkan karakter", sehingga tak ada batasan yang jelas antara "aktor sebagai pemain" dengan "watak yang dimainkannya".

Pada tahun 1999, Teater Gandrik mendapatkan kesempatan mementaskan Brigade Maling di Monash University, Australia. Sebelumnya, pada tahun 1990 dan 1992, Teater Gandrik juga mementaskan lakon Dhemit dan Orde Tabung di Singapura.

Mangga Dua Square, Jakarta, Pesta Haloween Seito Trick or Treat Festival

Seito Trick or Treat Fest, merupakan acara kedua yang diselenggarakan oleh Komunitas Jepang Seito No Tochi yang pada acara kali ini dibalut dengan tema Halloween Party.

Daftar acara: Costreet CompetitionDance Cover Competition. Bazaar, Flashmob, Games, Halloween Costum Parade, Gathering Japan Community, Kenjutsu Performance, Free Cookies (bagi 100 orang pertama yang datang)

Selain itu acara ini nantinya akan dimeriahkan oleh penampilan Guest Stars, seperti DDM x Monolite, Annora Teen, Daisy, Hira Dazzle, Aoimusume, Rudy Chan serta Gunadarma Kenjutsu Club. Harga tiket masuk:  gratis

Info dan kontak: Telp: 087876960706 (Afril), Email: 6pmorganizer@gmail.com Facebook: Seishin no Tōchi 

Bentara Budaya Jakarta, Lomba Paduan Suara Anak Kategori TK dan SD

Acara berlangsung pada Kamis (26/10) – Sabtu (28/10).

Program Dendang Kencana ini diawali Workshop Cipta Lagu Anak, dengan pemateri ialah komposer, musisi dan produser musik Indonesia yang bereputasi internasional, Dian HP dan Caecilia Hardiarini yang merupakan Dosen Jurusan Seni Musik Universitas Negeri Jakarta.  

Selain Workshop Cipta Lagu, Workshop Musik, Vokal dan Gerak, program Dendang Kencana juga menghadirkan dengan Lomba Cipta Lagu Anak, diikuti 600 peserta se-Indonesia. Telah ditetapkan masing-masing 10 Lagu Pemenang tingkat TK dan SD. Lagu-lagu para juara ini dijadikan sebagai materi lomba paduan suara anak-anak tingkat TK dan SD di akhir tahun 2017.

Dendang Kencana awalnya diadakan oleh Penerbit Grasindo di tahun 1990 bersama pengarang lagu anak, AT Mahmud, dan diadakan kembali di tahun 1992. Sejak tahun 1993, Dendang Kencana diadakan setiap tahun hingga terakhir kali diadakan pada tahun 1996. Pada penyelenggaraan DK di tahun-tahun tersebut, AT Mahmud langsung terjun sebagai narasumber ahli dan juri lomba. Karya-karyanya pun diperlombakan di sana, termasuk lagu tema “Dendang Kencana“ yang beliau ciptakan dalam rangka menyambut pelaksanaan kegiatan ini.

Ciputra Artpreneur, Pameran Mercedes-Benz Star Expo 2017

Acara berlangsung pada Kamis (25/10) – Minggu (29/10)

Tahun ini Mercedes-Benz akan menampilkan lebih dari 30 mobil di Ciputra Artpreneur Gallery.

Seiring dengan perayaan ulang tahun ke-47 Mercedes-Benz Indonesia, Mercedes-Benz akan meluncurkan model terbaru mereka: GLC 200, GLE 400 AMG Line, GLS 400 AMG Line, dan untuk pertama kalinya di Indonesia, Mercedes-Benz S 450 L juga akan hadir. disajikan ke publik.

10 Mercedes-Benz juga akan tersedia untuk test drive. Mobil Compact Generasi Baru, Sedan, SUV, Mobil Impian, dan mobil berkinerja tinggi lainnya akan ditampilkan di AMG Corner, khusus untuk para pengunjung Star Expo 2017. 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Edu Fair
Back to Home