Loading...
BUDAYA
Penulis: Dewasasri M Wardani 07:00 WIB | Jumat, 04 Mei 2018

Acara Akhir Pekan 5 – 6 Mei 2018

Ilustrasi. Festival Teluk Jailolo, 2018 Maluku Utara (Foto: triptrus.com)

SATUHARAPAN.COM – Acara akhir pekan di awal bulan Mei ini, akan diramaikan antara lain,  konser musik, acara belajar seni lukis anak-anak di Museum Ciputra Artpreneur, Indonesia Outdoor Festival,  Pameran Transportasi IndoConsTech Expo 2018.

Selain itu, ada beberapa event di luar Ibu Kota yang menarik untuk disimak, antara lain Festival Teluk Jailolo, 2018 di Maluku Utara, Pameran Seni Artjog Enlightenment 2018 di Yogyakarta, Tour De Flores (TDF) 2018 di Flores Nusa Tenggara Timur, dan Aceh Culinary Festival 2018 .

Berikut acara pilihan Redaksi satuharapan.com, yang dapat menemani pencinta hiburan melewatkan akhir pekan bersama keluarga tercinta

Sabtu,  5 Mei

Galeri Indonesia Kaya,  Pukul 15.00 WIB, Konser Musik Indonesia dalam Cinta oleh Saxx in the City feat Georgie Tanasale

Indonesia dikenal dengan keanekaragaman budaya, agama, bahasa, kuliner hingga musiknya. Tetabuhan menjadi salah satu budaya Indonesia yang telah menjadi bagian dari hiburan untuk masyarakat Indonesia.

Grup musik Saxx In The City mengusung konsep berbeda untuk eksis di industri musik tanah air. Kuartet yang berdiri dua tahun lalu itu diisi oleh pemain saxophone handal, yakni Nicky Manuputty, Bayu Isman, Damez Nababan, dan Tommy Pratomo.

Saxx In The City berdiri untuk mengomersilkan musik instrument,  agar didengar lebih luas. Bukan hanya pecinta musik jazz tapi juga musik urban. Saxx in the City akan membawakan lagu-lagu cinta Indonesia. Menggabungkan musik modern seperti Saxophone dengan tetabuhan Indonesia, Saxx in the City akan berkolaborasi dengan Georgie Tanasale, pemain perkusi yang dikenal baik di Indonesia maupun mancanegara untuk menghadirkan musik yang unik, penuh cinta dan menghibur penikmat seni hanya di Galeri Indonesia Kaya.

Museum Ciputra Artpreneur, Sesi 1: 10.00 - 12.00, Sesi 2: 13.00 - 15.00 Akhir pekan di Museum: Program Bengkel Seni

Kembangkan kreativitas Anda dan bersenang-senang di museum melalui sesi pelatihan seni khusus kami!

String Bugs Magnet Kulkas | 3 - 6 Tahun

Anak-anak  usia  3-6 tahun akan menciptakan seni daur ulang "String Bugs" dan juga belajar mengasah keterampilan motorik halus mereka serta imajinasi mereka.

Terinspirasi oleh Jordan Grace Owens, anak-anak  usia 6 -12 tahun akan melatih  paper wayang model, mewarnai, memotong dan merakit kertas menjadi boneka bergerak.

Masking Tape Art | 6 tahun ke atas

Anak-anak usia 6 tahun ke atas akan membuat masking tape art lukisan dengan teknik sederhana: mulai dari merancang, menempel pada selotip, dan menjelajahi warna di kanvas.

Pada Sesi 2, Anak-anak  usia 3 – 6 tahun akan belajar cara membuat seni grafis dengan gambar sederhana dan membuat stempel polistiren untuk dicetak pada kotak pensil pribadi mereka.

Dalam workshop ini, anak-anak  usia 6 – 12 tahun, akan belajar proses tie-dye termasuk melipat, memutar, melipat, atau meremas kain dan mengikat dengan karet gelang, diikuti dengan aplikasi pewarna.

Anak-anak usia 5 tahun ke atas akan mengekspresikan diri menggunakan cat akrilik warna-warni dan pola sederhana pada berbagai bentuk topeng.

Biaya  Rp150.000, - per lokakarya ke BCA 502.032.1778 PT. Manajemen Citra Art.

Staf kami akan segera menghubungi Anda setelah formulir dikirimkan.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi 021 - 29 889 889 atau WhatsApp 081908647143.  Air minum akan disediakan.

Function Room, Gramedia Margonda Depok, Pukul  14.00-16.30 WIB, Workshop Bungakan Anggrek Dendrobium dan Phalaenopsis

Pembicara: Nurul Rusniawaty SE, Akt MSI (Praktisi berpengalaman dan pemilik Nungky Orchid)

Pendaftaran: Rp 100.000, Fasilitas : Buku Anggrek terbaru

Cara Pendaftaran : Format Pendaftaran : Nama_Instansi_no telp_email, Kirim ke CP yang tertera

More Information: Imelda 0812-1040-0098, Dian 0813-1603-4009

Hall B, Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Pukul 10.00 – 21.00 WIB,  Indonesia Outdoor Festival (INDOFEST) 2018

Acara berlangsung pada Kamis (3/5) – Minggu (6/5)

Indonesia outdoor festival (INDOFEST) 2018, adalah pameran outdoor dan petualangan terbesar dan pertama di Indonesia, yang diselenggarakan oleh COS Event, telah menarik puluhan ribu pengunjung setiap tahun. Merek domestik dan asing utama akan berkumpul di sini, datang dengan kegiatan yang penuh warna. Pastikan Anda adalah bagian dari pesta outdoor dan petualangan di Indonesia. Ratusan lebih brand dalam dan luar negeri, puluhan penyedia jasa wisata luar ruang & petualangan, puluhan Taman Nasional, puluhan komunitas, instansi dan asosiasi /federasi.

Pengisi acara: Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Geopark Indonesia, “Inews TV”, Thousand Miles “Trans 7”, Borneo Orangutan Survival Foundation, Tyo JP Survival, Medina Kamil, Dody Djohandjaya dll

Music Performance: Cozy Republic, Roby Navicula, Endah N Rhesa, Fiersa Besari Dll

 Activities: Friendly Run, Teackwall, Pump track, Archery, Koda Adventure Activities, Kids climbing, Treasure hunt, Pro Warrior Challenge, Flying fox, Bumerang, Speed cutting, dll.

ICE BSD City, Tangerang, Pameran Pembangunan Transportasi IndoConsTech Expo 2018

Acara berlangsung pada Rabu (2/5) – Minggu (6/5)

IndoConsTech 2018, adalah pameran dagang untuk pengembangan transportasi nasional.  IndoConsTech 2018 akan membawa konsep "Commuting Better, Connecting Faster" dan memiliki tujuan utama untuk menjadi platform one stop, bagi para profesional industri dan pemain kunci dari konstruksi global industri ke jaringan, dan memamerkan produk dan layanan terbaru mereka.

Sebagai pameran dagang terpadu yang didedikasikan untuk Pembangunan Jalan dan Pembangunan Jalan Raya di Indonesia, Indoconstech mengundang semua bagian industri konstruksi, mulai dari otoritas pemerintah, perusahaan milik negara, profesional, insinyur, arsitek, dan konsultan proyek untuk membentuk platform lengkap dalam mendukung percepatan dan mempromosikan kebijakan dan proyek pemerintah di bidang infrastruktur.

Pendaftaran online sekarang terbuka! Dapatkan semua akses dan manfaat gratis untuk menghadiri ICT 2018 melalui indoconstech.com.

Info dan kontak: Facebook: Pameran Teknologi Konstruksi Indonesia, Twitter: @indoconstech, Situs web: indoconstech.com

Activities: Friendly Run, Trackwall, Pump track, Archery, Koda Adventure Activities, Kids climbing,Treasure hunt, Pro Warrior Challenge, Flying fox, Boomerang, Speed cutting, and many others

OnlineTicket : bit.ly/2pH10Mj

Info dan kontak: Facebook: INDOFEST, Twitter: @INDOFEST2018, Instagram: @indofestofficial, Website: indo-fest.com

Sepanjang Jalan Raya Kemang, Jakarta Selatan,  Pukul: 08.00-22.00 WIB, Festival Palang Pintu ke 13 , Gelar Budaya 2018

Acara berlangsung pada Sabtu (5/5) – Minggu (6/5)

Agenda Tahunan DKI Jakarta tahun ke-13, yakni Pagelaran Budaya Betawi, Nusantara dan Internasional, Pencak Silat “Palang Pintu”, Bazaar Produk dan Kuliner Betawi, Bazaar Produk unggulan dan Kuliner Nusantara

Kegiatan ini, menjadi agenda tahunan yang paling ditunggu oleh warga jakarta khususnya warga kemang, dan selalu berhasil menyedot sedikitnya 25-35.000 pengunjung/hari,  selain pagelaran budaya juga sedikitnya 300 Stand Produk unggulan dan Kuliner.

Informasi lebih lanjut: PT. Kreatif Jakarta Indotama,Indocreative Expo Event Organizer, Telp/Wa: 0812-8007-9048, Klik, www.BazaarJakarta.com.

Diselenggarakan oleh: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Sanggar Manggar Kelapa, Kemang.

Grand Indonesia Exhibition Hall, Level 5 West Mall, Pukul: 11.00-21.00 WIB, Simply Pop Up Market “Urban Culture Festival”

Acara berlangsung pada Kamis (3/5) – Minggu (6/5)

Memanggil semua penyewa pakaian, non-pakaian, dan F & B untuk bergabung bersama kami dan memiliki kesempatan branding di acara ini. Pesan ruang Anda sekarang karena terbatas dan hanya merek terpilih yang dapat bergabung.

Info dan kontak: Facebook: @eventgarudaorganizer, Twitter & Instagram: @garudaorganizer, Situs web: www.garudaorganizer.com

Main Atrium Pluit Village Jakarta, Pukul: 10.00-22.00 WIB, Underwater Lagoon, Baby & Kids Bazaar at Pluit Village

Acara berlangsung pada Selasa (1/5) - Minggu (6/5)

Mari bergabung dengan acara luar biasa lainnya dari Bambee Event Organizer.

Akan ada kompetisi bayi & anak-anak, lokakarya anak-anak, dan penampilan sekolah dari Jumat hingga Minggu. Kami ingin mengundang Anda untuk bergabung dengan gerai kami sebagai penyewa.

Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi  WA : 0812-8017-4877, Insta : bambee.id

Sepanjang Jln. Raya Kranggan – Jatisampurna, Cibubur – Bekasi, Festival Jatisampurna 2018

Acara berlangsung pada Sabtu (5/5) - Minggu (6/5)

Program acara: Jalan Sehat, Fun Aerobic, Pameran Gemstone, Lomba Mewarnai, Lomba Menggambar, Parade Qausidah, Parade Marawis, Bazaar, Fashion Hijab, Pencak Silat, Lenong Betawi, Santunan Anak Yatim, Dan lainnya

Info booking stand: Gavriza Call / wa : 082311633597, Marketing Team Sumitro Call/wa : 082361550864, Kerjasama Event / Sponsor : Sumitro 082361550864

Teluk Jailolo, kepulauan di Kabupaten Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara, Festival Teluk Jailolo, 2018

Acara berlangsung pada Senin (30/4) – Sabtu (5/5)

Festival Teluk Jailolo adalah, perayaan yang meriah dari kehidupan dan budaya yang diselenggarakan setiap tahun di Kabupaten Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara.  Pesta rakyat ini sudah digelar sejak tahun 2009 dan menyajikan keindahan panorama alam dan alam bawah laut dan karya budaya masyarakat Halmahera Barat termasuk cita-rasa kulinernya. Festival yang biasa diselenggarakan selama sepekan ini selalu meriah.

Dalam perayaan ini, kita akan melihat kedekatan masyarakat Halmahera dengan alamnya yang menawan, misalnya dalam Pagelaran Seni Budaya Moloku Kie Raha. Moloku Kie Raha adalah suatu falsafah atau pedoman hidup masyarakat Maluku Utara tentang persatuan di antara empat kerajaan yang berdaulat di sana yaitu Jailolo, Bacan, Ternate, dan Tidore.

Masih termasuk dalam acara Moloku Kie Raha adalah, wisata petualangan yang mengajak para pengunjung berpetualang mengunjungi desa-desa di Halmahera Barat, termasuk diajak untuk mengenal berbagai rempah-rempah yang dihasilkan di sana dan mencicipi kuliner setempat.

Selain itu, masih ada satu lagi upacara adat masyarakat yang menyiratkan hubungan spiritual erat antara masyarakat setempat dengan alam sekitarnya yaitu Sigori Ngolo. Sigori Ngolo merupakan ritual bersih-bersih laut sebagai persembahan mereka kepada alam semesta yang telah membawa penghidupan kepadanya. 

Masih banyak lagi agenda yang digelar pada festival ini seperti lomba fotografi bawah laut dan menyelam. Puncak dari keseluruhan persta budaya ini adalah pentas Sasadu on the Sea. Sasadu sendiri adalah rumah adat masyarakat Halmahera Barat. Sasadu on the Sea merupakan panggung pertunjukan seni drama musikal kontemporer di laut yang memadukan unsur-unsur tarian tradisi, musik dan koreografi yang berakar dari kebudayaan Halmahera Barat.

Penyelenggara: Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Maluku Utara Jl. Pengabdian No. 1 Desa Jati Kecamatan Jailolo

Jogja National Museum Yogyakarta, Jl. Prof. Ki Amri Yahya No. 1, Gampingan, Wirobrajan, Pakuncen, Wirobrajan, Yogyakarta, pukul 10.00-21.00 WIB, Pameran Seni Artjog Enlightenment 2018

Acara berlangsung pada Jumat (4/5) – Selasa (5/6)

Pameran kesenian terbesar di Yogyakarta, Artjog kembali akan digelar.

Mengusung tema “Pencerahan – Menuju Berbagai Masa Depan” atau “Entlightment – Toward Various Futures”. Tema ini dimaknai lebih luas dari satu pengertiannya saja, diharapkan suatu tindakan pencerahan ini akan membawa siapapun yang terbelenggu dari kegelapan ke dalam terang. Seni, dalam hal ini, adalah alat yang digunakan untuk menghadirkan pencerahan dan harapan.

Pameran berskala internasional ini akan menghadirkan hasil karya seni para seniman dunia yang berasal dari beberapa negara dan benua.  Sebanyak 54 seniman yang terlibat di ARTJOG 2018-Enlightenment ini berasal dari dalam dan luar negeri. Beberapa di antaranya berasal dari Yogyakarta, Solo, Surabaya, Bandung, Jakarta, Los Angeles, New York, hingga New South Wales, Australia.

Harga tiket akan diberlakukan seharga Rp 50.000.

 Informasi lebih lanjut dapat melihat langsung di website artjog www.artjog.co.id atau lewat akun twitter @artjog, instagram dan facebook page @artjog.id.

Banda Aceh, Aceh, Aceh Culinary Festival 2018

Acara berlangsung pada Jumat (4/5) – Minggu (6/5)

Bagi Anda pecinta kuliner jangan lewatkan event yang sangat menarik sekaligus masuk dalam acara top 100 Wonderful Indonesia yaitu Aceh Culinary Festival (Festival Kuliner Aceh) 2018.

Aceh Culinary Festival, merupakan event festival kuliner bertaraf Internasional, yang diselenggarakan Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh. Akan ada 100 stand pameran yang terdiri dari peserta Internasional, Nasional dan Lokal yang memamerkan seribuan lebih menu makanan halal.

Selain menu-menu tradisional Aceh, festival juga memberikan sorotan khusus pada Fusion Food atau perkawinan citarasa Aceh, dengan berbagai jenis kuliner dari seluruh belahan dunia. Tercatat 36 tenant yang akan menawarkan inovasi menu Aceh di zona Fusion Food Market, zona dengan daya tampung terbesar di Aceh Culinary Festival tahun ini.

Di zona ini Anda bisa menikmati ragam inovasi rasa seperti Leughok Keju, Pie Asoe Kaya, Kimbap Sunti, Roti Canai Kuah Pliek U, Nasi goreng Kopi, Smoothie Bowl Pisang Thok, Sushi Engkot Tumeh, Klapertart Boh Nipah, Turn Over Keumamah, dan bermacam kelezatan lainnya.

Selanjutnya terdapat 30 tenant khas Aceh di Zona Aceh Traditional Market, 12 tenant yang menyajikan penganan khas Nusantara di Zona Nusantara Delight, 12 tenant kopi, coklat dan minuman segar, 10 tenant jajanan kekinian, serta 12 tenant asosiasi, komunitas hobi dan pemerhati kuliner.

Pengunjung yang ingin menikmati berbagai rasa khas jajanan nusantara dan dunia bisa mengunjungi zona food truck festival di lokasi acara. Berbagai hidangan tradisional dan internasional dari negara lain, seperti Malaysia, Jepang, Thailand, Turki dan Italia, juga dipamerkan di acara tersebut.

Minggu 6 Mei

Galeri Indonesia Kaya,  Pukul 15.00 WIB, Pertunjukkan Musik Guitar X Kendang oleh Tohpati dan Endang Ramdan

Duo kolaborasi gitar dan alat musik tradisional sunda, yaitu kendang,  yang akan membawakan beberapa lagu dari album Tohpati dan lagu daerah Indonesia dengan sentuhan jazz dan ethnic.

Tohpati mulai bermain gitar klasik dari umur 11 tahun, dan memulai karier bermusiknya sejak duduk di bangku SMP kelas 3, bergabung dengan Splash Band (Didi AGP, Dian HP, Ubiet, Yoyo dan Cendy Luntungan). Di tahun 1988 bergabung dengan Halmahera band mengisi sebuah acara TV yaitu Gita Remaja dan menghasilkan 2 album. Berjalan dengan waktu Tohpati sempat menjadi session player di Twilight Orchestra dan Erwin Gutawa Orchestra. Pernah bergabung dengan band Simak Dialog dan membentuk band Tohpati Ethnomission, serta Tohpati Bertiga yang aktif sampai sekarang. Tohpati sampai saat ini sudah mempunyai album solo sebanyak 12 album.

Sebagai Music Director Tohpati Orchestra, ia juga menelurkan karya dari beberapa konser besar di JCC yaitu Konser Titi Dj (2005), Konser Sheila Majid (2016), Nostalgia SMA (2016), Konser Rossa (2017), disamping juga menjadi music director di acara televisi dan acara gathering perusahan. Tahun 2016 bersama Dewa Budjana membuat album duo gitar yang dilengkapi dengan Orchestra di Praha (Czech Symphony Orcestra dan Budapest Scoring Orchetra). Tohpati juga 10 kali mendapat Anugerah Musik Indonesia (AMI Award).

Endang Ramdan lahir di Bandung, 11 September 1977. Belajar kendang sejak kelas 4 SD belajar secara otodidak. Dan belajar kendang secara formal di SMKI (Sekolah Menengah Karawitan Indonesia) di Bandung. Pernah bergabung dengan bank Simak Dialog, dan yang aktif sampai sekarang adalah Tohpati Ethnomission. Pengalaman bermusik meliputi Tong Tong Festival in Den Haag th 2010 dan Virada Cultural in Brazil 2011.

Bentara Budaya Bali, Pukul 18.00 WITA, Oleh-Oleh Europalia Road to Indonesiana

Ditjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI bekerjasama dengan Bentara Budaya Bali,  mengadakan Timbang Pandang seputar festival Europalia – Indonesia, dialog budaya seturut pertanyaan di atas -- sebentuk oleh-oleh sekaligus bekal, menuju Program Indonesiana mendatang. Sebagai narasumber yakni Nyak “Ubiet“ Ina Raseuki, Wicaksono Adi, Sang Nyoman Arsa Wijaya dan Sri Hartini ( Koordinator Europalia – Indonesia).

Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur , Tour De Flores (TDF) 2018

Acara berlangsung pada Minggu (6/5) – Rabu (16/5)

Setelah sukses menyelenggarakan Tour De Flores tahun lalu, tahun ini Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur dan didukung sepenuhnya Kementerian Pariwisata akan kembali  menggelar Tour De Flores (TDF) 2018.

Tour de Flores adalah kejuaraan balap sepeda jalan di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur, dan berlangsung selama beberapa hari sebagai agenda resmi UCI Asia Tour class. Acara olahraga tahunan sudah dimulai di Larantuka dan berakhir di Labuan Bajo dengan jarak tempuh lebih dari 700 kilometer dalam 5 etape selama sepuluh hari.

Tahun ini Tour de Flores (TdF) akan menempuh jarak sepanjang 743 km dengan beberapa etape, dari Larantuka di Flores Timur sampai Labuan Bajo di Manggarai Barat. Sebagai kompetisi berskala dunia, tentu saja selalu ada puluhan tim yang berpartisipasi dari berbagai negara, termasuk Indonesia.

Tour de Flores bertempat di Pulau Flores, yang menyajikan acara olah raga kelas dunia sambil menikmati keindahan pulau eksotis di sepanjang pantai yang spektakuler, heterogenitas etnisitas, budaya, tradisi megalitik, bahasa, agama, fauna langka Komodo (Varanus romodoensis dan Varanus riungensis), Danau Kelimutu, Pink Beach dan lain-lain.

Tour de Flores tahun yang lalu melewati jalur jalan sepanjang lebih dari 660 kilometer dalam enam tahap. Tahap 1 adalah Larantuka - Maumere, Tahap 2 Maumere - Ende, Tahap 3 Ende - Bajawa, Tahap 4 Bajawa - Borong, Tahap 5 Borong - Ruteng dan Tahap 6 Ruteng - Labuan Bajo.

Trek balap melewati pantai utara, pegunungan dan pantai selatan. Jalanannya berkelok-kelok sehingga pengendara dan pengunjung bisa melihat pemandangan alam.  

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home