Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 15:51 WIB | Jumat, 18 Desember 2015

Aceh Tuan Rumah Perkemahan Ilmiah Remaja

Ilustrasi: pelajar sedang melakukan penelitian di laboratorium. (Foto: lipi.go.id)

ACEH, SATUHARAPAN.COM -  Pemerintah Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam menyatakan kesiapannya untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional (PIRN) bersama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pada tahun 2017. Hal itu mengemuka dalam pertemuan jajaran Dinas Pendidikan Provinsi Aceh dengan Tim LIPI pada 11 Desember lalu, di Aceh.

Dalam pertemuan tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Aceh, Hasanuddin Darjo, menyambut baik tawaran LIPI sebagai tuan rumah PIRN. “Ini perlu persiapan yang serius dan belajar dari pengalaman daerah lain yang pernah sebagai penyelenggara PIRN. Namun, kami tentu siap untuk menjadi tuan rumah PIRN tahun 2017,” katanya.

Kepala Bagian Bina Ilmiah Masyarakat, Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI, Yusuar, menyambut positif antusias Pemerintah Provinsi Aceh. Ia pun menjelaskan, inti kegiatan PIRN adalah pengajaran bagi siswa terkait penelitian, mulai dari pengenalan hingga melakukan riset sederhana.

Yusuar melanjutkan, pelaksanaan PIRN yang diikuti oleh ratusan pelajar SMP dan SMA dari berbagai provinsi itu dilakukan selama satu minggu. Mengenai topik, Yusuar mengatakan, menyesuaikan dengan kondisi atau permintaan daerah. “Untuk guru pendamping, juga akan diberikan pelatihan dalam hal penulisan Penelitian Tindakan Kelas (PTK),” katanya.

Dikatakannya, pelaksanaan PIRN yang rencananya diselenggarakan di Aceh, tentu akan pula mengangkat nama Aceh lebih baik lagi, terutama bagi generasi muda dari seluruh Indonesia.

Sementara untuk tindak lanjut penyelenggaraan PIRN, Pemrov Aceh bersama LIPI telah menyepakati untuk segera menyusun Nota Kesepahaman sebagai payung pelaksanaannya. (lipi.go.id)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home