Loading...
EKONOMI
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 13:31 WIB | Rabu, 23 September 2015

ADB: Kesetaraan Gender Mendongkrak Penghasilan Ekonomi

Ilustrasi. Sejumlah isu-isu perempuan yang menghambat perempuan untuk berkarya atau bekerja diambil dari kegiatan Sekolah Perempuan di Bidara Cina Jakarta Timur. (Foto: Dok. satuharapan.com/ Diah A.R)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Bank Pembangunan Asia (ADB) menyatakan bahwa kesetaraan gender dinilai dapat meningkatkan pendapatan secara finansial. Bahkan, dengan mengizinkan perempuan untuk bekerja dan menjadi lebih produktif akan bermanfaat pada tingkat sosio-ekonomi negara-negara Asia.

"Baik kaum laki-laki maupun perempuan Asia telah memperoleh manfaat yang sangat besar dari pesatnya pertumbuhan di kawasan tersebut," kata Ekonom Utama ADB, Shang Jin Wei, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa (22/9).

Wei menilai upaya untuk menutup dan mempersempit kesenjangan gender di Asia seperti dalam hal tingkat pengupahan dan partisipasi tenaga kerja dinilai masih terus berlangsung.

Menurutnya, memperkuat posisi perempuan dalam pasar tenaga kerja tidak hanya terkait permasalahan keadilan sosial tetapi juga akan berdampak pada memaksimalkan efisiensi ekonomi.

"Dengan mengeliminasi seluruh disparitas gender dapat mengoptimalkan potensi perempuan secara penuh," katanya.

Kemudian, langkah tersebut dapat membuat negara-negara di kawasan Asia dan Pasifik meningkatkan penghasilan sebanyak 30 persen dalam jangka waktu satu generasi mendatang.

Berdasarkan data ADB, partisipasi kaum perempuan di pasar tenaga kerja Asia menurun dari sebanyak 56 persen pada tahun 1990 menjadi hanya sebesar 49 persen pada 2013.

Hal itu adalah dampak dari beragam hambatan seperti besarnya tenaga yang dihabiskan untuk rumah tangga dan mengurus anak serta manula, bias budaya, pelatihan pekerjaan yang terbatas, serta rintangan kelembagaan dan legal. (Ant)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home