Loading...
EKONOMI
Penulis: Bob H. Simbolon 17:21 WIB | Kamis, 18 Februari 2016

Adhi Karya Ingin Jadi Penyedia Sarana Kereta Api Ringan

Direktur Utama Adhi Karya Kiswodarmawan (Foto Dok Satuharapan.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Direktur Utama Adhi Karya Kiswodarmawan mengatakan, pihaknya meminta kepada pemerintah unuk menjadi penyedia dan operator sarana angkutan massal berbasis rel, kereta api ringan (Light Rail Transit /LRT) dan siap menggelontorkan dana senilai Rp9 triliun atau 30 persen dari total kebutuhan investasi. 

"Besarannya saya terserah pemerintah. Ini hanya agar tanggung jawab saya menyediakan prasarana dapat sinkron," kata dia di Kantor Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta pada hari Kamis (18/2).

Dia mengatakan, alasannya dalam meminta kepada Pemerintah ingin turut membangun sarana, agar dapat memudahkan ruang gerak perseroan dalam membangun prasarana. 

Adhi Karya sebelumnya sudah ditugaskan pemerintah untuk membangun prasarana LRT sesuai Peraturan Presiden (Perpres) No. 98/2015 tentang Percepatan Penyelenggaraan Kereta Api Ringan/Light Rail Transit.

Prasarana LRT meliputi jalur, stasiun dan fasilitas operasi kereta api. Sedangkan, sarana kereta api adalah rangkaian kereta itu sendiri, termasuk pemeliharaannya.

Proyek LRT Jabodetabek mencakup beberapa rute yakni Cawang-Cibubur, Cawang-Kuningan-Dukuh Atas, rute Cawang-Bekasi Timur, rute Dukuh Atas-Palmerah-Senayan, rute Cibubur-Bogor; dan rute Palmerah-Bogor. Lintas pelayanan dapat ditambah melalui persetujuan Menteri Perhubungan. 

Untuk prasarana LRT yang dibangun Adhi Karya akan dibayar pemerintah sebagai bentuk pengalihan aset dari BUMN ke negara. Pembayaran dilakukan bertahap dan dialokasikan dalam pagu belanja Kementerian Perhubungan.

Secara rinci, untuk prasarana LRT yang dikerjakan Adhi Karya, dibagi dua tahap dengan jarak sepanjang 83,6 kilometer (km).

Tahap pertama meliputi ruas Cibubur-Cawang, Bekasi Timur-Cawang, Cawang-Dukuh Atas sepanjang 42,1 km. Total biaya pembangunan tahap I ini mencapai Rp 23,8 triliun. 

Sedangkan pada tahap kedua terdiri dari Cibubur-Bogor, Dukuh Atas-Palmerah-Senayan, dan Palmerah-Grogol sepanjang 41,5 km. (Ant)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home