Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 07:59 WIB | Jumat, 24 Juni 2022

Afghanistan: Kelangkaan Peralatan Berat Hambat Evakuasi Korban Gempa

Penduduk desa, bersama dengan petugas penyelamat, memeriksa tingkat kerusakan, setelah gempa bumi, di distrik Bernal, Provinsi Paktika, Afghanistan, 23 Juni 2022. (Foto: AFP)

KABUL, SATUHARAPAN.COM-Tim penyelamat di Afghanistan timur melanjutkan upaya bantuan pada hari Kamis (23/6) untuk membantu mereka yang selamat dari gempa bumi mematikan yang menurut angka resmi menewaskan sedikitnya 1.000 orang di wilayah pegunungan.

Gempa berkekuatan 6,1 melanda daerah provinsi Paktika dan Khost yang berdekatan dengan Pakistan pada hari Selasa malam, meratakan rumah-rumah saat orang-orang tidur di dalamnya.

Paktika terkena dampak terburuk, dengan para pejabat memperkirakan bahwa lebih dari 1.000 orang tewas dan lebih dari 1.500 terluka di distrik Gayan dan Barmal di provinsi itu saja.

Tingkat kerusakan di desa-desa yang terletak di pegunungan lambat mendapat pertolongan, karena upaya pencarian dan penyelamatan terhambat oleh hujan lebat dan konektivitas yang buruk di daerah yang terkena dampak. 

Tim Program Pangan Dunia PBB yang dikerahkan untuk mengirimkan pasokan darurat memperkirakan bahwa lebih dari 70 persen rumah di daerah yang paling parah dilanda telah hancur.

“Seluruh area terlihat seperti kamp terbuka,” kata Qais Mohammad Muslim, seorang pekerja bantuan yang tiba di distrik Gayan. “Orang-orang tidak memiliki tempat berlindung dan tidak ada makanan untuk dimakan. Bantuan (yang mencapai) daerah sejauh ini sedikit dan tidak mencukupi.”

Abdul Qudos, warga Paktika, mengaku belum pernah mengalami gempa sedahsyat dan destruktif itu.

“Seluruh desa ambruk di tanah di distrik Barmal dan Gayan. Ada keluarga yang kehilangan semua anggotanya,” katanya. “Kami harus melakukan segala kemungkinan untuk membantu mereka. Komunitas internasional harus memberikan bantuan mendesak untuk menghindari kerusakan dan kerugian lebih lanjut.”

Tanggapannya rumit karena penyelamat bekerja tanpa alat berat dan dukungan medis yang layak, setelah banyak organisasi menarik diri dari negara yang bergantung pada bantuan itu ketika Taliban merebut kekuasaan Agustus lalu.

Setelah seruan pemerintah Taliban untuk bantuan asing, juru bicara utamanya Zabihullah Mujahid mengatakan pada hari Kamis bahwa pesawat dengan bantuan telah tiba dari Qatar dan Iran, dan truk dengan makanan mencapai Paktika melalui jalan darat dari Pakistan. Tetapi lebih banyak bantuan diperlukan.

Naeem Hakim dari kelompok bantuan Afghanistan Ehsas Kesejahteraan dan Organisasi Layanan Sosial, yang tiba di Paktika pada hari Rabu, mengatakan rumah sakit setempat sedang berjuang untuk merawat yang terluka.

“Ada kebutuhan mendesak akan darah (untuk) yang terluka parah dan obat-obatan,” katanya dikutip Arab News.“Enam ratus hingga 700 orang yang terluka telah dibawa ke rumah sakit terdekat di distrik Urgun sejak kemarin. Sekitar 200 masih ada sampai sekarang. Yang lebih serius dipindahkan ke rumah sakit militer di ibu kota provinsi Sharana, rumah sakit provinsi dan rumah sakit di Gardez dan Ghazni.”

Gempa itu adalah yang paling mematikan di Afghanistan sejak 1998, ketika gempa berkekuatan 6,5 SR menewaskan lebih dari 4.000 orang di Provinsi Takhar di utara negara itu.

Ramiz Alakbarov, wakil perwakilan khusus PBB untuk Afghanistan, mengatakan pada hari Rabu setidaknya US$15 juta bantuan diperlukan untuk menanggapi bencana, angka yang diperkirakan akan meningkat dalam beberapa hari mendatang.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home