Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 16:04 WIB | Kamis, 09 Agustus 2018

Air Sungai Cimanuk Susut Ancam Areal Pertanian

Ilustrasi. Sungai Cimanuk saat airnya menyusut. (Foto: Antaranews.com/Akbar Nugroho Gumay)

GARUT, SATUHARAPAN.COM – Air hulu Sungai Cimanuk di Kabupaten Garut, selama musim kemarau menyusut, membuat areal pertanian di sekitarnya terancam kekurangan pasokan air.

"Air sungai sudah mulai mengering, tandanya kemarau," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Garut Dadi Djakaria di Garut, Kamis (9/8).

BPBD Garut dan Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk, mengatakan, akan  akan mengecek langsung debit dan kualitas air Sungai Cimanuk yang melintasi kawasan Garut.

Dadi mengatakan, BPBD akan mengupayakan perbaikan saluran air, supaya warga bisa optimal memanfaatkan air sungai yang menyusut volumenya.

"Kita membangun saluran air di beberapa lokasi, termasuk yang rusak diperbaiki," katanya.

Ia mengatakan, bahwa setiap tahun ada beberapa daerah di Garut yang selalu kesulitan mendapat air bersih pada musim kemarau seperti Kecamatan Cibatu dan Leuwigoong serta daerah Utara Garut lainnya.

“Mau ada laporan atau enggak ada laporan dari masyarakat yang kekurangan air, kami tetap akan mendistribusikan air ke daerah yang sudah dilanda kekeringan," katanya.

Warga di beberapa daerah di Garut, sudah mengeluh suli mendapat air bersih untuk memasak maupun minum. Warga memanfaatkan air Sungai Cimanuk untuk mencuci pakaian dan perabotan rumah tangga. (Antaranews.com)

 

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home