Loading...
DUNIA
Penulis: Prasasta Widiadi 08:44 WIB | Sabtu, 02 Mei 2015

Ajarkan Sayangi Hewan, Sekolah di Australia Gelar Lomba Kambing

Salah satu murid di Barcaldine (kaus hijau, kanan) berfoto bersama dengan kambing yang menjadi balapan (kiri). (Foto: abc.net.au)

QUEENSLAND, SATUHARAPAN.COM – Hewan diajari bersahabat dengan manusia sejak masa menuntut ilmu di sekolah, hal tersebut dilakukan sebuah sekolah di negara bagian Queensland yaitu dengan menyelenggarakan lomba balapan kambing.

Kepala Sekolah Barcaldine – yang membuat lomba balapan kambing – Grant Williams mengatakan banyak kambing liar yang disumbangkan ke sekolah yang berlokasi di Queensland tersebut, dan para siswa bekerja sama dengan guru untuk melatih kambing ini untuk mengikuti lomba.

"Sepengetahuan saya kami adalah satu-satunya sekolah di bumi bagian selatan yang memiliki tim lomba kambing,” kata Williams seperti tertuang abc.net.au, Jumat (1/5).

Williams menjelaskan perlombaan itu sebagai program pendidikan unik dimana para pelajar mereka melatih dan kemudian membuahkan hasil.

Sekolah Barcaldine yang terletak sekitar 1.070 km dari ibukota Queensland, Brisbane sudah memiliki program melatih kambing untuk lomba sejak tahun 2010, sebagai bagian dari pelajaran kedokteran hewan bagi para siswa yang belajar soal pertanian.

“Ini adalah cara kami mengajar mereka sebelum mereka menangani kuda, karena kambing lebih kecil,” kata Williams.

Dia menambahkan kambing tidak seperti hewan peliharaan anjing atau kucing yang dapat mengiggit dan menendang.  “Ini cara yang baik mengajar mereka mengenai kehidupan hewan,” kata Williams.

Gemma Tavita yang mengajar di bidang pertanian mengatakan mereka menggunakan teknik yang sama dalam melatih kambing, seperti melatih kuda.

"Mereka adalah binatang yang cerdas. Beberapa tidak akan berlari lurus, namun dengan pelatihan. Kami membuat lomba di halaman sekolah,” kata Tavita.

Salah seorang murid yang terlibat adalah Cloe Gribble (16), yang melatih kambing bernama lled Magnum. nowy, 1080, Toe Cutter, Uni, Backflip, Flubber dan Patches O'Hoolihan adalah nama-nama yang diberikan untuk kambing yang akan dilombakan tahun ini.

Patches memegang rekor sekarang ini dengan lari 100 meter dalam catatan waktu 12,49 detik di tahun 2012. (abc.net.au)

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home