Loading...
HAM
Penulis: Melki Pangaribuan 18:05 WIB | Jumat, 05 Agustus 2016

Aktivis HAM Argentina Hadapi Penangkapan

Hebe de Bonafini. (Foto: conclusion.com.ar)

BUENOS AIRES, SATUHARAPAN.COM - Seorang hakim di Argentina, pada hari Kamis (4/8), mengeluarkan surat perintah penangkapan untuk kepala kelompok HAM Mothers of the Plaza de Mayo, yang terjerat dalam kasus korupsi.

Hebe de Bonafini (87) adalah salah satu anggota pendiri kelompok terkenal yang memimpin perjuangan menuntut keadilan bagi ribuan orang yang diculik, disiksa dan dibunuh oleh rezim militer Argentina (pada 1976-1983).

Kelompok itu baru-baru ini melanjutkan peluncuran program senilai 53 juta dolar Amerika (sekitar Rp 695 miliar) untuk membangun rumah, sekolah dan pusat kesehatan di kawasan yang penduduknya berpenghasilan rendah - dan dari kasus tersebut masalah hukum Bonafini bermula.

Sebagian besar uang tersebut - yang mayoritas berasal dari pemerintah - hilang, memicu skandal yang menyebabkan diakhirinya program itu pada 2011.

Bonafini dan rekan aktivisnya tidak dituduh dalam kasus itu. Jaksa penuntut mengatakan bahwa mereka dimanfaatkan oleh mantan pengacara mereka.

Namun Bonafini, yang dua anaknya “dihilangkan” oleh rezim militer, mengabaikan dua surat panggilan untuk bersaksi.

Polisi pada hari Kamis dikerahkan untuk mengawalnya ke pengadilan dari markas organisasinya. Namun, dia tampaknya menghindari mereka dan memasuki mini-van menuju Plaza de Mayo.(AFP)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home