Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:35 WIB | Senin, 19 Februari 2024

Alexei Navalny, Pemimpin Oposisi Paling Sengit Melawan Vladimir Putin

Oposisi Rusia, Alexei Navalny (kanan) berpose untuk media ketika dia duduk dengan tangan diborgol di pengadilan Rusia pada 30 Maret 2017. (Foto: dok. AP)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM-Alexei Navalny, yang berjuang melawan korupsi pejabat dan melakukan protes besar-besaran anti Kremlin sebagai musuh bebuyutan Presiden Vladimir Putin, meninggal pada hari Jumat (16/2) di penjara Arktik tempat ia menjalani hukuman 19 tahun penjara, kata badan penjara Rusia. Dia berusia 47 tahun.

Berita mengejutkan ini – kurang dari sebulan sebelum pemilu yang akan memberi Putin enam tahun lagi kekuasaan – menimbulkan kritik dan kemarahan baru dari para pemimpin dunia terhadap presiden Rusia yang telah menekan oposisi di dalam negeri.

Setelah awalnya mengizinkan orang untuk meletakkan bunga di monumen korban penindasan era Uni Soviet di beberapa kota di Rusia, polisi menutup beberapa area dan mulai melakukan penangkapan.

Lebih dari 100 orang ditahan di delapan kota, termasuk Moskow, St. Petersburg, Murmansk di Lingkaran Arktik, Krasnodar dan Rostov-on-Don di selatan Rusia, menurut kelompok pemantau OVD-Info. Teriakan “Malu!” terdengar ketika polisi Moskow menangkap lebih dari selusin orang – termasuk satu orang dengan tanda bertuliskan “Pembunuh” – di dekat tugu peringatan tahanan politik, kata kelompok itu.

Namun tidak ada indikasi kematian Navalny akan memicu protes besar, karena oposisi terpecah dan sekarang tidak ada “bintang penuntunnya”, seperti yang dikatakan oleh seorang rekanan.

Lembaga Pemasyarakatan Federal Rusia melaporkan Navalny merasa mual setelah berjalan-jalan pada hari Jumat dan kehilangan kesadaran di koloni hukuman di kota Kharp, di wilayah Yamalo-Nenets sekitar 1.900 kilometer (1.200 mil) timur laut Moskow. Ambulans tiba, tapi dia tidak dapat dihidupkan kembali; penyebab kematiannya sedang “ditetapkan,” katanya.

Navalny telah dipenjara sejak Januari 2021, ketika dia kembali ke Moskow untuk menghadapi penangkapan tertentu setelah memulihkan diri di Jerman dari keracunan zat saraf yang dia salahkan pada Kremlin. Dia kemudian dihukum tiga kali, dengan mengatakan setiap kasus bermotif politik.

Setelah putusan terakhir, Navalny mengatakan dia memahami bahwa dia “menjalani hukuman seumur hidup, yang diukur dengan lamanya hidup saya atau lamanya rezim ini.”

Beberapa jam setelah kematiannya dilaporkan, istri Navalny, Yulia Navalnaya, muncul secara dramatis di sebuah konferensi keamanan di Jerman tempat banyak pemimpin berkumpul.

Dia bilang dia telah mempertimbangkan untuk membatalkan, “tapi kemudian saya berpikir apa yang akan dilakukan Alexei menggantikan saya. Dan saya yakin dia akan ada di sini,” seraya menambahkan bahwa dia tidak yakin apakah dia bisa mempercayai berita dari sumber resmi Rusia.

“Tetapi jika ini benar, saya ingin Putin dan semua orang di sekitar Putin, teman-teman Putin, pemerintahannya tahu bahwa mereka akan memikul tanggung jawab atas apa yang mereka lakukan terhadap negara kita, terhadap keluarga saya, dan suami saya. Dan hari ini akan segera tiba,” kata Navalnaya.

Pujian atas keberanian Navalny mengalir dari para pemimpin Barat dan pihak lain yang menentang Putin. Kesehatan Navalny telah memburuk baru-baru ini dan penyebab kematiannya mungkin tidak akan pernah diketahui, namun banyak dari mereka mengatakan bahwa mereka menganggap pihak berwenang Rusia bertanggung jawab – terutama setelah kematian banyak musuh Kremlin.

Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, mengatakan Washington tidak tahu persis apa yang terjadi, “tetapi tidak ada keraguan bahwa kematian Navalny adalah konsekuensi dari tindakan yang dilakukan Putin dan para premannya.”

Navalny “bisa saja hidup dengan aman di pengasingan” tetapi kembali ke rumah meskipun mengetahui bahwa dia bisa dipenjara atau dibunuh “karena dia sangat percaya pada negaranya, di Rusia.”

Di Jerman, Kanselir Olaf Scholz mengatakan Navalny “mungkin sekarang telah membayar keberanian ini dengan nyawanya.”

Berdiri di samping Scholz, Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy – yang negaranya sedang menangkis invasi Rusia – mengatakan: “Putin tidak peduli siapa yang mati agar dia dapat mempertahankan posisinya.”

Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, mengatakan Putin telah diberitahu tentang kematian Navalny. Juru bicara pemimpin oposisi, Kira Yarmysh, mengatakan di X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter, bahwa tim belum mendapat konfirmasi.

Saluran TV utama pemerintah Rusia menghentikan siaran beritanya untuk mengumumkan kematian tersebut, sementara saluran TV lainnya hanya menyiarkan laporan singkat.

Saluran media sosial SOTA Rusia membagikan video Navalny – yang dilaporkan berada di ruang sidang penjara pada hari Kamis – tertawa dan bercanda dengan hakim melalui tautan video pada salah satu dari beberapa sidang tentang kondisi di penjara.

Navalny dipindahkan pada bulan Desember dari koloni hukuman Rusia tengah ke fasilitas “rezim khusus” – tingkat keamanan maksimum. Sekutu-sekutunya mengecam pemindahan ke koloni Arktik yang terpencil itu sebagai upaya lain untuk mengisolasi dan membungkam Navalny.

Sebelum penangkapannya, Navalny berkampanye melawan korupsi pejabat, mengorganisir protes besar-besaran anti Kremlin, dan mencalonkan diri untuk jabatan publik.

Di Rusia pada masa pemerintahan Putin, para aktivis politik sering kali menghilang di tengah perselisihan antar faksi atau mengasingkan diri setelah dipenjara, dicurigai diracun, atau melakukan penindasan lainnya. Namun Navalny secara konsisten tumbuh lebih kuat dan mencapai puncak oposisi melalui ketabahan, keberanian, dan pemahaman yang mendalam tentang bagaimana media sosial dapat menghindari tercekiknya outlet berita independen oleh Kremlin.

Dia menghadapi setiap kemunduran – baik serangan fisik atau pemenjaraan – dengan pengabdian yang kuat dan kecerdasan sinis. Ketika pihak berwenang memasukkan Navalny ke sel kecil karena pelanggaran kecil – hanya mengizinkan akses ke tempat latihan yang sempit di pagi hari – dia bercanda: “Hanya ada sedikit hal yang lebih menyegarkan daripada berjalan-jalan di Yamal pada pukul 06:30 pagi.”

Sekutu Angkatan Laut, Lyubov Sobol, mengatakan kepada The Associated Press bahwa iklim represif di Rusia membuat setiap demonstrasi atas kematiannya berisiko, dan “orang bisa mendapatkan hukuman penjara yang lama karena ikut serta dalam protes damai.”

Dengan tidak adanya “bintang penuntun” seperti Navalny, katanya, “masyarakat akan semakin takut terhadap penindasan, melihat impunitas pemerintah.”

Seorang perempuan yang meletakkan bunga untuk Navalny di sebuah peringatan di Moskow mengatakan bahwa dia adalah “mercusuar harapan terakhir untuk perubahan apa pun, dan harapan itu mati hari ini. Jadi satu-satunya hal yang ingin saya lakukan sekarang adalah menangis, saya tidak punya kata-kata lagi.” Dia mengidentifikasi dirinya hanya dengan nama depannya, Elmira, karena takut akan penindasan.

Perjuangan Navalny

Navalny lahir di Butyn, sekitar 40 kilometer (25 mil) di luar Moskow. Ia menerima gelar sarjana hukum dari Universitas Persahabatan Rakyat pada tahun 1998 dan mengikuti fellowship di Yale pada tahun 2010.

Ia mendapat perhatian karena fokus pada korupsi yang terjadi di kalangan politisi dan dunia usaha di Rusia; salah satu langkah awalnya adalah membeli saham perusahaan minyak dan gas untuk menjadi aktivis pemegang saham dan mendorong transparansi.

Karyanya memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat Rusia yang merasa ditipu, dan memiliki resonansi yang lebih kuat dibandingkan kekhawatiran abstrak mengenai demokrasi dan hak asasi manusia.

Dia dinyatakan bersalah pada tahun 2013 karena penggelapan atas apa yang disebutnya sebagai tuntutan bermotif politik dan dijatuhi hukuman lima tahun penjara, namun kantor kejaksaan secara mengejutkan menuntut pembebasannya sambil menunggu banding. Pengadilan yang lebih tinggi kemudian memberinya hukuman percobaan.

Sehari sebelum hukuman, Navalny mendaftar sebagai calon wali kota Moskow. Pihak oposisi melihat pembebasannya sebagai akibat dari protes besar-besaran atas hukuman yang dijatuhkan padanya, namun banyak pengamat mengaitkan pembebasannya dengan keinginan pihak berwenang untuk menambah kesan legitimasi pada pemilu tersebut.

Navalny menempati posisi kedua, sebuah kinerja yang mengesankan melawan petahana yang didukung oleh mesin politik Putin dan terkenal karena memperbaiki infrastruktur Moskow.

Pujian terhadap Navalny meningkat setelah politisi karismatik terkemuka, Boris Nemtsov, ditembak dan dibunuh pada tahun 2015 di sebuah jembatan dekat Kremlin.

Setiap kali Putin berbicara tentang Navalny, dia bertekad untuk tidak pernah menyebut namanya, menyebutnya sebagai “orang itu” atau kata-kata serupa, sebagai upaya untuk meremehkan arti penting Navalny.

Di kalangan oposisi, Navalny sering dianggap memiliki sifat yang terlalu nasionalis dalam mendukung hak-hak etnis Rusia – ia mendukung aneksasi Semenanjung Krimea oleh Moskow pada tahun 2014 meskipun sebagian besar negara menganggapnya ilegal – namun ia mampu mengesampingkan hal tersebut, reservasi melalui investigasi yang dilakukan oleh Dana Pemberantasan Korupsi miliknya.

Meskipun TV yang dikendalikan negara mengabaikan Navalny, penyelidikannya mendapat tanggapan dari generasi muda Rusia melalui YouTube dan postingan di situs web dan akun media sosialnya. Strategi ini membantunya menjangkau daerah pedalaman yang jauh dari pusat politik dan budaya Moskow dan St. Petersburg serta membangun jaringan kantor regional yang kuat.

Karyanya meluas dari fokus pada korupsi hingga kritik terhadap sistem politik di bawah Putin. Ia adalah sosok yang membangkitkan semangat dalam protes besar-besaran terhadap hasil pemilu nasional yang meragukan dan tidak diikutsertakannya kandidat independen.

Navalny menarik perhatian dengan menggunakan frasa yang ringkas dan gambar yang kuat. Deskripsinya tentang Rusia Bersatu yang menjadi basis kekuasaan Putin sebagai “partai penjahat dan pencuri” langsung mendapatkan popularitas.

Pada tahun 2017, setelah seorang penyerang melemparkan disinfektan berwarna hijau ke wajahnya, sehingga merusak matanya, Navalny bercanda bahwa orang-orang membandingkannya dengan pahlawan super “Hulk.”

Hal Yang Lebih Buruk Akan Terjadi

Saat dipenjara pada tahun 2019 karena protes pemilu, dia dirawat di rumah sakit karena apa yang oleh pihak berwenang disebut sebagai reaksi alergi, tetapi beberapa dokter mengatakan tampaknya reaksi tersebut adalah keracunan.

Setahun kemudian, dia jatuh sakit parah dalam penerbangan ke Moskow dari kota Tomsk di Siberia. Pesawat tersebut melakukan pendaratan darurat di kota Omsk, di mana ia menghabiskan dua hari di rumah sakit sebelum diterbangkan ke Jerman untuk perawatan.

Dokter di sana menyimpulkan bahwa dia telah diracuni dengan jenis Novichok – mirip dengan agen saraf yang hampir membunuh mantan mata-mata Rusia Sergei Skripal pada tahun 2018. Navalny mengalami koma yang diinduksi secara medis selama sekitar dua pekan.

Kremlin dengan keras membantah bahwa mereka berada di balik peracunan tersebut, namun Navalny membantah hal tersebut dengan tindakan yang berani: merilis rekaman panggilan telepon yang katanya dia lakukan kepada seorang tersangka anggota Dinas Keamanan Federal, atau FSB, yang konon melakukan peracunan tersebut dan kemudian mencoba menutupinya. FSB menyebut rekaman itu palsu.

Pihak berwenang Rusia kemudian mengumumkan bahwa selama berada di Jerman, Navalny telah melanggar ketentuan hukuman percobaan dalam salah satu hukumannya dan bahwa dia akan ditangkap jika kembali ke rumah.

Navalny terbang ke Moskow pada 17 Januari 2021. Setibanya di sana, dia mengatakan kepada wartawan yang menunggu bahwa dia senang bisa kembali, berjalan ke pemeriksaan paspor, dan ditahan. Bulan lalu, dia menjelaskan alasannya kembali, dengan mengatakan: “Saya tidak ingin menyerahkan negara atau keyakinan saya.”

Lebih dari dua pekan setelah dia kembali, dia diadili, dinyatakan bersalah dan dijatuhi hukuman 2½ tahun penjara. Hal ini memicu protes besar-besaran hingga ke pelosok Rusia dan menyebabkan polisi menahan lebih dari 10.000 orang.

Sebagai bagian dari tindakan keras oposisi besar-besaran yang terjadi setelahnya, pengadilan Moskow pada tahun 2021 melarang Yayasan Pemberantasan Korupsi milik Navalny dan sekitar 40 kantor regionalnya karena dianggap ekstremis, sebuah putusan yang membuat anggota timnya dapat dituntut.

Ketika Putin mengirim pasukan untuk menginvasi Ukraina pada 24 Februari 2022, Navalny mengecam keras tindakan tersebut dalam postingan media sosial dari penjara dan selama sidang pengadilannya.

Kurang dari sebulan setelah perang dimulai, ia menerima hukuman sembilan tahun lagi karena penggelapan dan penghinaan terhadap pengadilan dalam sebuah kasus yang menurutnya dibuat-buat. Agustus lalu, dia divonis bersalah karena ekstremisme dan dijatuhi hukuman 19 tahun penjara.

Ketika sebuah film berjudul “Navalny” tentang kisahnya memenangkan Academy Award untuk film dokumenter terbaik pada tahun 2023, istrinya mengatakan pada upacara tersebut: “Suami saya dipenjara hanya karena mengatakan yang sebenarnya. Suami saya dipenjara hanya karena membela demokrasi. Alexei, aku memimpikan hari di mana kamu akan bebas dan negara kita akan bebas.”

Selain istrinya, ia meninggalkan seorang putra dan putri. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home