Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 20:53 WIB | Kamis, 04 Agustus 2016

ANC Kuasai Pengumpulan Suara Pemilu Afrika Selatan

Pasukan Pertahanan Nasional Afrika Selatan membantu petugas Komisi Pemilihan Independen untuk mendirikan sebuah tenda pemungutan suara di desa Vuwani pada 3 Agustus 2016 setelah sempat tertunda akibat blokade jalan yang dilakukan para warga yang marah. (Foto: AFP)

JOHANNESBURG, SATUHARAPAN.COM - Partai Kongres Nasional Afrika (African National Congress/ANC) menguasai perolehan suara dalam pemilu daerah di Afrika Selatan yang digelar hari Rabu (3/8). Hasil perhitungan suara KPU Afsel (ICE) pada Kamis (4/8) menunjukkan ANC mengumpulkan suara mayoritas sebanyak 53,7 persen.

Sementara partai oposisi yaitu Partai Aliansi Demokratik (Democratic Alliance) mengumpulkan 27,2 persen dan Partai Economic Freedom Fighters (EFF) memperoleh 7,5 persen, dari 70 persen total suara sah.

Sebelumnya, menjelang pelaksanaan pemilu daerah yang sangat kompetitif, Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma mendesak para pemilih untuk memilih partainya, ANC.

ANC, yang saat ini mengontrol mayoritas dari 278 kota di negara itu, didera banyak skandal korupsi dan kekecewaan publik yang terus berkembang sejak mereka memimpin perang melawan kekuasaan minoritas kulit putih.

Dalam kampanye akhir, partai tersebut menyampaikan upaya terakhir, menekankan sejarah anti-apartheid mereka dan sejumlah prestasi di masa lampau.

“Jutaan rakyat kami harus memilih ANC dan memungkinkan pergerakan mereka untuk terus meningkatkan kualitas hidup rakyat kami,” kata Zuma di Ellis Park Stadium yang berada di pusat kota Johannesburg.

“Setiap suara akan diperhitungkan.”

Partai oposisi utama Aliansi Demokratik (Democratic Alliance/DA), yang memimpin di Cape Town, berharap memperoleh hasil yang lebih besar, mengutip buruknya performa ekonomi negara itu dan serangkaian skandal korupsi yang menjerat Zuma. (AFP)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home