Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 11:18 WIB | Kamis, 02 November 2023

Terancam Deportasi, Ratusan Ribu Warga Afghanistan Meninggalkan Pakistan

Terancam Deportasi, Ratusan Ribu Warga Afghanistan Meninggalkan Pakistan
Sebuah keluarga Afghanistan berdiri di dekat truk mereka, penuh dengan barang-barang saat mereka bersama orang lain kembali ke rumah, setelah Pakistan memberikan peringatan terakhir kepada imigran tidak berdokumen untuk pergi, di Gerbang Persahabatan Penyeberangan Perbatasan Chaman di sepanjang Perbatasan Pakistan-Afghanistan di Provinsi Balochistan, di Chaman, Pakistan pada 31 Oktober 2023. (Foto-foto: Reuters)
Terancam Deportasi, Ratusan Ribu Warga Afghanistan Meninggalkan Pakistan
Warga Afghanistan menunggu dengan barang-barang mereka untuk menyeberang ke Afghanistan, setelah Pakistan memberikan peringatan terakhir kepada imigran tidak berdokumen untuk pergi, di Gerbang Persahabatan Penyeberangan Perbatasan Chaman di sepanjang Perbatasan Pakistan-Afghanistan di Provinsi Balochistan, di Chaman, Pakistan, pada 31 Oktober 2023.

KABUL, SATUHARAPAN.COM-Ratusan ribu warga Afghanistan yang tinggal di Pakistan menghadapi ancaman penahanan dan deportasi pada hari Rabu (1/11), karena tenggat waktu yang ditetapkan pemerintah bagi mereka untuk pergi memicu eksodus massal.

Pemerintah telah memberikan waktu kepada 1,7 juta warga Afghanistan yang dikatakan tinggal secara ilegal di negara tersebut hingga tanggal 1 November untuk pergi secara sukarela atau dipindahkan secara paksa.

Pada hari Rabu, ribuan orang bergabung dalam antrian yang mengular sepanjang tujuh kilometer di titik perbatasan tersibuk, di mana setidaknya 29.000 orang telah menyeberang kembali ke Afghanistan sehari sebelumnya.

Pihak berwenang di provinsi Khyber Pakhtunkhwa, tempat mayoritas migran Afghanistan tinggal, akan melancarkan operasi luas untuk menangkap keluarga tidak berdokumen yang menolak untuk pergi, kata Feroz Jamal, juru bicara pemerintah provinsi, kepada AFP.

Empat puluh sembilan pusat penahanan, beberapa di antaranya mampu menampung beberapa ribu orang, akan dibuka di seluruh negeri pada hari Rabu untuk memproses dan mendeportasi warga Afghanistan, kata media pemerintah.

Seorang gadis Afghanistan berusia empat belas tahun, yang tidak disebutkan namanya oleh AFP karena alasan keamanan, mengatakan dia akan tinggal di Pakistan selama mungkin, meskipun tidak memiliki surat-surat resmi.

“Kami tidak akan kembali ke rumah, karena pendidikan saya di Afghanistan akan terhenti,” katanya kepada AFP di Peshawar.

“Ayah kami telah mengatakan kepada kami bahwa jika dia ditangkap oleh pihak berwenang Pakistan, kami tidak boleh pergi. Karena kita tidak akan memiliki kehidupan di Afghanistan.”

Jutaan warga Afghanistan telah berdatangan ke Pakistan dalam beberapa dekade terakhir, melarikan diri dari serangkaian konflik kekerasan, termasuk sekitar 600.000 warga sejak pemerintah Taliban merebut kekuasaan pada Agustus 2021 dan menerapkan interpretasi keras terhadap hukum Islam.

Pakistan mengatakan deportasi tersebut bertujuan untuk melindungi “kesejahteraan dan keamanan” negara tersebut setelah peningkatan tajam serangan, yang menurut pemerintah dilakukan oleh militan yang beroperasi dari Afghanistan.

Kebijakan tersebut mendapat dukungan luas dari masyarakat Pakistan, kata para pengamat, karena kehadiran pengungsi yang berlarut-larut memberikan beban berat pada infrastruktur negara tersebut.

Situasi Darurat

Pihak berwenang di perbatasan Afghanistan telah kewalahan dengan besarnya eksodus ketika mereka berusaha memproses orang-orang yang kembali, beberapa di antara mereka baru pertama kali menginjakkan kaki di Afghanistan dalam hidup mereka.

Samiullah Samoon, yang memimpin pendaftaran imigrasi di Torkham, mengatakan penyeberangan tersebut menghadapi “situasi darurat.”

Setelah melarikan diri ke Afghanistan, Benafsha, 35 tahun, sedang hamil empat bulan anak ketujuh, sedang menunggu untuk diproses sebelum pindah ke provinsi asal mereka, Kunduz.

“Di Kunduz, kami tidak memiliki tanah, rumah, atau pekerjaan,” kata perempuan tersebut, yang tidak pernah memiliki dokumen di Pakistan meskipun hampir seluruh hidupnya tinggal di negara tersebut.

“Kami tidak punya apa-apa di sana.”

Lebih dari 130.000 orang telah meninggalkan Pakistan sejak perintah tersebut dikeluarkan pada awal Oktober, menurut pejabat perbatasan di Torkham dan Chaman.

Pada hari Selasa, 21.000 diproses dalam satu hari di Torkham dan 8.000 lainnya di Chaman.

Cukup, Sudah Cukup

Di ibu kota Islamabad, polisi sudah mulai menghancurkan ratusan rumah lumpur yang dibangun secara ilegal di mana warga Afghanistan hidup dalam kemiskinan.

“Cukup sudah, beri tahu kami rutenya dan kami akan mengatur kendaraan dan berangkat hari ini. Penghinaan ini terlalu berlebihan,” kata Baaz Muhammad, 35 tahun, yang lahir di Pakistan dari orang tua pengungsi, ketika dia menyaksikan buldoser merobohkan rumahnya.

Di kota pelabuhan besar Karachi, warga Afghanistan yang telah tinggal selama beberapa generasi di kamp pengungsi telah melaporkan penangkapan sewenang-wenang dan pemerasan selama berminggu-minggu.

Para pengacara dan aktivis mengatakan skala tindakan keras ini belum pernah terjadi sebelumnya, sehingga mereka meminta warga Afghanistan, yang beberapa di antara mereka telah tinggal selama beberapa dekade di negara tersebut, agar diberi lebih banyak waktu untuk berkemas dengan bermartabat.

“Pemerintah Pakistan menggunakan ancaman, pelecehan, dan penahanan untuk memaksa pencari suaka Afghanistan tanpa status hukum untuk kembali ke Afghanistan atau menghadapi deportasi,” kata Human Rights Watch pada hari Selasa (31/10).

“Situasi di Afghanistan tetap berbahaya bagi banyak orang yang melarikan diri, dan deportasi akan membuat mereka menghadapi risiko keamanan yang signifikan, termasuk ancaman terhadap kehidupan dan kesejahteraan mereka.” (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home