Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 15:56 WIB | Rabu, 18 Januari 2023

Anggota Tentara Bayaran Rusia Melarikan Diri Mencari Suaka di Norwegia

Dia lari setelah menyaksikan penyiksaan oleh tentara bayaran Rusia Wagner terhadap tahanan.
Orang berkumpul di luar PMC Wagner Centre, yang merupakan proyek yang dilaksanakan oleh pengusaha dan pendiri kelompok militer swasta Wagner, Yevgeny Prigozhin, selama pembukaan resmi blok kantor di Saint Petersburg, Rusia, pada 4 November 2022. (Foto: dok. Reuters)

OSLO, SATUHARAPAN.COM - Seorang mantan komandan kelompok tentara bayaran Wagner Rusia yang bertempur di Ukraina mengatakan dia telah melarikan diri ke Norwegia dan mencari suaka karena takut akan nyawanya setelah menyaksikan pembunuhan dan penganiayaan terhadap tahanan Rusia yang dibawa ke garis depan.

Andrei Medvedev, yang bergabung dengan grup tersebut pada 6 Juli 2022, dengan kontrak empat bulan, mengatakan dalam sebuah video yang diposting oleh Gulagu.net, kelompok hak asasi manusia, bahwa dia telah melintasi perbatasan ke Norwegia sebelum ditahan oleh polisi Norwegia.

Medvedev, seorang yatim piatu yang bergabung dengan tentara Rusia dan menjalani hukuman penjara sebelum bergabung dengan Wagner, mengatakan dia telah menyelinap pergi dari grup setelah menyaksikan pembunuhan para pembelot yang ditangkap oleh Wagner.

"Saya takut mati dalam penderitaan," kata Medvedev kepada Vladimir Osechkin, pendiri kelompok hak asasi Gulagu.net, yang mengatakan telah membantu Medvedev meninggalkan Rusia setelah dia mendekati kelompok itu karena takut akan kehilangan nyawanya.

Dia mengatakan dia melintasi perbatasan, memanjat pagar kawat berduri dan menghindari patroli perbatasan dengan anjing, dan mendengar penjaga melepaskan tembakan saat dia berlari melewati hutan dan melewati es tipis yang mudah pecah ke Norwegia.

Polisi Norwegia mengatakan seorang warga negara asing telah ditangkap pada Kamis malam hingga Jumat setelah secara ilegal melintasi perbatasan Rusia-Norwegia di Kutub Utara dan sedang mencari suaka.

Pengacaranya dari Norwegia mengatakan Medvedev sekarang berada di "daerah Oslo" tetapi tidak memberikan rincian. "Yang penting baginya (Medvedev) adalah otoritas imigrasi mengklarifikasi statusnya sesegera mungkin," kata pengacara Brynjulf Risnes kepada Reuters.

Medvedev belum berbicara dengan polisi keamanan Norwegia dan belum ada kesepakatan untuk wawancara, kata Risnes. “Saya yakin itu akan menjadi pertanyaan di beberapa titik,” kata Risnes, yang menolak mengatakan di mana Medvedev bertempur di Ukraina.

"Dia mengatakan dia telah mengambil bagian dalam pertempuran, yang dia katakan adalah situasi pertempuran yang jelas ... dan dia tidak melakukan kontak dengan warga sipil," kata Risnes.

Yevgeny Prigozhin, yang mendirikan Wagner, mengatakan bahwa Medvedev pernah bekerja di unit Wagner di Norwegia tetapi telah “menganiaya tahanan.”

"Hati-hati, dia sangat berbahaya," kata Prigozhin dalam pernyataan yang dikeluarkan juru bicaranya. Prigozhin tidak membahas klaim pembunuhan atau penganiayaan terhadap tahanan dalam pernyataan tersebut.

Dalam wawancara dengan Gulagu, Medvedev mengaku kecewa setelah kontraknya berulang kali diperpanjang oleh Wagner tanpa izinnya.  Dia berkata bahwa dia telah menyaksikan pembunuhan dan penganiayaan terhadap tahanan Rusia yang dibawa ke garis depan oleh Wagner.

Medvedev mengatakan kerugian sangat tinggi setelah Wagner mulai mengirim sejumlah besar tahanan ke garis depan pada paruh kedua tahun 2022. Layanan keamanan internal Wagner memberikan hukuman yang berat, kata Medvedev.

Dia mengatakan seorang pria yang diperlihatkan pada bulan November dieksekusi dengan palu godam telah menjadi bagian dari unitnya.

Pernyataan Wagner tidak membahas kisah hukuman dan kekalahan Medvedev di medan perang, atau bahwa kontraknya berulang kali diperpanjang.

Prigozhin mengatakan kelompoknya adalah kekuatan tempur yang efektif karena memiliki pengalaman medan perang yang luas, persediaan yang baik, memiliki sistem komando meritokratis di mana semua dapat berkontribusi dan “disiplin yang paling keras.”

Rusia mengirim pasukan ke Ukraina pada 24 Februari dalam apa yang disebutnya sebagai "operasi militer khusus" untuk "denazifikasi" tetangganya dan melindungi keamanan Rusia. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home