Loading...
EKONOMI
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 02:49 WIB | Selasa, 07 Januari 2014

Angkasa Pura II Gandeng ASII Wujudkan Bandara Kelas Dunia

Petugas kepolisian bandara Soekarno Hatta mengatur lalu lintas yang mengarah ke bandara di pintu masuk M1, Tangerang, Banten, Senin (6/1). AP II berencana menutup akses M1 Bandara Soekarno - Hatta terkait pengembangan Bandara, diantaranya adalah pembangunan jalur kereta KRL dan stasiun kereta.. (Foto: Antara)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - PT Angkasa Pura II menggandeng The Aviation Strategies International Institute untuk mewujudkan perusahaan yang mengelola bandara berkelas dunia pada 2016.

"Kerja sama dengan ASII ini sebagai langkah nyata perseroan menjadi `world class airport company` pada 2016," kata Direktur Utama AP II Tri S Sunoko, Senin (6/1).

Menurut Tri Sunoko, bentuk kolaborasi kedua pihak tersebut terwujud dalam program Airport Manager Excellent Program (AMEP) untuk mempersiapkan 200 karyawan setingkat manajemen senior untuk menjadi SDM handal dalam pengelolaan bandara kelas dunia.

Program AMEP, ujar dia, dinilai sejalan dengan nilai perusahaan yang dimiliki PT Angkasa Pura II antara lain kerja sama, keramahan, keunggulan, efektivitas dan efisiensi, kepuasan, dan kepercayaan.

Ia memaparkan, program AMEP itu sendiri dimulai pada hari Senin (6/1) ini dengan waktu pelaksanaan 27 hari, dimana 20 hari diselenggarakan di Jakarta, Indonesia, dan sebanyak 7 hari lainnya di Montreal, Kanada.

Materi di dalam program pendidikan dan pelatihan ini antara lain peninjauan industri penerbangan, manajemen dan pembangunan infrastruktur bandara, serta manajemen operasi bandara.

Selain itu, lanjutnya, yang terpenting adalah ketika peserta AMEP bisa segera mengaplikasikan pengetahuan dan rekomendasi yang diperoleh dari program pendidikan dan pelatihan tersebut.

Adapun selain bekerja sama dengan ASI-I, PT Angkasa Pura II di bidang pengembangan SDM juga telah menjalin kerja sama dengan Incheon Airport Aviation Academy.

Sebagaimana diketahui, Incheon Airport Aviation Academy merupakan salah satu departemen dari Incheon International Airport Corp Inc, pengelola salah satu bandara terbaik di dunia, Bandara Internasional Incheon Korea Selatan.

Sedangkan ASII yang telah mendapat sertifikasi ICAO (International Civil Aviation Organization/Organisasi Penerbangan Sipil Internasional) adalah lembaga berpengalaman dalam mencetak tenaga ahli di bidang pengelolaan bandara. (Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home